6 Cara Mengadakan Giveaway Paling Efektif yang Dapat Anda Lakukan

Digital Marketing

Cara mengadakan give away terbaik adalah menentukan tujuannya.

Cara mengadakan give away untuk seluruh penonton yang sudah memberikan apresiasi memang penting untuk dipelajari. Bukan hanya untuk para creator saja, Anda yang mempunyai bisnis juga bisa menggunakannya. Sebagai salah satu metode terbaik dalam memperkenalkan produk. Hanya saja, dalam menyelenggarakannya jangan sembarangan, agar penonton banyak yang ikut, sehingga  pembagian hadiah ini begitu menyenangkan, karena dampaknya begitu besar. Terutama, untuk meningkatkan jumlah follower atau subscription. Walaupun pendapat tersebut masih pro dan kontra hanya saja, teknik ini cukup sukses andai saja, dilakukan dengan benar, tepat, serta cara berbeda. Bagaimana saja prosesnya? Berikut ini penjelasan singkat mengenai langkah yang harus Anda lakukan agar pemberian hadiah tersebut bukan hanya memunculkan pemenang saja. Melainkan, bisa membekas di hati dan berdampak positif.

Baca Juga: Bagaimana Proses Branding Melalui Design Kemasan?

Cara Mengadakan Give Away dengan Menentukan Tujuan

Langkah pertama adalah menentukan tujuannya terlebih dulu seperti apa. Apakah ingin menambah follower, meningkatkan produk penjualan atau hanya untuk engagement saja. Semua punya target pilihan serta rencana ke depan. Artinya dari tujuan ini akan menentukan bagaimana teknik pemasaran melalui media sosial seperti ini nantinya berjalan. Contohnya, ada perusahaan yang ingin meningkatkan branding saja, sehingga mereka mendapatkan kepercayaan konsumen.

Kalau pelanggan sudah percaya apalagi banyak testimoni positif mengalir, rasanya hanya menunggu waktu saja untuk menikmati berbagai keuntungannya. Dalam bisnis, kepercayaan mahal harganya, dalam membangun juga sangat sulit. Tidak heran bila teknik give away tersebut menjadi jalan mudah bagi mereka mendulang sukses di kemudian hari. Berawal dari tujuan inilah Anda bisa masuk ke tahapan selanjutnya, dimana pengaruhnya cukup besar. Perlu diketahui, keberhasilan menerapkan metode pemberian hadiah ini akan berdampak besar terhadap penjualan ke depannya. Maka, perhatikan benar dalam menyusun strateginya, unik boleh asal pengkiutnya ramai bahkan viral.

Cara Mengadakan Give Away dengan Menyiapkan Hadiah

Harus diakui dalam pemberian hadiah ini memang tidak boleh sembarangan. Karena, menentukan apakah teknik ini cukup diminati atau antusiasme-nya biasa saja, Tetapi, jangan asal pula dalam menentukannya. Misalnya saja, uang tunai Rp100 ribu dan lainnya. Sebenarnya cukup menarik, tetapi kurang tepat, setelah mendapatkan uang kemungkinan membeli produk Anda sangat kecil. Bahkan tidak sama sekali. Pada dasarnya konsumen akan mengikuti berbagai aturan sekirannya menguntungkan. Hanya saja, mereka sudah punya produk sendiri. Goal seperti ini salah dan harus segera diubah, dengan memberikan uang berupa voucher. Jadi, mereka dapat berbelanja berbagai kebutuhan. 

Walaupun bukan fokus ke produknya, Namun secara tidak langsung penerapan sistem offline marketing yaitu dari mulut ke mulut sudah berjalan. Kondisinya akan jadi berbeda bila perusahaan Anda itu bergerak dalam bidang jasa. Mungkin, pemberian uang itu masih diperbolehkan, tetapi bisa dikreasikan sehingga, para pemenang bisa merasakan bagaimana kualitasnya. Langkah tersebut merupakan bagian dari soft selling. Perusahaan tidak secara paksa menawarkan barang dagangannya seperti seorang sales. Melainkan, memberikan penawaran biar konsumen sebagai penentunya.

Cara Mengadakan Give Away Tentukan SnK.

Syarat dan ketentuan menjadi poin penting selanjutnya yang harus diperhatikan. Setidaknya untuk like, komen, share, serta follow merupakan poin penting. Walaupun tujuannya bukan engagement, namun memasukkan unsurnya juga tidak masalah. Usahakan semuanya itu sesuai dengan tujuannya. Bila memang ingin memperkenalkan produk, maka salah satu syaratnya adalah membelinya terlebih dulu. Selanjutnya, mereka bisa menuliskan pengalamannya menggunakan lalu, tag teman. Cara mengadakan give away dengan menentukan syarat dan ketentuan seperti ini akan berdampak positif terhadap performa akun tersebut. Perlu diketahui, algoritma instagram atau medsos lain akan bekerja, ikut melakukan promo.

Pada dasarnya mereka melihat bagaimana kebiasaan Anda di medsos. Semakin banyak dibicarakan maka, kemungkinan produk itu masuk ke beranda pengguna lain cukup tinggi. Oleh karena itu, inilah pentingnya SnK. Bila perlu secara spesifik, misalnya usia 20 sampai 30 tahun, atau hanya untuk perempuan saja. Selanjutnya, petunjuk teknisnya, mereka harus melakukan apa agar bisa mendapatkan hadiah tersebut. Pengaruhnya terhadap penjualan cukup besar, apalagi diiringi hadiah istimewa misalnya uang Rp1 juta. Pasti mereka akan belomba-lomba untuk mendapatkannya. Maka, cobalah memikirkannya secara matang, agar metode ini berjalan lancar.

Cara Mengadakan Give Away dengan Menyiapkan Hastag

Jangan lupa untuk menggunakan hastag khusus, misalnya saja #guemau, atau sesuai kreasi Anda. Perlu diketahui langkah tersebut membuat konten menjadi satu, sehingga pengunjung lebih mudah dalam menemukannya. Jika, hadiahnya apa yang mereka inginkan. Bukan tidak mungkin dikejar hingga dapat, bila memang salah satunya like. Pasti audiens meminta bantuan teman dan lain sebagainya. Penggunaan hastag ini akan memudahkan. Tinggal sebutkan namanya kemudian like serta komen. Perlu diketahui menurut penelitian yang dilakukan oleh Simply measured, langkah seperti ini ternyata mampu meningkatkan engagement sekitar 13%. Lebih disarankan menggunakan berbagai hal unik atau masih berhubungan dengan produk. Semakin sering orang menyebut namanya, maka secara pikiran mereka akan ingat terus dan kemungkinan membeli tinggi.

Cara Mengadakan Give Away dengan Kerja Sama

Langkah berikutnya bisa mengadakannya bersama dengan produk lain. Hal ini sekarang kerap dilakukan untuk meningkatkan jumlah peserta. Bisa juga Anda menggandeng selebgram ternama sehingga animonya semakin besar. Tetapi, usahakan produk Anda bersama partner sejalan. Misalnya, menu makanan berminyak yang menyebabkan munculnya masalah di wajah, bekerja sama dengan obat-obatan untuk menurunkan kadar minyak tersebut, sehingga, makan enak jadi tidak perlu takut lagi. Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena saling melengkapi. Karena, ini produk berdua usahakan pada syarat dan ketentuan juga harus menyebut nama keduanya.

Baca Juga: Ketahui Arti dan Cara Menentukan Warna Logo untuk Bisnis Anda

Cara Mengadakan Give Away dengan Mempromosikannya

Cara terakhir adalah melakukan promosi. Jadi, Anda harus wajib mengunggahnya di IG Story bahwa ada give away, lalu arahkan ke postingan yang menyebutkan syarat dan ketentuan berlaku seperti apa. Semakin sering melakukannya, maka penonton bisa tahu dan mintalah pengunjung Anda untuk ikut melakukan promosi tersebut. Dengan begini pengikutnya akan banyak. Perlu diingat, audiens adalah penentunya. Jika, yang ikut sedikit, target dari tujuan awal hanya 20% bisa dikatakan teknik tersebut adalah sebuah kegagalan. Program ini bisa dikatakan berhasil juga menembus angka 70% dari taget. Apakah ketika gagal tersebut perusahaan akan rugi? Sebenarnya tidak, karena pencapaian 20% sudah baik hanya saja, dapat menjadi tolak ukur sistem marketing Anda ke depan maksimal hanya tumbuh sekian saja.

Apakah itu benar? Coba saja buktikan sendiri, pada dasarnya sistem pemasaran itu saling terkoneksi satu sama lain. Oleh karena itu, cara mengadakan give away harus benar dan tepat pada sasaran.   Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.