...

Loyalty Program Adalah? Berikut Pengertian dan Contohnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Loyalty program adalah upaya membangun relasi dengan pelanggan

Loyalty program adalah salah satu program dari strategi dalam melakukan digital marketing yang biasanya diadakan oleh perusahaan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menarik hati pelanggan, agar tetap mempertahankan dan terus setia dalam menggunakan jasa atau barang yang dihasilkan oleh perusahaan. Dalam menjalankan suatu usaha yang menghasilkan produk, setiap pengusaha tentu sangat memperhatikan kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa atau barang yang dihasilkan. Pemilik usaha selalu berpikir untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan agar terus menggunakan produknya.

Baca Juga: Ampuh! Begini Cara Membuat Media Planning untuk Digital Marketing Anda

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan loyalty program dari perusahaan kepada pelanggan setia. Mungkin diantara kalian masih belum mengerti apa itu loyalty program? Loyalty program adalah salah satu usaha untuk mendorong konsumen agar tetap melakukan interaksi dengan perusahaan. Perusahaan dapat melakukan pembelian produk atau jasa perusahaan. Namun, apabila perusahaan ingin mendapatkan kesuksesan saat menjalankan strategi digital marketing ini, maka perusahaan memiliki kewajiban untuk mampu mendesain serta menyusun program ini dengan sangat baik agar lebih menarik kesan pelanggan.

Contoh Loyalty Program Yang Efektif

Dalam penerapannya, ada beberapa contoh loyalty program yang efektif untuk dilakukan para pengusaha dalam menarik minat pelanggan. Berikut beberapa loyalty program yang efektif untuk kalian coba.

1. Loyalty Point atau Point Loyalitas

Loyalty point merupakan salah satu contoh loyalty program yang efektif untuk dilakukan. Untuk cara penggunaannya dapat dibilang sangat sederhana. Seluruh konsumen yang melakukan kegiatan transaksi pada jumlah tertentu maka akan mendapatkan poin. Apabila poin yang dikumpulkan oleh konsumen tadi sudah mencukupi pada jumlah tertentu yang telah ditetapkan perusahaan sebelumnya, maka konsumen dapat langsung menukarkan poin tersebut dengan hadiah yang disediakan oleh perusahaan. Hadiah yang diberikan sangat beragam mulai dari produk, layanan, atau potongan harga (diskon), bahkan sampai gratis liburan ke luar negeri. Hal itu tergantung kebijakan perusahaan dan tentunya menguntungkan.

2. Event Terbatas

Bentuk contoh efektif berikutnya pada strategi marketing loyalty program adalah berupa event terbatas. Nantinya, program event terbatas ini akan diberikan oleh perusahaan secara individu ataupun secara umum. Pada kategori yang diberikan untuk umum, program event terbatas dapat diberikan ketika terjadi event-event di musim tertentu ataupun pada acara akhir tahun. Pada saat tertentu itulah perusahaan akan memberikan keuntungan atau benefit kepada para konsumen setianya dengan mengadakan acara seperti diskon besar-besaran, gratis pelayanan tambahan, beli 1 dapat 1, ataupun acara lainnya yang dapat menambah ketertarikan konsumen tersebut untuk lebih setia dalam menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Pada event terbatas yang akan diberikan untuk kategori secara individu. Perusahaan akan memberikan reward atau hadiah serta keuntungan saat terjadi momen spesial ataupun hari istimewa tertentu. Hal tersebut dapat dicontohkan seperti konsumen diberikan potongan harga. Saat berbelanja pada hari ulang tahunnya, mereka mendapatkan sepasang sepatu lagi secara gratis. Lalu, apabila konsumen membeli 2 pasang di hari jadi pernikahannya, dan masih banyak yang lainnya. Pada dasarnya, perusahaan yang mempunyai peran sebagai pemilik sebuah brand harus dapat memberikan perhatian lebih kepada konsumen setianya pada saat momen istimewa mereka, sehingga konsumen tersebut secara emosional akan mendekatkan dirinya kepada produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

3. Program Tingkatan (Tier)

Pada kegiatan membership tersebut, perusahaan akan menawarkan konsumen untuk bergabung sebagai anggota dari komunitas yang sudah didirikan oleh perusahaan. Sesudah para konsumen tertarik dan terdaftar pada program ini, maka mereka akan bergabung dan siap menjadi personil keanggotaan dari club membership yang telah didirikan tersebut. Mereka akan merasa sangat senang karena mempunyai banyak keuntungan setelah menjadi anggota, seperti tawaran potongan harga, promo special ditawarkan oleh perusahaan khusus kepada anggota membership saja, hingga pelayanan istimewa yang tidak didapatkan orang lain.

4. Kemitraan

Cara efektif selanjutnya dalam melakukan strategi digital marketing loyalty program adalah dalam bentuk kemitraan. Pada program dengan bentuk kemitraan ini, para konsumen akan diberikan keuntungan berupa kesempatan untuk dapat menjadi partner atau mitra kerja pada perusahaan tersebut, selain itu mereka juga akan mendapatkan keuntungan menggunakan produk perusahaan dengan harga spesial yang ditawarkan dan tentunya lebih murah. Program kemitraan yang ditawarkan kepada konsumen yang sering dilakukan adalah berupa endorsement. Konsumen yang memiliki peran penting serta terkenal di dunia maya dan media social, dapat ikut serta dalam mempromosikan produk perusahaan. Karena konsumen telah membantu dalam mempromosikan produk, mereka berhak mendapatkan produk perusahaan secara percuma dan sejumlah hadiah yang diberikan sesuai perjanjian yang telah disepakati.

5. Program Value Brand

Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan keuntungan kepada pelanggan serta dapat memperkuat value dari brand. Contoh kegiatan yang dilakukan dari program value brand ini adalah memberikan cashback kepada pelanggan setelah membeli produk tertentu, atau pemberian voucher diskon setelah membeli produk yang terkenal dari perusahaan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Proses Branding yang Dilakukan oleh Branding Agency

Tujuan lain cara ini pada loyalty program adalah membuat para konsumen betah, senang, dan setia untuk tetap terus berlangganan pada jasa maupun produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Cara ini juga dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik dari perusahaan maupun konsumennya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms