Jasa Branding Dapat Memunculkan Daya Tarik Produk Anda, Begini Penjelasannya!

Branding Strategi

Jasa branding adalah salah satu layanan yang perlu Anda pertimbangkan dalam membangun bisnis.

Karena kebanyakan konsumen membeli barang yang telah mereka kenali sebelumnya, jasa branding dapat membantu Anda dalam membuat produk yang eye catching. Paling tidak mereka memiliki kecenderungan untuk lebih mempertimbangkan produk dari merek yang telah dikenali atau lebih familiar di ingatan.

Baca Juga: Ketahui Cara Membangun Personal Branding Terbaik yang dapat Anda Lakukan

Inilah mengapa membangun kesadaran merek dalam bisnis memiliki urgent yang tidak boleh dianggap sepele. Sebelum menyusun strategi dalam pemasaran atau penjualan, ada baiknya Anda memulai bisnis dengan membangun merek alias branding atau penjenamaan. Namun, apa sebenarnya tujuan, manfaat, serta bagaimana strateginya? Berikut jawabannya!

Mengenal Apa Itu Jasa Branding

Pencitraan merek alias branding memiliki kedudukan yang sama pentingnya dengan sales maupun marketing. Jika Anda bertanya tentang soft drink, kebanyakan orang mungkin langsung akan memikirkan Coca Cola di benak mereka.

Jika melihat pengendara motor mengenakan helm dan jaket hijau, mungkin ingatan Anda langsung mengarah pada GoJek sebagai brand transportasi online ternama. Ini menunjukkan keberhasilan perusahaan dalam membangun citra merek.

Menurut The Branding Journal, branding adalah kegiatan atau proses memberi makna pada perusahaan, produk, maupun jasa yang dijual serta membentuk nilai-nilai merek dalam ingatan konsumen. Proses ini bisa dibantu menggunakan jasa branding.

Citra merek juga merupakan strategi suatu perusahaan untuk mengajak publik sehingga publik mampu mengidentifikasi produk maupun jasa perusahaan tersebut, sehingga publik memiliki alasan untuk memilih produk dari perusahaan tersebut dibanding pesaingnya.

Strategi inilah yang perlu diterapkan pada bisnis Anda. Membangun citra merek secara efektif tidak hanya membuat pelanggan memilih produk Anda. Akan tetapi juga mampu membuat mereka menumbuhkan loyalitas terhadap merek Anda.

Tujuan Adanya Branding Dalam Bisnis

Proses pencitraan brand tentu memiliki berbagai tujuan penting. Untuk mencapai tujuan tersebut, tidak ada salahnya melibatkan jasa branding dalam menyusun strateginya. Adapun tujuan branding antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai Pembeda

Salah satu tujuan menciptakan citra merek adalah menjadikannya sebagai pembeda. Dengan adanya brand sendiri memungkinkan bisnis Anda memiliki identitas tersendiri yang berbeda dari kompetitor lainnya.

2. Sarana Promosi

Jasa branding menjadikan merek Anda lebih kuat, sehingga kegiatan promosi bisnis lebih mudah dilakukan. Karena konsumen memiliki kecenderungan untuk lebih tertarik pada brand yang kuat dan lebih loyal padanya.

3. Membentuk Citra

Citra yang kuat membuat brand lebih mudah diingat oleh pelanggan. Ini perlu diiringi dengan membentuk persepsi, kepercayaan, dan keyakinan publik atas jaminan kualitas produk sehingga mereka memutuskan menggunakan produk tersebut.

4. Mengendalikan Pasar

Branding yang powerful memiliki dampak kuat di masyarakat yang membuat nama bisnis melekat pada ingatan mereka. Ini memungkinkan bisnis Anda lebih unggul dibanding kompetitor dan menjadi pengendali pasar.

Manfaat Branding untuk Bisnis Anda

Pentingnya membangun citra brand perlu diketahui oleh semua pelaku bisnis. Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh baik dilakukan sendiri maupun dengan jasa branding. Berikut beberapa manfaat branding untuk bisnis Anda.

1. Meningkatkan Harga Jual

Manfaat pertama dari pencitraan merek adalah dapat meningkatkan harga jual produk maupun jasa. Pada jenis barang yang sama, konsumen tidak keberatan membeli merek tertentu karena kepercayaan pelanggan lebih tinggi.

2. Meningkatkan Nilai Bisnis

Bukan hanya harga jual, lebih jauh lagi nilai bisnis perusahaan Anda pada industri terkait. Ini sangat baik untuk menggaet investor sehingga bisa dapat mengembangkan bisnis lebih besar.

3. Memberikan Daya Tarik Khusus

Jasa branding membantu bisnis Anda menciptakan kesan dan citra yang baik. Merek yang kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan sehingga mereka tertarik membelinya.

4. Membentuk Kepercayaan terhadap Brand

Kekuatan brand membuat masyarakat tertarik untuk membelinya. Ketika produk Anda semakin laris, maka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap merek juga semakin tinggi.

5. Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat branding selanjutnya yaitu menciptakan loyalitas pelanggan. Ketika pelanggan loyal dengan merek Anda, mereka akan terus membeli, sehingga tingkat produksi stabil bahkan meningkat.

6. Memudahkan Diferensiasi Produk

Perusahaan dengan brand yang kuat memiliki peluang lebih besar untuk melakukan diferensiasi produk. Anda dapat mempromosikan dan menjual berbagai produk lebih mudah karena publik sudah mengenali brand perusahaan.

Ketahui Strategi dalam Branding yang Efektif

Lantas, apa saja strategi yang perlu dilakukan jasa branding secara efektif untuk membangun citra merek powerful? Berikut tips-tipsnya.

Logo perusahaan sangat penting dalam kegiatan branding. Membuat logo juga tidak bisa asal-asalan melainkan perlu mempertimbangkan unsur grafis yang memudahkan pelanggan mengenali serta mengingat logo Anda.

2. Miliki dan Sampaikan Pesan dengan Tepat

Strategi branding selanjutnya yaitu memiliki pesan serta menyampaikannya secara tepat. Tagline bisa dijadikan sebagai pesan yang melekat. Selain itu, penggunaan gaya komunikasi juga harus tepat agar pesannya dapat tersampaikan secara efektif.

3. Soft Campaign

Kampanye dapat dilakukan melalui platform online maupun offline. Soft campaign online bisa dilakukan melalui pembuatan konten gambar, video, atau artikel. Sementara soft campaign offline dapat dilakukan dengan menyelenggarakan event tertentu.

Baca Juga: Brand Building dapat Memperkuat Relasi dengan Target Market Anda

Membangun citra merek tentu tidaklah mudah karena memerlukan perencanaan serta strategi yang matang. Untuk memperkuat merek Anda secara mudah, tidak ada salahnya menggandeng Dreambox sebagai jasa branding terpercaya.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.