Pentingnya Elemen Visual dalam Strategi Branding Anda

Branding Strategi

“Saat membangun strategi branding, Anda harus memastikan untuk memasukkan strategi pada komponen visual juga.”

Tidak peduli seberapa hebat bisnis dan olah pesan Anda, visual biasanya merupakan cara paling efektif untuk menarik perhatian audiens Anda dan membangun pengakuan merek, asalkan Anda menerapkan aspek visual ini dengan benar.

Dengan menyertakan visual dalam keseluruhan strategi branding Anda, Anda akan membantu kesuksesan jangka panjang merek Anda. Tidak dapat disangkal bahwa dunia pemasaran saat ini menjadi semakin visual, dan Anda harus dapat beradaptasi dengan itu secara strategis.

Baca Juga: Beberapa Platform Digital yang dapat Anda Gunakan untuk Kegiatan Digital Marketing

Apa Itu Identitas Merek Visual dan Mengapa Itu Sangat Penting?

Identitas merek melibatkan semua bagian yang bersama-sama mewakili bagaimana merek Anda dipersepsikan, dan identitas visual Anda termasuk komponen visualnya. Cara Anda menampilkan diri secara visual lebih dari sekadar warna dan desain. Merek yang konsisten dengan identitas visual, akan beresonansi lebih efektif dengan audiens mereka daripada mereka yang tidak.

Identitas visual Anda adalah cerminan yang tepat dari perusahaan Anda, jadi Anda perlu mencurahkan waktu dan riset untuk memastikan perusahaan diwakili secara akurat dan positif, dan bahwa itu sejalan dengan pesan lisan dan tulisan Anda.

Pentingnya Mengenal Audiens Anda

Strategi visual Anda benar-benar dimulai dengan memahami siapa audiens Anda dan siapa yang ingin Anda tarik. Jika Anda tidak tahu ini, strategi branding  visual Anda, atau upaya pemasaran dan operasional secara umum tidak akan efektif. Ingat, aspek visual merek Anda bukanlah untuk Anda. Mereka adalah untuk konsumen Anda, jadi pastikan untuk selalu mengingatnya setiap saat.

Memahami keinginan dan kebutuhan mereka akan membantu Anda mengidentifikasi bagaimana Anda perlu menampilkan diri kepada mereka.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Menciptakan Identitas Merek Visual yang Kuat

Anda mungkin akan melalui banyak kesulitan pada tahap ini, tetapi itu sangat berharga. Logo Anda akan dicap pada semua yang Anda lakukan. Kepribadian Anda harus bersinar melalui itu.

2. Palet Warna yang Konsisten

Jika Anda melihat merek-merek terkenal, mereka semua menggunakan palet warna yang konsisten. Merek-merek besar ini konsisten dengan warna mereka di seluruh teks, gambar, dan desainnya karena membantu dan membuat mereka lebih mudah dikenali.

3. Font yang Sesuai dengan Merek Anda

Seiring dengan palet warna Anda, Anda harus memperhatikan font yang Anda gunakan karena dapat berbicara banyak tentang jenis bisnis Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis yang serius, Anda mungkin ingin menjauh dari Comic Sans, tetapi jika bisnis Anda ringan dan menyenangkan dan itulah cara Anda ingin digambarkan, maka itu mungkin font yang tepat untuk Anda.

Selain mencocokkan kepribadian Anda, Anda juga harus memastikan kecocokan dengan persepsi audiens Anda tentang Anda.

Dengan semua aspek pemasaran, Anda harus ingat untuk menempatkan strategi terlebih dahulu. Itu adalah tulang punggung dari semua yang Anda lakukan. Jika Anda bisa menerapkannya, membuat elemen visual akan jauh lebih mudah karena Anda akan benar-benar tahu apa bisnis Anda, apa yang diwakilinya, dan siapa yang ingin Anda tarik.

Baca Juga: Pemasaran Digital Adalah? Berikut Pengertian dan Fungsi dari Pemasaran Digital

Anda dapae bekerja sama dengan branding agency jika mengalami kesulitan, Dreambox Branding Agency yang telah berpengalaman dalam membuat dan melaksanakan strategi branding.. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai Dreambox di sini. 

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.