Chatbot Whatsapp Dapat Memberi Berbagai Manfaat Bagi Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Manfaatkan chatbot WhatsApp dalam melangsungkan bisnis Anda.

Memiliki bisnis, tapi belum ada dana untuk bayar karyawan, Anda bisa memanfaatkan chatbot WhatsApp untuk membalas setiap pesan dari klien. Saat ini penggunaan WA bukan hanya untuk berkirim pesan sederhana, namun juga berguna sebagai sarana berbisnis. Opsi menggunakan bot sebenarnya bisa diganti dengan merekrut karyawan khusus admin WA. Namun, hal tersebut baru bisa dilakukan setelah usaha berjalan lancar, kemudian dana untuk membayar pekerja tidak mengganggu berbagai slot pengeluaran pokok lainnya.

Baca Juga: 5 Contoh Digital Marketing yang Sukses dan Dapat Anda Tiru

Fasilitas seperti ini wajib diketahui oleh para pebisnis, terutama bagi seorang pemula agar terhindar dari kesan lambat merespons. Dunia marketing sekarang ini sudah semakin canggih, bukan hanya dapat didukung oleh kinerja kerja manusia, namun juga oleh robot. Fasilitasnya sudah ada, sekarang tinggal seperti apa para pebisnis kecil memanfaatkannya dengan mengembangkan diri. Membuka wawasan terhadap dunia yang kian mengalami perkembangan pesat, terutama di bidang teknologi adalah kunci keberhasilan para pebisnis.

Alasan Penting Membuat Bot Pesan WhatsApp

Dengan memanfaatkan fasilitas chatbot WhatsApp, Anda tidak perlu repot membalas pesan calon konsumen satu per satu. Jika ada yang masih meragukan seberapa pentingnya peranan bot pesan ini, coba simak berbagai alasan berikut perihal pentingnya memiliki WA:

1. Hemat Waktu Pelanggan

Keuntungan yang dirasakan bukan hanya oleh pebisnis, namun juga oleh para pelanggan ketika menghadapi sebuah permasalahan. Rata-rata waktu respons bot jauh lebih cepat sehingga berbagai pertanyaan dari pelanggan akan lebih cepat terjawab, jadi lebih hemat waktu.

2. Siap Sedia 24 Jam

Berbagai perusahaan bisa merekrut orang untuk bergantian shift sebagai customer service selama 24 jam. Namun, jika skala bisnis Anda masih merintis, coba gunakan bot agar siap sedia selama 24 jam untuk merespons setiap pesan dan pertanyaan dari para pelanggan.

3. Lebih Vokal dan Interaktif

Pengalaman para pelanggan bisa lebih banyak karena peranan chatbot WhatsApp biasanya lebih interaktif dan vokal dalam menawarkan layanan serta promo. Klien jadi lebih banyak memiliki pilihan untuk menikmati setiap produk maupun layanan yang dimiliki sebuah bisnis.

4. Menghemat Anggaran Bisnis

Alasan lain kenapa sebaiknya memanfaatkan bot adalah bisa menghemat anggaran membayar karyawan. Nantinya, dana tersebut bisa dialokasikan untuk membiayai keperluan produksi lainnya, seperti penambahan bahan produksi maupun inovasi dalam berbisnis. Banyak lagi alasan kenapa bisnis sekarang ini akan sangat terbantu dengan adanya peranan bot. Sekarang sudah bukan saatnya menutup diri terhadap perkembangan teknologi di bidang digital karena segala sesuatu sudah didukung oleh internet, terutama dalam hal berbisnis.

Cara Kerja Chatbot untuk Menunjang Bisnis

Masih ragu apakah akan menggunakan bot atau tidak? mungkin Anda butuh dijelaskan bagaimana cara kerja chatbot WhatsApp dalam menunjang bisnis. Supaya lebih jelas, coba simak penjelasan poin per poin berikut:

1. Pattern Matching

Pernahkah Anda menghubungi suatu nomor WA untuk bertanya perihal produk maupun jasa, lalu jawabannya cepat sekali? bisa jadi, bisnis tersebut menggunakan Pattern Matching atau penyesuaian pola pertanyaan dengan jawaban. Contoh sederhananya, Anda bertanya dengan diawali, “Apakah produk A tersedia?” maka bot akan memberikan pola jawaban, “Halo, A tersedia, ya…” namun, ketika ada pertanyaan di luar pola, maka bot tidak akan bisa memberikan jawaban secara akurat.

2. Decision Tree Based

Sistem seperti ini bisa dirasakan pada aplikasi ojek online ternama tanah air. Ketika berkirim pesan kepada driver, Anda akan langsung disuguhkan template pertanyaan maupun jawaban, dimana semuanya sesuai dengan apa yang akan diketikkan. Sistem chatbot WhatsApp seperti ini sebenarnya termasuk simple dan lebih efisien jika topik pembicaraannya itu-itu saja. Namun, apabila ada pertanyaan di luar template, maka pelanggan harus menunggu balasan sedikit lebih lama.

3. Kontekstual

Ketiga, pembicaraan sesuai konteks seakan Anda tidak sedang berbicara dengan robot. Namun, teknologi seperti ini benar-benar bisa dirasakan sebab untuk proses pembuatannya sendiri melalui proses lebih rumit dibandingkan dua metode sebelumnya. Meskipun lebih rumit, namun hasilnya akan lebih disukai para pelanggan sebab tidak ada batasan konteks dan topik. Tapi, biasanya jika proses pembuatan lebih rumit maka biaya yang harus dikeluarkan juga lebih banyak.

Pertimbangan Sebelum Mengatur Bot Pesan WA

Tertarik untuk menggunakan chatbot WhatsApp guna menopang bisnis kecil Anda? keputusan tersebut adalah pilihan tepat, namun pastikan Anda juga berbijaksana dalam memasukkan berbagai pertimbangan berikut ini:

  1. Tujuan orang berbisnis berbeda, salah satunya tergantung dari apa jenis bisnis yang dijalankan. Menentukan tujuan sedari awal akan membantu Anda dalam menentukan konsep bot.
  2. Lakukan testing sebelum bot digunakan oleh banyak orang, jangan sampai terjadi kendala bot memberikan respons tidak tepat untuk pertanyaan klien.
  3. Pertanyaan pelanggan pastinya beragam, termasuk menanyakan hal di luar sistem. Untuk hal ini, Anda harus peka dan langsung mengalihkan sistem bantuan robot menjadi bantuan dari manusia langsung.
  4. Jika chatbot WhatsApp sudah dijalankan, selanjutnya tidak hanya untuk didiamkan, namun evaluasi setiap saat guna memastikan kinerja robot berjalan mulus.

Sudah banyak tersedia chatbot builders terbaik yang memberikan Anda pilihan hendak memilih jenis seperti apa. Berbagai pertimbangan di atas membantu sekali dalam menghindari ketidaksesuaian antara pesan di dalam robot dengan isi pertanyaan klien.

Begini Langkah Pembuatan Bot Pesan WA

Untuk kepentingan marketing bisnis, Anda wajib tahu beberapa cara pembuatan robot chatting WhatsApp berikut:

  1. Anda harus memilih WhatsApp BSP atau WA Business Solution Provider terbaik di Indonesia. Ada banyak pilihan, salah satunya Qontak.com.
  2. Siapkan beberapa dokumen dan data bisnis, meliputi: nama bisnisnya, websitenya, URL, email resmi, SIUP/NPWP/NRB usaha, industri, daerah operasional, serta akun FB Business Manager untuk proses pembuatan chatbot WhatsApp.
  3. Aktifkan nomor yang nantinya akan digunakan kemudian lengkapi profil bisnis secara seksama.
  4. Login untuk mengatur beberapa aspek, seperti jam kerja, template pesan, pengiriman pesan, dsb.
  5. Langkah terakhir, coba testing dengan mengirimkan pesan selayaknya Anda di posisi pelanggan. Jika sudah memuaskan maka bisa segera di rilis untuk digunakan para pelanggan bisnis.

Dalam dunia marketing, ternyata WhatsApp bukan hanya memiliki fitur chatbot demi mendukung usaha. Ada juga sistem autoresponder, personalisasi pesan, pengiriman terjadwal, pengiriman pesan ke banyak orang, fitur pantau pesan terkirim, dsb.

Baca Juga: Bagaimana Proses Branding Melalui Design Kemasan?

Semuanya itu merupakan sebuah alternatif dari WhatsApp untuk membantu bisnis, terutama pemula. Melalui layanan chatbot WhatsApp sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi pesan pelanggan tidak terbalas dengan alasan tidak memiliki pekerja di bidang admin WA. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms