...

Sudahkah Perusahaan Anda Memiliki Design Guideline?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Design guidelines dapat menjadi sandar berbisnis Anda.

Panduan merek atau design guidelines merupakan sebuah pedoman yang digunakan untuk membuat branding produk efektif di mata konsumen. Adanya desain membantu pebisnis dalam menyusun rencana perkenalan perusahaan maupun produk kepada khalayak.

Bisa dikatakan hal ini merupakan upaya pebisnis membangun citra baik bisnisnya di hadapan para konsumen. Ketika citra positif telah terbangun, maka dengan sendirinya lebih mudah bagi perusahaan untuk memasarkan produk dan melakukan berbagai strategi promosi.

Terutama untuk bisnis baru, terjun ke dunia usaha dengan saingan dari berbagai sisi tentu bukan perkara mudah. Butuh kematangan untuk melakukan setiap langkah dan mengambil keputusan supaya keuntungan dari berbisnis sifatnya bisa timeless atau tanpa batas waktu.

Baca Juga: Bagaimana Proses Branding Melalui Design Kemasan?

Pengertian dari Design Guidelines

Pengertian dari pembahasan kali ini adalah pedoman desain atau arahan kepada desainer grafis untuk menciptakan merek terkait logo dan sebagainya. Pedoman membantu pekerja kreatif mengembangkan ide sesuai dengan ideologi bisnis tersebut.

Pedoman ini yang nantinya akan menjadi tolak ukur pembuatan konten dalam sebuah website. Jadi, peranannya bukan hanya memandu desainer grafis, namun juga content creator, pengembang web, serta tim pemasaran digital maupun konvensional.

Sederhananya design guidelines adalah panduan secara menyeluruh terkait seperti apa brand akan ditampilkan ke hadapan khalayak. Upaya tersebut merupakan kerja sama tim, dari pemberi ide desain sampai dengan pekerja lapangan, marketing.

Contoh sederhananya suatu brand memiliki pakem ciri khas warna-warna berani dan menyala. Maka selanjutnya setiap tindakan desainer, marketing, dan pembuat konten harus mengarah pada warna-warna berani tersebut.

Intinya, sebuah bisnis dipaksa harus memiliki ciri khas, dimana implementasi design tersebut harus konsisten dipegang setiap waktu. Dengan konsistensi tersebut, lebih mudah bagi publik untuk mengingat brand Anda.

Cara Membuat Design Guidelines dengan Mudah

Istilah yang terbilang tidak begitu familiar untuk orang awam dan juga butuh panduan lengkap bagi pebisnis pemula. Atas alasan tersebut, kami rangkum beberapa langkah pembuatan pedoman desain melalui step-step berikut ini:

1. Cari Inspirasi

Kumpulkan inspirasi terkait jangka panjang dari design guidelines bisnis bersama tim jika usaha dibangun bersama-sama. Inspirasi ini mengarah pada logo, font, dan diksi brand. Sebagai inspirasi, Anda dan tim juga bisa melirik gerak pesaing dalam bidang serupa.

2. Enam Elemen yang Mesti Ada

Menentukan elemen penting yang diantaranya terdiri atas 6 unsur, seperti:

  • Komposisi warna, dimana biasanya ada dua pilihan warna, pertama warna primer untuk pembuatan logo. Kedua, warna sekunder untuk pembuatan website, banner, brosur, dan juga standing banner pada saat ada acara.
  • Tipografi penulisan atau teks termasuk ke dalam design guidelines yang jadi ciri khas bisnis, termasuk salah satunya ukuran serta jenis fontnya.
  • Desain logo meliputi warna latar belakang, batas serta ukuran, serta tipe logo yang akan digunakan.
  • Imagery adalah citra bisnis yang ingin ditampilkan kepada khalayak ramai. Contoh imagery ini dapat berupa foto, watermark, dan juga ikon.
  • Brand tone atau rangkaian kata pilihan dengan penyampaian khusus sehingga lebih mudah untuk perusahaan melakukan branding kepada masyarakat luas.
  • Unsur terakhir adalah style media sosial, dimana pembuatan konten harus sesuai pedoman awal.

3. Pedoman Desain untuk Tiap Produk

Pedoman lainnya juga berlaku untuk setiap produk bisnis. Semakin matang bisnisnya, semakin matang rencana pemasaran produknya juga. Manfaat design guidelines produk membuat peluang produk lebih laku di pasaran.

4. Menanamkan Paham pada Tim

Pembentukan pedoman desain bukan hanya untuk formalitas, namun harus ada outline dari pembentukan tersebut. Contohnya, para pekerja harus paham apa makna dari semua rencana yang dikembangkan dari waktu ke waktu secara detail dan tepat.

Manfaat Design Guidelines yang Dirasakan

Sekarang, pertanyaannya apa manfaat dari pedoman desain yang langkahnya tidak mudah tersebut? Dalam sebuah bisnis, tentu pedoman desain ini memberikan banyak manfaat, diantaranya:

1. Menetapkan Standar Berbisnis

Menjadi pedoman untuk setiap langkah yang dilakukan tim dalam pengembangan bisnis. Ketika ingin memulai dan nantinya memperbesar bisnis, setiap orang memiliki standar terkait bisnis tersebut. Standar itu yang menjadi rules atau aturan dan batasan bertindak.

Batasan dalam artian, design guidelines adalah kiblatnya bisnis yang dijalankan. Bisa dikatakan juga sebagai ideologi dimana menjadi pakem untuk bertindak atau tidak bertindak sesuatu. Semakin banyak orang paham, pengembangan usaha tidak akan melenceng.

2. Agar Brand Mudah Diingat

Ketika sebuah usaha memiliki ciri khas tertentu, meskipun digempur persaingan dari produk serupa, akan mampu bertahan berkat keunikannya. Contoh, strategi brand awareness melalui slogan dan juga jingle dapat menjadi nilai tambah bagi sebuah produk.

Ambil saja permisalan Indomie sebagai salah satu produk mie instan sejak lama sekali. Meskipun saat ini muncul produk saingan dengan dalih sehat dan tanpa pengawet, penggemar Indomie selalu ada di mana saja.

Baca Juga5 Manfaat UI Design Terhadap Kekuatan Branding Perusahaan

Bahkan saking berhasilnya Indomie, sampai secara tidak sadar orang mempromosikan brand tanpa dibayar. Contoh, adanya Warmindo merupakan singkatan Warung Makan Indomie, tidak menyebut merk mie lain. Keberhasilan branding ini merupakan bukti dari design guidelines yang efektif. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms