5 Langkah Melakukan Pemasaran Media Sosial

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Media sosial memang sudah jamak diketahui sebagai ajang berinteraksi banyak orang di dunia maya. Dengan memiliki sebuah akun dari platform tertentu, seseorang sudah bisa mendapatkan banyak informasi dan hiburan dari dalamnya. Jika demikian, mengapa tak mencoba menyelipkan info mengenai barang Anda? Pemasaran media sosial adalah strategi marketing yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda jual. Asal tahu langkah-langkahnya, maka hal itu sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja. Penasaran? Simak terus halaman ini sampai habis untuk informasi selengkapnya!

Baca Juga: Strategi Meningkatkan Penjualan Online

Cara Melakukan Pemasaran Media Sosial

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pemasaran media sosial secara efektif. Simak dan praktekkan langkah-langkahnya berikut ini!

1. Menetapkan Media Sosial Utama

Bukannya tidak boleh untuk memakai lebih dari 1 media sosial, akan tetapi akan lebih baik jika Anda memilih 1 media sosial yang akan diutamakan daripada yang lain. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti keterbatasan waktu dalam jangka waktu yang panjang, sumber daya yang tersedia, biaya yang akan dikeluarkan, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, Facebook dapat Anda pilih jika Anda ingin mendapatkan cara yang simpel untuk mengelolanya dalam jangka panjang. Pilih platform Twitter jika produk Anda ditargetkan untuk kalangan anak muda. Platform Instagram jika Anda ingin menonjolkan sisi estetika dari produk Anda. dan lain sebagainya.

2. Kenali Target Pasar Anda

Sudahkah Anda mengetahui behaviours karakteristik dari audiens yang akan menjadi target pasar Anda? Data yang perlu Anda ketahui setidaknya mengenai rentang umur, bahasa yang cocok untuk mereka, dan lain sebagainya. Bagi audiens yang masih berusia muda, Anda dapat menggunakan bahasa pergaulan yang fleksibel dan santai. Begitu pula sebaliknya, gunakan bahasa sopan dan serius untuk audiens yang sekiranya sudah dewasa dan berpendidikan tinggi.

3. Membuat Konten yang Menarik

Setelah menentukan media sosial utama dan target pasar yang akan Anda tuju, langkah selanjutnya adalah mendesain konten yang sesuai. Gunakan kombinasi gambar dan teks yang proporsional, sehingga audiens akan tertarik dalam 5 detik pertama ketika melihat iklan Anda. Menyematkan link dan sesekali iklan berbentuk video juga merupakan ide yang menarik. Secara berkala, jangan lupa untuk melakukan evaluasi terhadap efektivitas iklan yang Anda buat, ya!

4. Memposting Secara Rutin

Selain tampilan iklan, perhatikan juga frekuensi dan jam posting iklan yang Anda lakukan. Setidaknya, lakukan posting setidaknya dua kali sehari. Dan juga lakukan di jam tepat, bukan selalu di jam ketika traffic sedang tinggi-tingginya. Karena bisa jadi iklan Anda akan mudah tertutupi oleh hal lain. Anda bisa melakukan analisa sendiri untuk menentukan jadwal posting yang paling optimal. Namun yang pasti, lakukan secara rutin. Sehingga audiens akan terbiasa melihat iklan produk Anda, dan bisa jadi memunculkan brand awareness secara tidak langsung.

5. Menetapkan Agenda Pengelolaan Media Sosial

Tidak hanya niat yang besar ketika memulai, namun beriklan di media sosial juga membutuhkan ketahanan dan konsistensi yang tinggi. Karena selain melakukan posting, Anda juga harus menyediakan waktu tertentu untuk hal-hal lain yang berhubungan dengan peningkatan kualitas iklan Anda, seperti melakukan analisa, percobaan dan simulasi tertentu, merencanakan konsep baru, dan lain sebagainya. Seperti halnya jenis pekerjaan yang lain, buatlah jadwal yang memuat kegiatan harian, mingguan, bahkan bulanan. Sehingga Anda juga memiliki arah kegiatan marketing yang jelas dan terencana dengan baik.

Demikianlah pembahasan mengenai cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pemasaran media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerapkan Strategi Bisnis Online

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms