Platform AI Berbayar untuk Desain yang Terbaik

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

AI untuk desain kini semakin dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan bisnis. Sebab, desain grafis dapat merepresentasikan identitas bisnis maupun perusahaan dengan efektif. Produk serta kegiatan promosinya pun membutuhkan visual yang menarik.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah melalui platform AI berkualitas terbaik. Terdapat berbagai pilihan platform kecerdasan buatan untuk desain yang tersedia saat ini. Anda bisa Ketahui Berbagai Manfaat Desain Produk untuk Bisnis agar lebih paham peran platform desain berbasis AI dan jangan lewatkan informasi berikut!

8 Platform AI untuk Desain Berbayar dengan Kualitas Terbaik

AI atau Artificial Intelligence merupakan solusi ketika desainer memiliki workload menumpuk dengan tenggat waktu berdekatan. Sepuluh platform desain berbasis AI di bawah ini jadi yang terbaik bagi para desainer: 

1. Designs.ai 

Platform pertama adalah Designs.ai yang akan menghemat waktu desainer secara efisien. Proses desain yang bermula 2 jam dapat dipersingkat hanya 2 menit saja menggunakan platform ini. 

Designs.ai juga multifungsi, sebab bisa membuat desain untuk banner, logo, postingan media sosial, hingga video. Selain itu, Designs.ai juga unggul karena menyediakan akses ke jutaan stok foto premium. Tersedia pula berbagai elemen pendukung gratis.

Harga langganan per bulan Designs.ai mulai dari 29 USD. Anda perlu memperhatikan kekurangan dari platform ini sebelum membeli. Salah satunya adalah opsi penyesuaian template desain yang terbatas. 

Selain itu, hasil desain terkesan kurang sentuhan manusia karena terlalu menonjolkan hasil desain AI. Jadi, platform AI untuk desain yang satu ini bisa Anda sesuaikan dengan preferensi saja.

2. Adobe Express (Versi Beta)

Adobe Express memiliki AI bernama Firefly yang generatif dan canggih. Terdapat dua fitur AI yang menarik pada platform satu ini. Fitur pertama merupakan fitur untuk efek visual penyempurna teks. Lalu, fitur kedua adalah kemampuan membuat ilustrasi menggunakan teks. 

Kelebihan platform ini yang akan memudahkan desainer adalah fonts serta aset Adobe Stock yang bisa diakses gratis. Terdapat pula 100GB cloud storage yang mendukung kelancaran desain.

Harga platform ini adalah 9.99 USD per bulan. Kekurangannya mulai dari tidak mendukung SVG, lalu cenderung lambat, serta resolusinya yang tidak tepat. 

3. Hotpot Ai

Platform AI untuk desain selanjutnya bernama Hotpot Ai. Desain grafis, teks, hingga gambar bisa dilakukan dengan efektif serta efisien pada platform ini. Konten visual dapat tercipta dari algoritma pemrosesan berbentuk teks dan gambar.

Hotpot Ai menyediakan berbagai fitur yang menarik. Fitur pertama adalah menghasilkan karya seni digital yang beragam, mulai dari gambar fotorealistik, lalu ilustrasi, hingga lukisan. 

Melalui Hotpot Ai, desainer juga dapat mengedit gambar dengan penghapusan latar belakang, peningkatan kualitas foto, dan perbaikan foto lama. 

Harga Hotpot Ai per bulan dimulai dari 1000 kredit dengan nominal 10 USD. Kekurangan platform ini adalah kualitas kontennya yang belum sebaik AI lain. Selain itu, fitur customization pada platform juga kurang maksimal.

3. Craiyon

Craiyon merupakan platform desain berbasis AI yang cocok untuk profesional di bidang desain grafis ataupun seni rupa. Keunggulan Craiyon adalah dapat menghasilkan konten dengan unsur naratif. Anda yang ingin mengubah gambar AI ke seni yang bisa dipakai pun bisa melalui platform ini. 

Harga berlangganan di Craiyon variatif, mulai dari 5 USD hingga 20 USD per bulan. Kekurangan platform ini adalah kualitas gambarnya yang tidak konsisten serta opsi custom yang terbatas.

4. Leonardo.ai 

Platform AI untuk desain yang satu ini memungkinkan desainer menggunakan fitur-fitur canggih untuk meningkatkan kreativitas. Contohnya, seperti AI Canvas, Image Generation, hingga 3D Texture Generation.

AI Canvas bisa mengedit secara canggih dengan kontrol desain yang lengkap. Lalu, Image Generation dapat memasukkan berbagai ide serta mendefinisikan gambar yang dianggap sulit untuk dihasilkan.

Sementara itu, 3D Texture Generation dapat menghidupkan unsur 3D dengan menciptakan tekstur melalui kecerdasan kontekstual. 

Anda bisa menggunakan platform ini dengan fitur lebih canggih mulai dari 12 USD per bulan. Kekurangan dari Leonardo.ai terletak pada kreditnya yang relatif kecil, lalu cukup sulit dioperasikan ketika pertama kali menggunakannya.

5. Midjoerney

Midjoerney menjadi platform desain berbasis AI yang menggunakan Discord untuk menghasilkan gambar. Perintah atau prompt untuk platform ini harus dimasukkan melalui Discord agar menghasilkan gambar yang diinginkan. 

Kelebihan AI untuk desain di Midjoerney adalah dapat meniru gaya seni tertentu. Kemudian, menggunakan alat spesifik untuk menyempurnakan hasil gambar. Kualitas gambar pun sangat tinggi. Desainer bisa mendapatkan gambar sangat spesifik apabila perintah yang dimasukkan bisa disusun dengan cermat.

Kekurangan dari Midjoerney diantaranya tidak ada uji coba gratis untuk melihat fitur-fiturnya. Lalu, gambar yang dihasilkan bisa dilihat oleh siapa saja kecuali bila pengguna menerapkan mode sembunyi. 

Adapun harga langganan Midjoerney mulai dari 10 USD per bulan serta 120 USD per bulan jika untuk pemakaian perusahaan. 

6. Stockimg.ai

Stockimg.ai merupakan kecerdasan buatan yang mampu menciptakan gambar dalam kurun waktu 12 detik. Terdapat alat untuk membuat poster, lalu sampul buku, logo, ikon, hingga UI website.

Cara kerja platform ini pun cukup mudah. Anda bisa menggunakan fitur setelah login, lalu mengetikkan gambar apa yang ingin dihasilkan. Interface platform juga mudah untuk dioperasikan. 

Terdapat opsi tingkat detail gambar, seperti hyper detailed, HD, hingga unreal engine. Ketika ingin ekspor gambar pun juga mudah dengan pilihan format mulai dari PNG, JPG, hingga PDF.

Kekurangan dari platform ini adalah durasi menghasilkan gambar yang cenderung lama ketika perintah masuk terlalu detail. Kemudian, platform AI untuk desain ini juga kurang efektif dalam menghasilkan gambar makhluk hidup seperti hewan hingga benda mati seperti mobil.

7. Figma AI 

Pada Figma AI, desainer dimudahkan dengan elemen desain yang prediktif. Terdapat data masa lalu yang bisa memperkirakan elemen desain serta tata letak menyesuaikan preferensi pengguna. 

Kemudian, AI pada Figma juga meningkatkan efisiensi melalui penyederhanaan proses desain yang terbantu dengan saran cerdas dari AI. Proyek desain pun dapat selesai lebih cepat melalui fitur tersebut. 

Para desainer juga bisa berkolaborasi secara real-time sehingga bisa berbagi wawasan dan mendorong produktivitas. Untuk memaksimalkan penggunaan platform ini untuk proyek desain, Berikut 4 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan dalam Desain Branding.

Adapun kekurangan dari Figma AI terletak pada fitur kustomisasi yang terbatas sehingga kurang bisa mengontrol tiap aspek desain yang ada. 

Dapatkan Visual Branding Terbaik Bersama Dreambox Agency

Delapan platform AI untuk desain tersebut menyediakan solusi efektif ketika membutuhkan inspirasi maupun referensi desain yang praktis dan cepat. Ini tentu menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan desain bagi bisnis dan perusahaan yang meningkat.

Anda pun dapat menyusun identitas bisnis melalui visual menarik dengan layanan branding terbaik seperti Dreambox. Tim profesional dari Dreambox menyediakan solusi komprehensif untuk memberikan brand bisnis Anda identitas yang kuat.

Kualitas Dreambox tidak perlu Anda ragukan sebab telah dipercaya ratusan klien. Jadi, hubungi Dreambox untuk penyusunan visual branding yang unik dan inovatif bagi bisnis Anda!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms