...

Contoh Brand Awareness yang Berhasil Dilakukan oleh Brand Besar

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Dewasa ini semakin banyak pelaku usaha yang berjalan di bidang bisnis yang sama dan menghadirkan produk yang sejenis. Masing-masing kemudian berupaya untuk menggaet minat publik menggunakan produknya. Pemberian ciri khas pun dilakukan untuk membantu masyarakat menjadikan produknya sebagai pilihan, mulai dari pembentukan merek, logo, tagline, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ingin Membangun Brand? Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Semakin menarik semakin mudah merek produknya dikenal sehingga semakin banyak dipilih, dan disinilah arti penting memahami teknik brand awareness bagi pelaku bisnis.

Pengertian Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek merupakan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat (konsumen) untuk mengenal sebuah merek, produk, maupun sebuah jasa. Kegiatan perusahaan yang merangsang brand awareness sangat penting untuk dilakukan, sebab masyarakat cenderung membeli produk ataupun jasa dari merek yang sudah dikenalnya.

Inilah alasan kenapa lebih banyak orang membeli produk-produk dari merek lawas karena diketahui kualitasnya sudah terjamin dibanding merek baru. Semua perusahaan pun memiliki PR besar untuk melakukan brand awareness tersebut. Sebab perlu diakui tidak mudah dan cenderung memakan waktu yang lama.

Contohnya saja seperti merek Aqua, awalnya dianggap sebagai produk gagal karena menjual air minum di tengah negara yang air bersihnya melimpah. Namun setelah satu dekade, pada akhirnya merek ini menjadi pilihan masyarakat luas dalam memenuhi kebutuhan air minum yang sehat dan bersih bagi keluarga.

Tidak berselang lama kesuksesan Aqua dicontek beberapa perusahaan dengan merilis merek-merek air mineral yang kini membanjiri pasaran.

Beberapa Contoh Brand Awareness yang Berhasil

Sukses dalam berbisnis tidak harus selalu mencontek produk Aqua tadi, sebab semua jenis produk dan jasa memiliki kesempatan sama besar untuk sukses membangun brand awareness. Teknik yang digunakan beragam, dan berikut contoh brand awareness yang terbilang berhasil dan tentunya bisa ditiru:

1. Membuat Logo Maupun Tagline yang Menarik

Salah satu contoh dari teknik brand awareness yang mudah dilakukan dan kesempatan suksesnya besar adalah melalui pembuatan logo dan tagline yang menarik. Banyak brand yang menghadirkan logo simpel dilengkapi tagline simpel namun bermakna tinggi berhasil menggaet minat publik untuk memakai produknya.

Seperti Apple dengan logo buah apelnya yang simpel dan tagline Think Different”, meski produknya mahal namun selalu laris di pasaran.

2. Aktif di Media Sosial Populer

Aktif di media sosial populer seperti Facebook, Twitter, atau mungkin Instagram juga membantu lebih dekat dengan konsumen. Kegiatan ini termasuk contoh brand awareness yang tepat untuk dilakukan. Pasalnya masyarakat zaman sekarang aktif menggunakan sosial media. Memperkenalkan merek di platform ini akan lebih mudah sampai dan terbaca, kesempatan untuk dikenal luas pun terbuka lebih lebar.

3. Membangun Website yang Menarik

Langkah membangun brand awareness lainnya secara online adalah dengan membangun website yang menarik. Hal ini terbilang efektif karena selain aktif di media sosial, masyarakat zaman sekarang juga aktif mengakses informasi di website. Membuat website dengan tampilan menarik dan konten yang berkualitas menjadi kunci penting untuk meningkatkan brand awareness sebuah bisnis.

4. Aktif Mengikuti Event

Membangun brand awareness tidak melulu hanya bisa dilakukan online, bisa juga secara offline. Salah satu contoh brand awareness offline ini adalah dengan aktif mengikuti event seperti pameran di pusat perbelanjaan. Keikutsertaan Anda tampil di ruang publik akan membantu masyarakat luas mengenal merek dan ciri khas produk atau jasa Anda.

5. Melakukan Co-Branding

Opsional lain yang patut dicoba adalah dengan melakukan co-branding, yakni bekerjasama dengan merek lain untuk melakukan brand awareness. Seperti yang dilakukan oleh Chitato dengan Indomie yang menghadirkan varian rasa keripik kentang unik yakni rasa Indomie goreng yang ternyata disambut baik oleh masyarakat.

Membangun brand awareness bisa dilakukan dengan banyak cara, yakni seperti yang disebutkan di atas. Melalui deretan contoh brand awareness tersebut silahkan memilih yang dirasa cocok untuk diterapkan pada produk atau jasa bisnis Anda.

Baca Juga: Mengenal Siklus Hidup Produk untuk Memutuskan Aktivitas Merek

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms