Beberapa Tips Online Marketing Terbaik untuk Kelancaran Bisnis Anda

Digital Marketing

Tips online marketing terbaik adalah membuat content marketing.

Tips online marketing merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih maju. Setiap bisnis atau usaha pasti membutuhkan marketing atau promosi agar semakin banyak pelanggan yang datang. Setiap perusahaan memiliki strategi marketing-nya tersendiri sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Sebagian besar pebisnis menyukai marketing secara online karena memberikan berbagai kelebihan dan manfaat untuk bisnis yang dijalankan.

Baca Juga: Tips Copywriting yang Menarik dan Menghasilkan Closing Deal

Tips Online Marketing Terbaik untuk Kelancaran Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, Anda membutuhkan strategi marketing untuk menarik lebih banyak konsumen. Tanpa adanya promosi bagaimana masyarakat bisa mengetahui keberadaan bisnis maupun produk yang Anda jual. Kemajuan teknologi yang semakin canggih bisa mendatangkan lebih banyak manfaat dalam hal marketing. Apalagi jika Anda mampu menerapkan beberapa tips online marketing yang akan kita bahas berikut ini.

1. Content Marketing

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan content marketing yang memiliki fungsi penting. Tips online marketing ini menjelaskan bahwa konten yang baik akan membantu promosi produk dan layanan dengan hasil lebih maksimal. Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah “Content is King” yang menunjukkan betapa pentingnya keberadaan konten yang berkualitas. Blog menjadi salah satu media yang bisa memuat semua konten promosi yang Anda buat. Pembuatan konten harus disesuaikan dengan tema industri yang Anda jalankan, misalnya di bidang fashion, kuliner dan lainnya.

2. Hadirkan Event secara Online

Tips online marketing lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghadirkan event secara online. Jika Anda sudah membangun komunitas sosial maka sesekali adakan event menarik secara online dan Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain. Carilah rekan dengan popularitas yang lebih tinggi akan Anda mendapatkan lebih banyak perhatian melalui event ini. Ada berbagai platform yang bisa dimanfaatkan untuk mengadakan suatu event, seperti telegram atau Skype. Pilihan lain dari platform untuk mengadakan event adalah Google Hangout karena memiliki beragam fitur sebagai penyelenggara online conference.

3. Maksimalkan Konten Video

Promosi dalam bentuk tulisan saja tentunya akan membosankan jadi Anda bisa memadukannya dengan video yang menarik. Apalagi jika Anda memposting video tersebut di platform media sosial yang terkenal, seperti Facebook. Tips online marketing ini tidak perlu dilakukan oleh jasa videographer profesional karena siapa saja yang memahami konten digital bisa membuatnya. Selain konten informatif, Anda perlu mempersiapkan kamera dan laptop untuk editing video. Pastikan kamera yang Anda gunakan memberikan hasil berkualitas dan jernih sehingga akan semakin banyak konsumen yang tertarik. Jangan lupa untuk berbagi video promosi di Pinterest, Instagram, Facebook hingga Youtube.

4. Buat Komunitas Online

Tips online marketing yang tidak boleh diabaikan adalah membuat komunitas online sesuai dengan bidang bisnis Anda. Langkah wajib yang harus dilakukan untuk memikat lebih banyak konsumen adalah dengan membangun komunitas sendiri. Cara sederhana untuk memulai tips ini adalah membalas komentar para pengunjung blog atau website. Citra diri thought leader atau dapat dipercaya menjadi sangat penting agar Anda bisa menjalin hubungan yang baik untuk para pelanggan. Anda juga bisa membuat komunitas melalui grup LinkedIn atau Facebook sebagai wadah untuk menampung orang-orang dengan ketertarikan yang sama.

5. Optimasi SEO Lokal

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu cara untuk membuat online marketing yang lebih berkualitas. Sebenarnya, tidak sulit untuk memahami pembuatan konten SEO agar bisa menempati posisi pertama search engine. Fokus utama dari tips online marketing ini adalah pencarian lokal, yaitu dengan membuat halaman Google Plus dan memberikan tanda lokasi perusahaan di Google Maps. Untuk menampilkan nama bisnis, Anda bisa memanfaatkan website atau forum tertentu agar semakin banyak orang yang melihat bisnis Anda. Nama bisnis yang sering disebut di internet, akan membantu mendorong posisi situs Anda di Google.

6. Manfaatkan Review Site

Perusahaan yang memiliki reputasi baik tentu akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Itulah mengapa Anda harus menghadirkan kesan baik melalui berbagai platform di internet, seperti Facebook, Instagram dan lainnya. Memberi rating tinggi di Google My Business menjadi salah satu cara paling mudah untuk mencapai reputasi yang baik. Anda bisa memanfaatkan fitur serupa di laman Facebook, Yelp atau bekerja sama dengan berbagai macam blog berisi review. Misalnya, produk yang Anda tawarkan adalah produk fashion, maka carilah blog yang berisi review produk fashion untuk bekerja sama.

7. Kerja Sama dengan Influencer

Tips lain yang bisa Anda lakukan sebagai online marketing untuk bisnis adalah menjalin kerja sama dengan influencer. Umumnya, influencer memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak di media sosial, seperti Instagram maupun Youtube. Sesuaikan pemilihan influencer dengan produk yang ditawarkan, seperti influencer berhijab untuk promosi mukena. Kerja sama ini bisa mendatangkan lebih banyak pengikut di media sosial atau toko online bisnis Anda. Dalam menjalankan kerja sama dengan influencer, Anda harus membuat kesepakatan dengan jelas dan rinci, seperti tentang harga, kapan produk akan di post dan berapa lama hingga jenis post yang diinginkan.

8. Gunakan Referral Program

Tips online marketing yang selanjutnya adalah menggunakan referral program agar semakin banyak orang yang ingin membeli produk atau bergabung dengan komunitas. Berikan keuntungan yang jelas tentang referral program agar pelanggan semakin tergiur ingin bergabung dan membagikan link toko online Anda. Promosi yang dilakukan melalui referral program dapat mendatangkan lebih banyak konsumen. Jangan lupa untuk memberikan reward pada konsumen yang berbagi referral program agar semakin banyak manfaat yang bisa didapatkan. Pantau terus program ini agar terus berlangsung dengan lancar dan memberikan manfaat.

9. Gunakan SEM (Search Engine Marketing)

Bukan hanya teknik SEO, Anda juga bisa menggunakan SEM agar hasilnya makin maksimal. Teknik SEO biasanya akan terlihat dalam jangka panjang, berbeda dengan SEM yang bisa dirasakan manfaatnya dalam kurun waktu yang cepat. Sebelum menerapkan teknik SEM dalam pembuatan konten, pastikan Anda memahami pengertian dan tips pembuatan SEM. Dengan begitu, marketing online yang Anda lakukan akan memberikan hasil terbaik dalam menarik konsumen.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Digital Marketing dalam Berbisnis

Bagi Anda yang memiliki bisnis atau usaha, pastikan untuk melakukan marketing secara online dengan tepat. Dengan beberapa tips online marketing di atas, Anda bisa mendapatkan manfaat dalam menjalankan bisnis, seperti makin laris manis. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.