Content Writer yang Bagus Pasti Punya 5 Hal ini, Yuk Ketahui

Digital Marketing

Content writer sekarang ini menjadi hal yang umum digunakan.

Tentu saja tidak ada perusahaan yang tidak ingin melakukan update blog situs website secara berkala. Update tersebut tentu harus berisi berbagai macam konten berkualitas dan relevan, sehingga bisa dikunjungi oleh banyak pembaca kemudian dibagikan hingga ratusan kali. Saat Google mengungkapkan jika faktor utama dari peringkat situs website ialah kualitas konten, dapat dipastikan jika dengan berkualitasnya konten, rangking yang dimiliki menjadi semakin baik juga. Semakin baik rangking, berimbas pada trafik yang semakin naik. Tetapi, tentu saja konten berkualitas tidak bisa dihasilkan tanpa penulis konten yang berkualitas. Inilah alasan mengapa content writer yang Anda pilih harus lolos berbagai kriteria.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Facebook Ads untuk Jualan di Facebook

Hal-hal yang Harus Dimiliki Content Writer yang Bagus

Penulis konten secara umum adalah penulis profesional yang menulis artikel untuk publikasi internet. Agar dapat menjaga kualitas konten yang di upload ke dalam blog bisnis, berikut hal yang harus dimiliki penulis konten, antara lain:

1. Memiliki basic skills pada bidang penulisan

Memang, semua orang dapat menulis. Sayangnya, tidak semua orang bisa menulis dengan baik. Penulis konten yang bagus memiliki skill di bidang penulisan. Basic skill ini seperti teknik penulisan. Teknik penulisan harus menggunakan kalimat yang komprehensif dan tidak salah ketik. Banyak perusahaan yang mengabaikan hal ini padahal bahasa menjadi kendaraan utama bagi branding perusahaan. Penulis konten juga harus memahami struktur artikel. Minimal, penulis harus mengetahui struktur pembuka, isi kemudian penutup. Struktur seperti 5W+1H juga harus dimengerti. Untuk mengetahui basic skill mereka, Anda bisa meminta contoh artikel.

2. Memiliki kemampuan melakukan riset

Setiap content writer tentu tidak semua menguasai bidang yang sedang ditulis, inilah pentingnya melakukan riset. Riset juga menjadi kemampuan yang harus dimiliki penulis konten. Riset bukan hanya browsing kemudian kopas, karena duplikasi konten yang diambil di situs website lain masuk dalam kategori plagiasi dan Google bisa memberikan penalti untuk masalah ini.

3. Memiliki pengalaman

Apapun profesi yang digeluti, pengalaman tetap menjadi hal yang dibutuhkan. Pengalaman bukan hanya karena ia sudah menulis selama bertahun-tahun namun ia mempunyai kredibilitas di bidang kepenulisan sesuai kebutuhan Anda.

4. Mengenal SEO

Nantinya, artikel yang ditulis akan terbit di internet, sehingga penulis harus mengetahui kaidah SEO. Sebenarnya tidak perlu mencari penulis yang sudah expert di bidang SEO, namun setidaknya selalu update dengan algoritma SEO terbaru. Anda dapat melakukan wawancara kecil sebelum kerjasama berlangsung. Apakah penulis tersebut sudah mengenal kaidah SEO terbaru, atau memintanya untuk menjelaskan kaidah SEO terbaru.

5. Background yang dimiliki penulis

Sebagai seorang pengusaha, pasti Anda pernah bingung memilih orang yang ahli di bidang marketing namun tidak bisa menulis, atau lebih memilih bekerjasama dengan penulis profesional. Jika tulisan Anda memiliki sifat umum, banyak penulis yang mampu menghasilkan konten yang berkualitas meskipun tidak mempunyai latar belakang akademis sesuai. Sebagai jawabannya, Anda bisa memperkerjakan penulis yang mempunyai latar belakang di bidang bisnis yang Anda bangun. Contohnya, merekrut penulis yang ahli di bidang kecantikan, karena Anda memiliki bisnis di bidang kecantikan. Pilihan lainnya, Anda bekerjasama dengan penulis profesional yang tidak mempunyai latar belakang bidang bisnis Anda namun memiliki kemampuan riset.

Baca Juga: Ingin Memasarkan Produk? Pelajari 5 Layanan Dreambox, Jasa Digital Marketing Jakarta

Menggunakan penulis konten menjadi pilihan yang terbaik. Apalagi penulis konten sudah berpengalaman membuat berbagai macam tulisan dan bisa disesuaikan dengan permintaan Anda. Namun, jangan sampai salah memilih content writer. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.