5 Contoh Brand Identity yang Bisa Menginspirasi Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
brand-identity-dreambox

Brand identity yang unik dan menonjol akan membuat bisnis bisa bersaing dengan kompetitor.

Brand Identity yang kuat mampu membangun hubungan di antara brand dan konsumennya. Ada banyak contoh brand identity dari merek-merek besar yang bisa jadi referensi.

Setiap merek mempunyai identitas brand yang berbeda. Brand identity menjadi wajah yang menampilkan seperti apa karakter, visi, misi, dan keunggulan dari bisnis Anda. Membangun identitas akan menjadi investasi jangka panjang yang baik untuk bisnis Anda. 

Apa itu Brand Identity?

Lantas apa itu brand identity? Anda mungkin masih sering tertukar dengan pengertian brand image, branding, atau definisi dari kata brand itu sendiri. Brand diartikan sebagai cara konsumen melihat bisnis Anda dan branding memiliki arti tindakan yang dibuat untuk mengembangkan citra bisnis. 

Sedangkan brand identity yatu kumpulan elemen yang membentuk brand. Identitas brand terdiri dari beberapa elemen seperti logo, warna brand, color palette, tipografi, variasi logo, dan identitas visual lainnya. 

Identitas brand yang disusun ini menghasilkan brand image yang akan diingat oleh konsumen. Digunakan di media apapun nama brand ditampilkan. Termasuk desain pada website dan media sosial. 

Contoh brand identity yang kuat adalah logo swoosh yang ikonik dari merek sepatu terkenal, Nike. Siapapun yang melihat logo swoosh sudah bisa mengetahui bahwa itu merupakan logo dari Nike. Sekalipun nama merek tidak tercantum. Bahkan kata swoosh nya sendiri sudah sangat erat dengan brand sepatu yang legendaris ini. 

Alasan Brand Identity Penting untuk Bisnis

Brand identity merupakan hal awal yang perlu dipersiapkan secara matang saat Anda merintis bisnis. Karena identitas brand yang jelas dan kuat bisa menjadi pembeda bisnis Anda dari kompetitor yang serupa. 

Masih banyak lagi alasan mengapa brand identity penting dalam membangun bisnis, di antaranya yaitu:

1. Membentuk Persona Brand 

Brand identity akan membentuk persona atau kepribadian dari merek. Pemilihan warna dan pembuatan logo merepresentasikan visual dari karakter brand. Begitu juga dengan elemen-elemen lainnya. 

Identity brand memunculkan kesan terhadap merek pada konsumen. Serta menarik pelanggan yang memiliki karakter dan ketertarikan yang sama dengan brand. 

2. Brand Mudah Dikenali

Persona brand yang kuat akan membuat merek lebih mudah dikenali, melalui elemen-elemen identitas brand. Konsumen cenderung memilih produk dari brand yang familiar bagi mereka. 

3. Pesan yang Konsisten

Brand Identity membantu bisnis Anda membuat pesan yang selalu konsisten di semua materi marketing. Desain visual, intonasi, dan copy untuk branding bisnis Anda akan selalu sama dari waktu ke waktu. Sampa rebranding berikutnya saat diperlukan.

4. Menambah Kredibilitas

Brand dengan identitas yang kuat akan dipercaya oleh konsumen. Bisnis Anda dipandang memiliki kredibilitas, yang akhirnya membuat konsumen tidak ragu untuk membeli produk Anda. 

5. Memikat Pelanggan Baru dan Membangun Loyalitas

Brand identity yang unik bisa memikat pelanggan baru. Namun, identitas brand jugalah yang akan menjaga konsumen tetap setia dengan brand. Konsumen bahkan bisa merekomendasikan produk tanpa diminta.

Contoh Brand Identity untuk Inspirasi Bisnis Anda

Ketika awal merintis bisnis hal pertama yang Anda lakukan untuk pemasaran pasti menyiapkan nama merek dan logo. Dua komponen tersebut menjadi aset visual yang penting. Setelah membaca artikel ini, Anda jadi mengetahui bahwa apa yang sedang Anda lakukan dalam membangun brand identity. 

Membangun nama merek dan logo saja tidak cukup. Anda perlu menyiapkan brand identity yang lengkap. Supaya strategi branding dan pemasaran bisa lebih efektif. Anda dapat melihat contoh brand identity dari merek lain yang sudah mapan. 

Berikut ini 5 contoh identitas brand dari merek ternama di dunia: 

1. Coca-Cola

Mendengar nama Coca-cola Anda bisa langsung mengetahui jenis produk dan bagaimana bentuk logonya. Warna merah menyala dengan tulisan Coca-cola berwarna putih menggunakan font classic serif-script, akan tergambar dengan jelas dalam benak Anda.

Minuman bersoda ini pernah menggunakan beruang kutub untuk kampanye marketing mereka. Namun yang paling menarik adalah penggambaran santa claus

Tahukan Anda bahwa tampilan santa claus yang kita ketahui saat ini pertama kali diciptakan oleh Coca-cola. Menggunakan setelan merah, pipi yang juga memerah, dan karakter yang periang. Selaras dengan brand identity Coca-cola

2. Airbnb

Apakah brand identity bisa diubah lagi? Tentu Anda bisa memperbarui identitas brand agar semakin relevan dengan target konsumen bisnis. Salah satu contoh brand identity yang sempat diperbarui adalah identitas brand dari Airbnb. 

Bisnis yang bergerak dalam layanan online sewa rumah atau apartemen ini pernah melakukan rebranding di tahun 2017. Airbnb membuat logo baru yang kita kenal sekarang. Logo yang disebut Belo itu merupakan pengembangan dari misi Airbnb saat ini. 

3. Spotify

Layanan music streaming yang dipakai oleh semua penduduk dunia ini punya logo yang tidak kalah ikonik. Logo Spotify terdiri dari tiga garis melengkung secara horizontal berwarna hitam di dalam lingkaran berwarna hijau. 

Adapun tiga garis di dalam lingkaran tersebut melambangkan gerakan suara. Erat kaitannya dengan jenis bisnis yang dijalankan Spotify. Logo ini memudahkan konsumen mengenali Spotify sebagai layanan streaming musik.

4. Netflix

Contoh brand identity yang kuat bisa Anda lihat dari Netflix, layanan streaming film berlangganan yang terkenal dengan simbol huruf ‘N’. Netflix lebih sering menampilkan huruf N tebal berwarna merah dibanding tulisan Netflix yang lengkap. 

Meskipun terlihat sederhana, cara ini justru menjadi strategi branding yang efektif. Konsumen jadi mudah mengingat Netflix. Selain itu suara “tudum” atau “tadum” sebagai audio bumper juga menjadi hal yang unik. 

Netflix melakukan hal yang berbeda dengan membuat suara bumper khas yang dihasilkan bukan dari instrumen musik. Sekarang orang pun bisa dengan mudah mengasosiasikan suara “tudum” dengan brand Netflix. 

5. Lego

Lego menjadi contoh identitas brand yang berhasil menjaga loyalitas pelanggan hingga era modern saat ini. Lego sengaja membuat identitas brand yang lintas generasi. Hasilnya dapat terlihat menarik bagi generasi muda maupun orang dewasa.

Nama Lego berasal dari bahasa Denmark “leg godt” yang berarti “Play well”. Kemudian misi yang mereka sisipkan adalah “inspire and develop the builders of tomorrow”. Anda bisa melihat bagaimana Lego berhasil mewujudkan misi mereka. 

Itu dia 5 contoh brand identity dari merek ternama di dunia. Sebagian diantaranya merupakan brand yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Mereka berhasil bertahan karena memiliki brand identity yang kuat dan efektif.

Bisnis Anda juga bisa memiliki identitas brand yang kuat. Menggunakan logo yang mudah diingat, warna yang menggambarkan karakter dari brand, serta membangun cerita dan misi untuk dibagikan ke target audience. 

Anda tidak harus melakukan semuanya sendiri. Brandbrand ternama pun menggunakan jasa profesional untuk membangun brand identity mereka. Untuk pembuatan logo dan pengembangan strategi branding Anda bisa percayakan pada agensi pemasaran Dreambox.

Bagi Anda yang ingin merintis bisnis atau melakukan rebranding, Anda bisa memilih layanan branding strategy dari Dreambox yang sudah dipercaya oleh lebih dari 100 perusahaan. 

Anda bisa berkonsultasi dengan tim Dreambox untuk membangun brand identity yang powerful. Temukan informasi selengkapnya di laman ini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms