7 Contoh Digital Marketing yang Dapat Anda Tiru di 2024

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Contoh digital marketing

Di era serba canggih seperti sekarang, digital marketing mempunyai kaitan yang erat dengan berbagai kegiatan pemasaran. Oleh sebab itu, setiap pelaku bisnis harus memahami bagaimana cara kerja digital marketing. Salah satunya dengan mempelajari contoh digital marketing yang benar.

Namun sebelum itu, Anda perlu memahami pentingnya mempelajari contoh dari digital marketing yang sukses. Dengan demikian, Anda memiliki gambaran terkait dampak digital marketing sukses bagi bisnis. Berikut penjelasan selengkapnya.

Mengapa Anda Harus Memahami Contoh Digital Marketing yang Telah Sukses

Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan digital marketing untuk memasarkan brand-nya. Jika sukses, hasilnya pun tak main-main. Tak hanya masyarakat lokal saja yang bisa dijangkau jika kesuksesan tersebut terjadi, namun juga warganet dari seluruh dunia.

Sayangnya, tak banyak orang yang tahu bagaimana cara memanfaatkan digital marketing sehingga bisa sesukses perusahaan-perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, memahami contoh digital marketing yang sukses diperlukan sehingga orang-orang tersebut tahu cara memaksimalkan digital marketing.

Apakah Anda juga ingin memaksimalkan digital marketing agar bisnis menjadi sukses? Bila iya, maka Anda perlu mempelajari berbagai contoh dari digital marketing brand ternama untuk diambil hikmahnya. Setelah itu, terapkan hal tersebut ke dalam bisnis sesuai kebutuhan.

Pelajari 7 Contoh Digital Marketing dari Brand Terkenal

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada berbagai brand terkenal yang berhasil menerapkan digital marketing dengan benar. Beragam brand tersebut bisa Anda pelajari untuk sebelum menerapkannya pada bisnis. Berikut di antaranya.

1. Pepsodent

Pepsodent merupakan brand pasta gigi ternama di Indonesia. Brand ini sudah ada sejak lama dan masih bisa bersaing hingga saat ini. Salah satu penyebabnya adalah kesuksesan dari digital marketing mereka. Itulah mengapa Pepsodent bisa menjadi contoh digital marketing yang tepat untuk dipelajari.

Salah satu hal yang dapat diingat masyarakat dari Pepsodent adalah tagar #SenyumSatuIndonesia. Tagar ini digaungkan oleh Unilever selaku perusahaan induk Peposdent melalui kerja sama dengan berbagai Instagram influencer atau pemengaruh ternama termasuk artis papan atas.

Tak hanya itu saja, para pemengaruh tersebut juga mengajak pengikutnya untuk menggunakan tagar yang sama. Hal ini membuat tagar tersebut beserta konten Pepsodent tersebar di berbagai penjuru Indonesia dengan lebih mudah.

2. Gojek

Contoh digital marketing lain yang sukses memasarkan produknya adalah Gojek. Gojek dikenal sebagai aplikasi ojek daring ternama di Indonesia. Tak hanya itu saja, Gojek juga mempunyai berbagai fitur lain, seperti layanan antar makanan dan pembayaran tagihan.

Beragam fitur di atas bisa dilakukan hanya melalui satu aplikasi saja dengan mudah. Hal ini membuat banyak pengguna masih setia dengan Gojek karena tak perlu menggunakan berbagai aplikasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berbeda.

Selain itu, Gojek juga sering memberikan promo bagi para penggunanya. Hal ini sesuai dengan karakteristik manusia sebagai makhluk ekonomi yang ingin modal sedikit mungkin dengan keuntungan sebanyak-banyaknya.

3. Red Bull

Red Bull bisa menjadi contoh digital marketing sukses yang bisa Anda pelajari. Hal ini disebabkan oleh konten-kontennya yang sesuai dengan target pasar dari minuman tersebut.

Jadi, minuman ini umumnya dikonsumsi oleh orang dewasa yang membutuhkan energi. Orang-orang dewasa seperti ini kerap menyukai tontonan olahraga maupun aktivitas yang memacu adrenalin. Hal itulah yang dihadirkan dalam konten-konten digital marketing Red Bull.

Tak hanya itu saja, Red Bull juga berhasil membuat konten dengan teknik soft-selling. Hal ini dapat dilihat dari video seorang pria yang melompat dari tepi luar angkasa. Tanpa memperlihatkan produk, Red Bull telah menggambarkan slogannya melalui aktivitas tersebut di sepanjang video.

4. Pantene

Pantene merupakan produk sampo yang bisa menjadi contoh dari digital marketing sukses. Hal ini disebabkan Pantene berhasil membuat konten yang menarik banyak audiens di kanal YouTube mereka dengan berbagai pemengaruh wanita ternama.

Konten ini memotivasi para wanita untuk tetap kuat, kreatif, berjiwa muda, dan menjadi ambassador Pantene. Caranya dengan membagikan pengalaman mereka sebagai wanita. Tak lupa, tagar #KitaDutaShampoPantene dan #RambutTanpaBatas juga digunakan dalam digital marketing ini.

5. Netflix

Netflix merupakan layanan streaming film ternama di dunia. Kepopulerannya ini disebabkan oleh suksesnya digital marketing yang mereka terapkan, yaitu menawarkan berbagai kemudahan dan kualitas tontonan hanya dalam satu aplikasi melalui berbagai konten di media sosial.

Kesuksesannya sendiri tak lepas dari pandemic Covid-19. Pada saat itu, masyarakat tak boleh keluar rumah sehingga layanan seperti Netflix dibutuhkan untuk memperoleh hiburan.

6. Jenius BTPN

Jenius BTPN merupakan salah satu produk bank yang sangat populer hingga saat ini. Produk bank ini memanfaatkan teknologi dengan baik sehingga mengalihkan semua transaksi keuangan dari manual ke digital.

Sebagai produk digital, Jenius BTPN juga memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan produknya. Salah satunya adalah penggunaan SEO yang membuat artikel-artikelnya berada di deretan atas dalam mesin pencarian.

7. Airbnb

Salah satu aplikasi penginapan yang populer adalah Airbnb. Bahkan, kepopulerannya telah mencapai tingkat internasional. Salah satu faktor penyebabnya adalah suksesnya digital marketing.

Salah satu hal yang dilakukan oleh aplikasi tersebut adalah mendukung semua penggunanya untuk membagikan kisah perjalanan mereka di berbagai media sosial. Dengan demikian, akan ada lebih banyak orang yang mengenal Airbnb.

Selain contoh-contoh di atas, masih ada beberapa contoh pemasaran digital sukses lainnya yang bisa Anda amati, tiru, dan modifikasi sebelum diterapkan pada bisnis.

Contoh Produk Digital Marketing

Untuk mendukung kesuksesan digital marketing, maka berbagai produknya perlu Anda pahami. Berikut di antaranya:

1. SEO

Salah satu produk digital marketing yang bisa Anda pertimbangkan adalah SEO atau Search Engine Optimization. Dengan SEO, Anda bisa mengoptimalkan konten dan situs. Dengan demikian, konten Anda dapat terlihat di deretan atas mesin pencarian.

2. Social Media Marketing

Media sosial merupakan aplikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat saat ini. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan digital marketing sehingga produk dapat lebih dikenal oleh para konsumen.

3. Influencer Marketing

Dari berbagai contoh sebelumnya dapat diketahui bahwa banyak perusahaan menggunakan pemengaruh atau influencer saat ini. Anda pun bisa menggunakannya dengan memilih influencer yang sesuai produk dan perusahaan.

4. SEM

SEM atau Search Engine Marketing merupakan penggunaan iklan berbayar untuk meningkatkan lalu lintas dan visibilitas di mesin pencarian. Salah satu produk SEM yang bisa digunakan adalah Google Ads.

5. Video Marketing

Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk dengan video, seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Video tersebut bisa dibuat dengan cara yang menarik agar menjaring lebih banyak konsumen.

Bisnis Anda Dapat menjadi Contoh Digital Marketing yang Sukses

Beragam contoh pemasaran digital di atas bisa dipelajari lebih lanjut sebelum menerapkannya agar bisnis Anda ikut sukses. Jika Anda masih kesulitan, maka Dreambox siap membantu Anda dengan berbagai layanan digital marketing yang diinginkan. Segera akses laman layanan pemasaran digital dan hubungi kami untuk informasi selengkapnya!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms