Selangkah Lebih Dekat dengan Digital Branding; Berikut 10 Manfaatnya

Branding Strategi

Setiap pemilik bisnis tentunya sudah tidak bisa mengabaikan digital branding.

Mengingat pesatnya perkembangan teknologi informasi serta diminatinya sosial media oleh masyarakat membuat digital branding penting untuk diketahui. Meskipun demikian belum banyak yang menyadari manfaatnya. Beberapa brand, terutama yang masih baru cenderung belum mengoptimalkannya, mulai dari membuat bio hingga desain postingannya. Padahal di era teknologi informasi ini, kecepatan serta konsistensi eksis di sosial media cukup berpengaruh signifikan.

Baca Juga:  Jenis – jenis Merek yang Mungkin Jarang Anda Ketahui Berikut Diantaranya

10 Manfaat Digital Branding untuk Bisnis

Melihat peluang bahwa 70% dari seluruh penduduk Indonesia adalah pengguna aktif sosial media, tentunya menggunakan strategi branding berbasis digital memberikan banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan awareness hingga penjualan.

1. Meningkatkan Awareness Pasar

Kecepatan menyebarkan informasi bahkan memanfaatkan ads agar muncul di halaman pengguna, tentunya memudahkan orang lain mengetahui produk Anda. Terlebih apabila memanfaatkan influencer terkenal serta berpengaruh.

2. Mudah Mencapai Target Pasar

Setiap brand tentunya memiliki target pasar tersendiri, apabila salah memilih target pasar tentunya cukup menghabiskan banyak sumber daya. Menggunakan platform digital akan semakin mudah menemukan serta mengategorikan calon pasarnya.

3. Lebih Dekat dengan Konsumen

Keunggulan media sosial dibandingkan dengan website dalam branding digital adalah kemudahan dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Pelanggan bisa meninggalkan pesannya melalui kolom komentar atau menghubungi melalui kontak pada halaman profil. Membuat konten interaktif juga mampu mendekatkan dengan konsumen, seperti mengadakan polling atau mengajukan challange. Keterlibatan konsumen tersebut membuatnya semakin mengenal brandnya, serta loyalitasnya juga akan meningkat.

4. Mampu Membaca Perilaku Konsumen

Adanya fitur insight membuat setiap pemilik bisnis yang menggunakan platform digital mampu membaca perilaku konsumennya. Mulai dari melihat kecenderungan ketertarikannya, membaca keinginannya, serta memahami kecenderungannya ketika berbelanja.

5. Membangun Brand Image Lebih Cepat

Memanfaatkan influencer atau model untuk menggunakan produk serta memberikan testimoni tentunya sangat efektif dalam membangun citra brandnya. Selain dianggap lebih otentik, citra yang dibangun juga sangat baik.

6. Biaya Operasional Lebih Murah

Biaya memanfaatkan platform digital sangat murah sekali, mulai dari gratis dengan menggunakan teknik organik ataupun berbayar, menggunakan ads. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya, tinggal menyusun strateginya agar lebih optimal.

7. Tools Lengkap untuk Digital Branding

kini berbagai platform mulai menyempurnakan toolsnya, mulai dari membuat alat analitic lebih tajam, mengembangkan algoritma agar membantu pebisnis, atau bahkan memberikan fasilitas store. Sehingga proses branding semakin lebih mudah.

8. Bisa Melihat Kinerja Strategi Branding

Mengetahui apakah strategi brandingnya berhasil tentunya menjadi sangat penting. Selain sebagai bahan evaluasi maupun patokan menyusun strategi baru. Tools analytic tersebut ada yang tersedia gratis maupun berbayar, tinggal memilih sesuai kebutuhan.

9. Bersaing dengan Kompetitor

Persaingan dengan kompetitor merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindari. Namun dengan menggunakan sosial media, bisa memungkinkan untuk lebih bersaing. Keterampilan mampu menaikkan brand image sehingga lebih bersaing. Selain itu juga memungkinkan melihat kinerja dari kompetitornya dengan mudah. Melihat konsistensi postingannya, mempelajari cara memasarkan produknya, serta menyusun strategi baru agar tidak kalah dengan strategi kompetitornya.

10. Penjualan Meningkat

Salah satu kepastian dari semakin terkenalnya sebuah brand pada pelanggan, tentunya adanya peningkatan penjualan. Kemungkinan akan sedikit sulit menjual di awal, karena membangun kepercayaan di medsos cenderung bertahap. Pengaruh perkembangan digital terhadap strategi branding kini mulai terasa. Memperkenalkan produk tidak lagi terbatas pada media cetak atau Televisi, tetapi juga bisa dilakukan secara mudah melalui sosial media.

Baca Juga: 7 Warna Branding Logo yang Membuat Bisnis Anda Mudah Diingat

Tidak perlu biaya banyak, bahkan bisa membangun secara organik dengan memanfaatkan tools – tools yang telah tersedia. Digital branding memiliki peluang serta manfaat besar bagi bisnis, jangan sampai Anda melewatkannya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.