Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Branding Toko Anda!

Branding Strategi

Branding memberikan identitas pada toko Anda dan membuatnya berbeda dari yang lain. Hal ini membuat toko Anda mampu bersaing bersama dengan usaha lain di pasar yang semakin kompetitif.

Strategi brand alias branding adalah sebuah strategi jangka panjang yang tujuannya adalah menjadi identitas usaha Anda. Karena tujuannya menjadi sebuah identitas, maka branding toko memiliki proses yang cukup panjang dan sangat penting, karena menjadi inti dari usaha Anda.

Baca juga: Alasan Mengapa Branding Usaha Sangat Dibutuhkan

Hal Penting Dalam Membuat Branding Toko

Strategi brand yang dieksekusi dengan baik pada akhirnya akan memengaruhi semua aspek bisnis Anda. Dan yang paling utama adalah hubungannya dengan kebutuhan konsumen dan persaingan dengan kompetitor. Berikut adalah beberapa hal esensial dalam membuat branding usaha Anda:

Tujuan

Tujuan yang jelas adalah kunci utama dalam membuat branding toko. Ada dua cara dalam menentukan tujuan, yaitu dengan fungsi dan intensi. Konsep fungsi menitikberatkan pada evaluasi kesuksesan dari sisi komersil. Misalnya, tujuan bisnis adalah untuk menghasilkan uang. Tak salah jika konsep fungsi disamakan dengan visi.

Sementara intensi adalah sebuah konsep yang berfokus pada kesuksesan yang berhubungan dengan kemampuan Anda dalam menghasilkan uang. Bisa dikatakan, intensi sama dengan misi.

Dengan visi dan misi yang jelas, usaha Anda akan memiliki nilai lebih daripada sekadar menjual produk. Pendekatan semacam ini memiliki nilai komitmen yang baik untuk pelanggan.

Terkait dengan tujuan, Anda juga harus tahu apa tujuan brand, siapa target pasarnya, serta posisi brand Anda di industri. Untuk mendapatkan jawabannya, Anda harus melakukan beberapa riset sehingga semua tujuan-tujuan tersebut bisa digali lebih dalam.

Konsistensi

Kunci untuk bisa memiliki konsistensi adalah menghindari hal-hal yang tidak berhubungan dengan produk Anda. Jadi, aktivitas apapun yang Anda lakukan harus berhubungan dengan branding toko Anda.

Konsistensi memiliki kontribusi yang besar untuk brand awareness Anda di muka publik. Brand awareness adalah kunci untuk loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus konsisten dalam menggunakan gaya visual, gaya verbal, hingga gaya tulisan. Gaya-gaya tersebut nantinya akan menjadi citra brand Anda.

Peran karyawan Anda juga penting untuk menjaga konsistensi. Sebab, karyawan termasuk dalam bagian branding sebuah brand. Anda wajib menciptakan pedoman gaya, gesture, dan hal-hal lain yang dapat mencitrakan produk Anda. Sebagai contoh, gestur ‘Mulai dari nol’ yang dimiliki oleh Pertamina ketika melakukan re-branding.

Fleksibilitas

Dunia digital bergerak begitu cepat. Oleh karena itu, Anda harus tetap fleksibel mengikuti perkembangan tren, tetapi harus menjaga relevansinya dengan brand Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk bebas berkreasi meluncurkan promosi.

Konsistensi bertujuan untuk menentukan standar brand Anda. Sementara, fleksibilitas memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian untuk menumbuhkan daya tarik dan membuat pendekatan berbeda di kancah persaingan bisnis.

Visual

Visual adalah hal yang penting dalam hal branding toko. Faktanya, visual lebih cepat diproses oleh otak manusia ketimbang teks. Ditambah lagi, visual lebih menarik untuk disebarkan di media sosial dibandingkan jenis konten yang lain.

Hal-hal tersebut menunjukan bahwa  visual memainkan peran yang besar dalam membuat publik mengenal brand Anda. Visual yang sudah dikenal tentunya memudahkan pelanggan mengenali brand Anda.

Oleh karena itu, pastikan visual yang Anda buat sesuai dengan citra brand yang Anda inginkan. Pelajari tentang psikologi warna untuk menyampaikan nilai perusahaan Anda lewat visual. Pelajari hal-hal tentang visual untuk membuat branding yang abadi.

Demikian tadi, beberapa hal penting terkait branding toko. Perlu digarisbawahi, branding bukan hanya tentang produk, perusahaan, hingga kampanye bisnis Anda. Branding memiliki makna yang jauh lebih luas, karena lebih terkait pada nilai perusahaan di mata pelanggan.

Baca juga: Tips Membuat Branding yang Bertahan Lama

Jika Anda membutuhkan konsultasi dan bantuan untuk mengenai branding, kunjungi kami di sini. Kami siap membantu segala kebutuhan branding Anda.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.