...

3 Cara Ampuh Menjalankan Affiliate Marketing

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Apakah Anda sudah familiar dengan affiliate marketing?

Affiliate marketing  di Internet dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan. Muncul banyak platform seperti media sosial, situs berbagi video, blog, website, hingga berbagai aplikasi online. Kehadiran platform atau saluran digital tersebut memberikan banyak kemudahan bagi manusia dalam berbagai aktivitas. Mulai dari mendapatkan hiburan, informasi, pendidikan, mempermudah pekerjaan, hingga menghasilkan uang.

Nah, menghasilkan uang dari internet tentunya memiliki magnet tersendiri bagi banyak orang, karena Anda tidak hanya kehabisan uang untuk membeli kuota internet. Tetapi juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah bahkan dollar secara online.Caranya sangat beragam, mulai dari berjualan online, membuat blog, menjual produk digital, hingga berafiliasi dengan merchant atau perusahaan tertentu untuk memasarkan produk maupun layanan mereka secara online.

Baca Juga : Lakukan 3 Strategi ini untuk Content Marketing Anda

 Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing

Ini merupakan salah satu jenis bisnis internet marketing yang semakin populer dari hari ke hari. Alasannya adalah karena siapapun bisa mendapatkan keuntungan dari cara marketing yang satu ini. Prinsip dari marketing afiliasi ini adalah menjualkan suatu produk atau layanan dan mendapatkan komisi dengan jumlah yang disepakati. Sebagai contoh, Anda berhasil mengajak konsumen berbelanja produk tertentu. Nah, karena penjualan tersebut melalui Anda, maka berhak mendapatkan sejumlah komisi. Seperti namanya, marketer berafiliasi dengan perusahaan tertentu dalam memasarkan produk-produk mereka secara online.

Cara kerja pemasaran ini sangat sederhana, yaitu seseorang yang bertindak sebagai affiliate marketer melakukan promosi suatu produk melalui platformnya, yakni bisa melalui website/blog, sosial media, dan lain-lain. Ketika terdapat konsumen yang melakukan transaksi pembelian dengan kode referral Anda, maka perusahaan akan memberikan komisi sesuai kesepakatan. Besarnya komisi yang diberikan oleh perusahaan afiliasi berbeda-beda.

Keuntungan Program Affiliate Marketing

Pemasaran dengan sistem afiliasi sama-sama memberikan keuntungan bagi pihak penjual atau perusahaan pemilik produk maupun affiliate marketer. Bagi penjual, mereka bisa mendapatkan konsumen tanpa membuat iklan khusus. Dengan begitu, jumlah penjualan bisa terus meningkat berkat adanya orang-orang yang mengikuti program afiliasi. Perusahaan bisa menekan biaya iklan serta menghemat waktu karena bantuan promosi dari partisipan program afiliasi. Sementara bagi marketer yang mengikuti program ini juga mendapatkan banyak keuntungan. Keuntungan pertama tentu saja bisa mendapat komisi dari hasil penjualan yang menggunakan kode referral khusus.

Berbeda dari reseller yang menjual kembali produk dengan modal khusus, jika Anda mengikuti program affiliate marketing maka bisa dijalankan tanpa modal sekalipun. Anda hanya perlu mempromosikan melalui platform digital untuk menarik konsumen. Terlebih lagi jumlah perusahaan yang membuka program afiliasi juga semakin banyak. Dengan demikian, kesempatan memperoleh uang dari internet lewat cara ini sangat terbuka lebar dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda hanya perlu mendaftar pada merchant atau perusahaan yang menyediakan program tersebut. Kemudian mulai memasarkan produk-produk mereka lewat situs pribadi atau media sosial. Komisi yang didapatkan bisa menjadi passive income menarik.

 3 Cara Ampuh Menjalankan Affiliate Marketing

Nah, setelah mengenal apa itu program afiliasi serta keuntungannya, kini saatnya Anda mulai menjalankan bisnis marketing satu ini. Berikut ini kami sajikan 3 cara ampuh agar bisnis internet marketing Anda bisa sukses.

1. Memilih Program Afiliasi secara Tepat

Seiring perkembangan dunia bisnis yang merambah ke platform online, tidak perlu diragukan lagi perkembangan marketing afiliasi juga kian diminati. Maka tidak heran jika perusahaan yang menawarkan program tersebut juga semakin banyak. Akan tetapi, sebagai marketer Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih affiliate program. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Lakukan riset terhadap beberapa merchant berdasarkan 4 aspek atau kriteria. Pertama, perhatikan relevansi antara produk atau jasa yang ditawarkan dengan platform Anda. Affiliate marketing hanya bisa sukses jika platform promosi Anda memiliki keselarasan dengan produk atau layanan terkait.

Kedua, perhatikan besar komisi yang diberikan. Perlu diketahui bahwa tiap-tiap merchant memberikan komisi berbeda-beda. Pastikan memilih perusahaan yang menawarkan persentase komisi sesuai harapan. Ketiga, perhatikan juga pengguna afiliasi tersebut. Pengguna afiliasi adalah tolok ukur melihat apakah perusahaan memiliki reputasi baik sesuai penawarannya. Selain itu, pengguna juga menunjukkan apakah program tersebut memberikan keuntungan. Keempat, pilihlah program afiliasi yang menyediakan layanan support atau dukungan bagi penggunanya. Baik itu dalam bentuk email maupun live chat. Kehadiran layanan support memberikan kemudahan apabila Anda menemui kendala saat mengikuti afiliasi tersebut.

2. Menentukan Media Promosi

Cara ampuh menjalankan affiliate marketing berikutnya yaitu menentukan media untuk menyampaikan promosi. Secara umum, affiliate marketer biasanya memanfaatkan platform website atau blog, media sosial, serta channel YouTube. Tidak ada salahnya juga memadukan lebih dari satu media untuk menghasilkan keuntungan lebih besar. Meski demikian, Anda juga harus cermat dalam memanfaatkan tiap-tiap platform. Masing-masing platform atau saluran internet tersebut biasanya memiliki pengguna dengan karakteristik berbeda-beda. Marketer wajib menyesuaikan berdasarkan karakteristik tersebut agar tepat sasaran dan mendapat kunjungan tinggi. Setelah menentukan media yang paling sesuai, saatnya Anda mulai mempromosikan produk. Usahakan agar tidak terlalu frontal (hard selling) dalam promosi, melainkan secara soft selling untuk menarik perhatian audiens.

3. Membangun Product Knowledge

Memilih produk atau layanan yang sesuai dengan platform Anda adalah suatu hal dalam affiliate marketing. Namun, mempelajari tentang product knowledge adalah lain hal dan tidak bisa dipisahkan darinya. Promosi tentu saja tidak akan efektif dan berhasil apabila Anda tidak menguasai produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, kuasai terlebih dahulu tentang produk tersebut. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang produk tersebut. Kemudian berikan informasi penting mengenai manfaat hingga keuntungan menggunakan produk maupun layanan tadi. Dengan begitu, audiens memiliki pengetahuan lebih tentang produk itu dan tertarik membelinya.

Tidak ada orang yang bersedia membeli barang tanpa mendapatkan manfaat dari barang tersebut, bukan? Maka dari itu, bangun product knowledge secara efektif melalui teks persuasi namun tidak bersifat hard selling. Memberikan review atau ulasan mengenai barang atau jasa tersebut dengan pendekatan personal adalah suatu nilai plus tersendiri. Ini bisa dijadikan trik ampuh supaya audiens ikut merasakan pengalaman Anda dan mau membelinya.  

Baca Juga : Cara Memaksimalkan Social Media Marketing Bisnis Anda

Pemilik bisnis harus memiliki strategi dalam memasarkan produk atau jasanya. Salah satu cara efektifnya yaitu menggandeng agensi digital marketing seperti kami untuk menyukseskan bisnis Anda. Selain itu, bisa juga menerapkan affiliate marketing. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms