...

Cara Berbisnis di Instagram, Dijamin Efektif dan Praktis!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-berbisnis-di-instagram-dreambox

Bagaimana cara berbisnis di Instagram?

Cara Berbisnis di Instagram wajib diketahui oleh para pebisnis masa kini. Sebab Instagram menjadi salah satu platform dengan banyak pengguna di dunia. Data terakhir di tahun 2023 ada sebanyak 2 miliar pengguna aktif Instagram. Sehingga membuat Instagram menjadi salah satu platform untuk berbisnis di dunia digital

Anda bisa mengembangkan bisnis Anda dan melancarkan strategi digital marketing dengan memaksimalkan penggunaan Instagram bagi bisnis. Di artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai Instagram bisnis!

Manfaat Instagram untuk Bisnis Anda

Instagram saat ini bukan hanya sekadar sosial media untuk berbagai foto dan video saja, namun sudah menjadi bagian penting dari digital marketing. Instagram menjadi salah satu channel dalam melakukan strategi digital marketing. Banyak fitur-fitur di Instagram yang memudahkan para penggunanya dalam melakukan promosi bisnis. 

Untuk membuat Anda lebih yakin dalam memanfaatkan Instagram untuk bisnis Anda, akan kami paparkan apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan penggunaan Instagram bisnis di bawah ini!

1. Memperoleh Insight 

Fitur Instagram insight akan sangat bermanfaat sebagai salah satu cara berbisnis di Instagram. Fitur ini akan menunjukkan data demografi dari followers atau audience akun Instagram Anda. Instagram insight sebagai tool analytics yang dapat Anda nikmati jika memakai Instagram bisnis. 

Setiap Anda melakukan posting, maka Anda bisa melihat data statistic audience yang menikmati konten Anda. Datanya cukup mendetail dan bisa menjadi bahan evaluasi bagi Anda. Sehingga Anda lebih bisa mengenal audience Anda dan menyajikan konten yang sesuai dengan mereka. 

2. Cara yang Mudah untuk Promosi

Tidak hanya memanfaatkan feeds dan story saja, dalam melakukan promosi di Instagram Anda juga bisa membuat video panjang yang interaktif di reels. Sehingga Anda bisa menonjolkan kekuatan audiovisual dan menyajikan promosi yang lebih variatif. 

Tidak hanya melalui teks caption, Anda dapat melakukan promosi maksimal dari segi visual. Apalagi reels dapat menjangkau pengguna di luar followers Anda.

3. Dapat Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Berdasarkan dari data yang dihimpun oleh Statista, sebanyak 89 juta pengguna Instagram aktif tinggal di Indonesia. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Anda untuk menarget lebih banyak audiens agar mengenal bisnis Anda. 

Target sudah tersedia dalam jumlah yang besar, tinggal bagaimana Anda mampu atau tidak untuk menyusun strategi yang dapat meraih audiens tersebut. 

4. Beriklan ke Customer yang Potensial

Selain melakukan aktivitas promosi gratis, dengan Instagram Anda juga dapat boosting akun dan postingan Anda dengan iklan berbayar. Syarat dan ketentuannya termasuk mudah dan tidak ribet saat melakukan pemasangan iklan. 

Dengan memasang iklan, maka Anda bisa menjangkau customer yang memang potensial. Nantinya Anda juga akan mendapatkan insight dari hasil iklan, sehingga Anda bisa melakukan evaluasi dengan mudah. 

5. Riset Kompetitor

Melakukan riset kompetitor bisnis Anda itu penting, jika Anda ingin terus bertahan di tengah gempuran persaingan bisnis. Saat ini telah banyak bisnis yang menjalankan Instagram bisnis.

Sehingga Anda bisa melakukan riset, seperti apa strategi yang diterapkan oleh kompetitor Anda. Dari situ Anda bisa menduplikasi formula kesuksesannya atau Anda jadi dapat melihat peluang yang tidak diambil oleh kompetitor. 

6. Sebagai Katalog Produk

Jika Anda memiliki bermacam-macam produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan ke pelanggan. Cara berbisnis di Instagram adalah dengan memaksimalkan penggunaan fitur katalog produk. 

Sehingga akan lebih mudah bagi calon customer mengenali produk Anda. Taruh detail informasi produk Anda di katalog, maka customer jadi lebih mudah dalam mendapatkan berbagai informasi mengenai bisnis Anda. 

7. Lebih Dekat dengan Pelanggan

Instagram bisa menjadi salah satu platform yang membuat Anda lebih mengenali target audience atau buyer persona Anda. 

Mereka yang mengikuti akun Anda adalah orang-orang yang memang telah memiliki ketertarikan akan bisnis Anda. Sehingga Anda bisa berinteraksi dan memabngun kedekatan dengan mereka. 

Hal ini tentu akan meningkatkan loyalitas pelanggan, serta meningkatkan kepuasannya. Tak jarang banyak pelanggan yang memanfaatkan Instagram sebagai fitur untuk bertanya pada brand atau bisnis. Pastikan Anda memberikan respon yang tanggap.

3 Cara Berbisnis di Instagram yang Bisa Anda Lakukan!

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa memulai bisnis dengan Instagram:

1. Optimasi Profil Instagram Bisnis

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis dengan akun Instagram adalah dengan mengoptimasi akun Anda. Pastikan bahwa Anda suah mengubah akun Anda menjadi akun Instagram bisnis

Setelah itu, Anda bisa melakukan penyesuaian atau setting agar profil Instagram bisnis Anda jadi lebih menarik. Anda melakukan update bio dan foto profil, melengkapi kontak, dan link bisnis Anda di profile Instagram.

2. Menciptakan Konten yang Relevan

Cara berbisnis di Instagram yang kedua adalah dengan membuat konten yang relevan dengan audiens Anda. Buatlah konten-konten yang akan menarik perhatian audiens dan berhasil menciptakan engagement. Dukung dengan penggunaan caption yang powerful dan berisi Call To Action

Untuk memudahkan Anda dalam posting konten sebaiknya membuat konsep content guidelines bulanan, sehingga lebih rapi dan terstruktur. Anda juga bisa memaksimalkan fitur link atau swipe up ketika membuat Instagram story. Jangan lupa juga untuk memaksimalkan fitur highlight

3. Maksimalkan Instagram Marketing

Cara selanjutnya, Anda bisa memaksimalkan penggunaan Instagram bisnis dengan menjalankan Instagram Ads, Story Ads dan bekerja sama dengan Instagram influence. Strategi ini akan membantu pertumbuhan akun Instagram bisnis Anda dengan lebih cepat dan efektif. 

Tentu saja akan mengeluarkan budget berlebih, namun jika Anda sudah menyusun strategi yang matang maka hasilnya juga akan maksimal.

Perbedaan Akun Instagram Bisnis dan Personal

Setelah mengetahui cara berbisnis di Instagram, tentu Anda bertanya-tanya apa perbedaan antara akun bisnis dengan akun biasanya? Berikut ini adalah fitur-fitur yang membedakan antara Instagram bisnis dengan akun Instagram personal.

1. Profil Akun

Pada akun Instagram personal, Anda hanya bisa menambahkan email dan bio. Sementara untuk Instagram bisnis, Anda bisa menampilkan kategori bisnis dan membubuhkan alamat perusahaan.

2. Tombol Kontak

Untuk akun Instagram personal, orang lain hanya bisa mengirimkan direct message kepada Anda. Namun dengan akun bisnis, maka Anda bisa menampilkan nomor telepon dan juga email Anda.

3. Fitur Insight

Pada akun bisnis, Anda bisa memperoleh data insight akun Anda yang memuat account reach, engaged serta total followers. Hal itu tidak akan bisa Anda peroleh hanya dengan akun Instagram biasa. 

Sehingga dengan akun bisnis, akan lebih mudah bagi Anda Memantau pertumbuhan akun bisnis Anda.

4. Fitur Ad Tools

Anda bisa melakukan boosting postingan Anda agar menjangkau lebih banyak dengan fitur Ad bagi Instagram bisnis. Tentu saja tidak akan Anda jumpai di akun personal.

5. Instagram Shop

Anda bisa memaksimalkan penggunaan Instagram shop dengan update katalog yang memudahkan pelanggan melihat produk yang Anda tawarkan. Fitur ini tidak ada di Instagram personal.

Setelah mengetahui cara berbisnis di Instagram, Anda mungkin semakin mantap untuk memulai mendorong pertumbuhan bisnis Anda dengan platform ini. Mulailah dengan menyusun strategi digital marketing bersama Dreambox! 

Kami telah membuat strategi terbaik yang sukses diterapkan 100+ perusahaan. Kami dapat bekerja sama melejitkan bisnis Anda dengan layanan digital marketing seperti social media management, social media ads management, influencer management, & media engagement. Dapatkan detail informasinya dengan klik di sini atau konsultasikan masalah Anda disini

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms