...

Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Menggunakan Jasa Digital Marketing Agency

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Digital marketing agency fokus bergerak di bidang pemasaran digital

Seiring perkembangan dunia teknologi serta digital yang semakin maju, tidak heran jika Digital Marketing Agensi ini semakin dibutuhkan layanannya. Hampir semua bisnis kini memanfaatkan platform internet untuk memasarkan produk serta memperkenalkan brand perusahaan. Hal tersebut karena platform internet dinilai memiliki efektivitas tinggi dalam kegiatan promosi. Terlebih pengguna internet di Indonesia juga terus meningkat setiap harinya sehingga jangkauannya relatif sangat luas. Bukan hanya pasar Indonesia, bisnis Anda bahkan juga berpotensi merambah ke pasar internasional dengan strategi pemasaran tepat.

Baca Juga : Berikut Daftar Jasa yang Biasa Ditawarkan Oleh Branding Consultant Jakarta

Meski demikian, praktik pelaksanaan pemasaran digital ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Itulah mengapa banyak perusahaan lebih memilih menggunakan jasa agensi supaya hasilnya optimal. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu serta kompetensi dalam menguasai digital marketing, ada baiknya memilih agensi untuk menangani pekerjaan tersebut. Nah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggandeng agensi pemasaran digital.

Kredibilitas Digital Marketing Agency

Kredibilitas suatu perusahaan adalah suatu hal yang penting untuk diperhatikan ketika Anda hendak menggunakan jasanya. Sebagai agensi yang bergerak di bidang teknologi, perusahaan tersebut tentunya memiliki website dan dapat diakses secara bebas. Kunjungi halaman website resmi mereka untuk melihat profilnya secara lengkap. Website bisa diibaratkan seperti miniatur portofolio yang menggambarkan bagaimana personality serta karakteristik suatu agensi pemasaran. 

Cara mereka membangun halaman bisnis memberikan gambaran awal seperti apa nantinya performa yang ditunjukkan. Kredibilitas serta kualitas kinerja agensi digital marketing juga bisa diamati dari klien yang telah bekerja sama menggunakan jasa mereka. Biasanya, agency tersebut menunjukkan siapa saja klien mereka. Nama-nama perusahaan besar yang terpampang pada profil agensi tersebut bisa menjadi bukti bahwa kinerja perusahaan itu dapat diandalkan. Testimoni dari klien juga bisa dijadikan tolok ukur kredibilitas perusahaan agensi.

Ketersediaan Layanan Digital Marketing Agency

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan ialah jenis layanannya. Pelajari apa saja jasa yang tersedia, dan pastikan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Ini dikarenakan tidak semua agency menawarkan jasa sama persis. Umumnya, jenis layanan yang bisa Anda akses di agency ini antara lain strategi digital marketing, pengembangan website bisnis powerful, meningkatkan brand awareness melalui kampanye online, social media management, dan sebagainya. Pilihlah agency yang menyediakan layanan secara lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Mulai dari membangun kesadaran merek, strategi branding, konten strategy, konten marketing, dan lain sebagainya. Perusahaan berpengalaman biasanya menawarkan jasa secara lengkap mulai hulu sampai hilir. Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki tim profesional yang mampu memberikan solusi atas permasalahan serta kebutuhan bisnis Anda. Di samping itu, pastikan juga Anda bekerja sama dengan agensi yang memiliki layanan support responsif serta mampu memberikan solusi atas berbagai pertanyaan dan juga kendala. Keberadaan layanan support memudahkan Anda memonitor pekerjaan mereka.

Metodologi yang Digunakan Digital Marketing Agency

Untuk menghasilkan strategi tepat dalam kegiatan pemasaran, dibutuhkan berbagai aspek seperti riset dan analisis. Riset serta analisis akan menghasilkan output akurat apabila dijalankan dengan metodologi yang tepat. Mungkin inilah yang kerap terlewatkan oleh sebagian pemilik bisnis. Terkadang pemilik bisnis masih belum mengerti cara kerja digital marketing secara utuh, sehingga mereka tidak memandang metodologi sebagai aspek vital.

Penerapan metodologi secara tepat adalah suatu keharusan. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari tahu apa metodologi yang mereka gunakan dan bagaimana cara penerapannya. Buah dari metodologi tersebut ialah berupa strategi-strategi. Antara lain strategi membangun brand secara komprehensif, meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan audiens, meningkatkan engagement dengan followers, menghasilkan konversi, hingga meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk Anda.

 Model Bisnis Digital Marketing Agency

Tiap-tiap agensi memiliki cara kerja atau model bisnis berbeda-beda. Perusahaan mempunyai karakter masing-masing dan mungkin sangat berlainan. Anda perlu mencari tahu bagaimana model bisnis yang dijalankan oleh suatu agensi sebelum memakai jasanya. Misalnya mencari tahu bagaimana sistem pembayaran yang diberlakukan. Apakah biaya tersebut berlaku berdasarkan kategori layanan, jumlah jam kerja, per project, dan lain sebagainya. Mengetahui model bisnis agency digital sangat penting karena ini nantinya akan berkaitan dengan budget yang perlu dialokasikan. Selain budget, model bisnis tiap-tiap perusahaan juga berdampak pada workflow.

 Ketahui Peran Digital Marketing Agency untuk Bisnis

Digital marketing tidak sesederhana mempromosikan produk melalui platform media sosial atau saluran internet lainnya. Lantas apa saja peran agensi pemasaran digital dalam bisnis sehingga memiliki kedudukan penting dalam kegiatan marketing? Berikut ulasannya

1. Menyusun Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

Salah satu peran utama agensi ini adalah membuat strategi pemasaran yang efektif serta efisien. Mulai dari merancang tujuan pemasaran, pembuatan konten, periklanan, dan sebagainya. Tiap bisnis memiliki karakteristik berbeda-beda. Ini berkaitan dengan perbedaan target audiens, alokasi anggaran, dan aspek lainnya, sehingga kurang tepat jika suatu strategi bisnis A diaplikasikan sama persis pada bisnis B maupun sebaliknya.

2. Membangun Website Bisnis

Peran penting digital marketing agency lainnya yaitu membangun website bisnis. Diperlukan orang-orang berkompeten dan profesional untuk menghasilkan situs resmi perusahaan yang berkualitas. Termasuk aspek dalam pengembangan website yaitu aplikasi teknik SEO. Menyerahkan pembuatan website kepada agensi tersebut adalah langkah tepat karena hasilnya bisa lebih powerful untuk mendongkrak brand serta penjualan produk Anda.

 3. Membangun Brand Awareness

Branding tidak kalah pentingnya dengan jumlah penjualan produk. Strategi branding secara tepat turut berpengaruh terhadap kesuksesan suatu bisnis. Brand awareness membantu perusahaan dalam memasarkan produk atau jasanya. Berbagai strategi membangun brand awareness dapat diaplikasikan secara optimal. Antara lain dengan cara menjalankan kampanye Google Ads, iklan sosial media, konten-konten menarik, dan banyak lagi.

4. Manajemen Kampanye Media Sosial

 Mempromosikan produk atau brand melalui platform media sosial nyatanya bukan perkara mudah. Untuk mendapatkan audiens banyak, meningkatkan audiens, mengkonversi, hingga menciptakan loyalitas tidak bisa hanya dengan mengunggah konten produk. Agensi pemasaran digital membantu Anda dalam mengelola kampanye sosial media, sehingga kampanye yang dijalankan bisa tepat sasaran, efektif, serta efisien. 

Baca Juga : Mengenal Proses Branding yang Dilakukan oleh Branding Agency

Dreambox membantu mengembangkan bisnis Anda melalui strategi-strategi terukur berdasarkan riset dan analisis, sehingga mendorong brand kian populer dan mencapai tujuan pemasaran. Sebagai digital marketing agency terpercaya, kami siap menjawab kebutuhan Anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms