...

7 Jenis Digital Marketing Campaign untuk Meningkatkan Jumlah Transaksi

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Sudahkah Anda Menggunakan digital marketing campaign?

Digital marketing campaign adalah salah satu cara meningkatkan bisnis. Menggunakan platform digital sebagai sarana promosi dan pengenalan produk kepada khalayak ramai yang terhubung dengan media internet, sehingga jangkauannya lebih luas. Pengguna internet terus bertumbuh dan meningkat tajam setiap tahun. Ini merupakan pasar potensial bagi produk maupun jasa. Anda dapat menjual barang tanpa bertemu langsung dengan pembeli bahkan saat melakukan transaksi. Platform digital memfasilitasi kebutuhan pebisnis online untuk mendapatkan penjualan secara signifikan. Anda dapat memanfaatkan cara berjualan dengan digital marketing campaign dalam rangka memenuhi target bisnis. Semuanya dapat dilakukan secara daring. Trend seperti ini menguntungkan pebisnis sebab dalam waktu singkat Anda bisa untung maksimal. Tidak menunggu berhari-hari dengan menerapkan metode pemasaran konvensional. Efisien waktu, tenaga, serta biaya. Karena cukup duduk manis.

Baca Juga: 10 Strategi Pemasaran Online untuk Tingkatkan omzet Bisnis

Mengenal Digital Marketing Campaign Lebih Jauh

Dalam bisnis konvensional Anda tentu tidak asing dengan baliho atau poster penawaran promo untuk event tertentu. Contoh voucher menginap murah di hotel berbintang pada event Natal dan tahun Baru, dll. Digital marketing campaign adalah kampanye pasaran, bisa diartikan sebagai usaha untuk menyebarluaskan informasi terkait produk. Tujuannya sama seperti strategi pemasaran pada umumnya yaitu mendapatkan pelanggan, sehingga bisa mendapatkan income lagi. Serupa dengan bisnis online, pada event tertentu sering terdapat penawaran dengan berbagai benefit. Contoh diskon 50% khusus week end, atau saat lebaran. Kadang kampanye tidak dipublikasi namun benefit tetap diberikan, sehingga hal tersebut membuat seseorang yang melihatnya langsung tertarik begitu saja. Karena informasi yang disampaikan padat, singkat, dan jelas, namun berhasil menarik perhatian semua orang. Tentu saja itu karena kontennya. Jadi siapa saja yang melihatnya pasti langsung tertarik dengan isi informasinya tersebut. Maka dari itu, tidak heran bila banyak orang kemudian memanfaatkan media pemasaran tersebut untuk menarik pelanggan lebih banyak.

3 Manfaat dari Marketing Campaign

Digital marketing campaign sangat penting manfaatnya dalam membangun bisnis. Turut andil dalam meningkatkan jumlah transaksi dari waktu ke waktu. Berikut yang bisa Anda dapat dari penerapannya untuk meningkatkan bisnis, yaitu:

1. Meningkatkan popularitas brand

Campaign dalam pemasaran efektif meningkatkan brand awareness. Orang yang tidak mengenal produk maupun jasa pebisnis dapat informasi dengan jelas. Hal ini merupakan tujuan utama dari pengenalan produk. Selanjutnya, pengguna internet selaku audiens akan mulai penasaran dan tertarik mencoba membeli brand yang Anda tawarkan. Bisa jadi info yang didapat saat ini bisa dijadikan sebagai referensi di kemudian hari.

2. Campaign menarik

Jika pemasaran hanya seputar penawaran produk maupun jasa itu hasilnya kurang menarik. Orang akan malas mengunjungi bahkan membaca isi konten. Namun jika dibuat dengan campaign menarik lebih mudah menarik perhatian. Anda akan mendapatkan lebih banyak audiens atau sering juga disebut dengan leads. Leads ini nantinya dapat dikonversi menjadi konsumen. Secara berkelanjutan konsumen akan menjadi pelanggan tetap, sehingga bisa menghasilkan uang.

3. Meningkatkan penjualan

Digital marketing campaign efektif meningkatkan angka penjualan. Dunia bisnis apapun tipenya memerlukan proses berkesinambungan. Perubahan harus terus dilakukan menuju ke arah lebih baik terutama dalam kaitannya dengan promosi. Pebisnis yang baik selalu terbuka dengan informasi terkini. Bisa jadi menggunakan lebih dari 1 metode dalam promosi. Menjangkau lebih banyak pengunjung yang kemudian menjadi pembeli dan melakukan transaksi berbagai jenis.

Perencanaan Kampanye Digital yang Benar

Kampanye digital untuk bisnis memerlukan perencanaan yang baik. Diawali dengan perencanaan mulai dari penentuan tujuan kampanye. Siapa target pasarnya, produk apa yang akan dijual apabila lebih dari satu. Semuanya jelas. Perencanaan selanjutnya adalah membuat langkah pengenalan produk, meningkatkan popularitas, evaluasi melalui feedback dari konsumen, perencanaan event promosi tahap selanjutnya, sehingga prosesnya terjadi secara berkesinambungan dan terarah. Itulah kenapa hasilnya sempurna.

Dilanjutkan dengan penyesuaian waktu pelaksanaan kampanye. Apakah setiap hari setiap waktu atau hanya pada waktu tertentu. Sebab berkaitan dengan pengeluaran dana apabila Anda menggunakan iklan berbayar. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan. Mempengaruhi konsumen untuk membeli. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan cara-cara soft selling. Calon konsumen lebih tertarik dan menghargai bahasa halus dalam penawaran dibanding ajakan langsung atau melakukan hard selling. Buat grafik pencapaian kampanye yang telah dilakukan. Berapa waktu yang dibutuhkan, alokasi dana keluar dan hasil pencapaian. Apakah efektif atau diperlukan perbaikan. Untuk memperbaiki Anda dapat mempersempit penggunaan teknik kampanye.

7 Jenis Digital Marketing Campaign

Ada berbagai jenis kampanye digital yang bisa dipelajari. Anda mungkin secara tidak sadar menjadi salah satu penggunanya. Berikut penjelasannya beberapa jenis kampanye digital yang perlu dipahami oleh pebisnis, antara lain:

  1. SEO. Search engine optimization merupakan jenis yang penting dalam kampanye digital. Mengikuti trend di kalangan generasi muda dengan menyajikan info paling update. Konten Anda harus berada di daftar paling atas.
  2. SEM. Search engine marketing, lebih spesifik dan berbayar. Namun hasilnya maksimal dalam meningkatkan jumlah transaksi jual beli. Bukan hanya visibilitas tinggi, namun audiens akan tertarik membeli produk Anda dengan mudah.
  3. SMM, Sosial media marketing. Cukup mudah dipahami konsep kampanye menggunakan sosial media. Kebanyakan penggunanya adalah anak muda sehingga Anda dapat menggunakan bahasa semi-formal ketika memakai cara ini untuk melakukan promosi.
  4. PPC. Pay-per-click, setiap satu klik iklan maka Anda harus membayar. Semakin banyak klik, Anda harus membayar lebih besar sebagai jasa iklan. Namun hasilnya optimal sebab lebih banyak audiens yang didapat.
  5. Content Marketing. Layaknya Anda membuat narasi untuk sosial media, cara kerjanya sama. Hanya saja dalam content marketing lebih persuasive karena tujuannya untuk bisnis. Anda dapat menggunakan seperti FB dan IG.
  6. Kampanye bisa juga melalui email. Membuka kesempatan interaksi dua arah dengan calon konsumen. Anda dapat menyisipkan link katalog online dalam isi email sehingga bisa dibuka dan dimanfaatkan sebagai rekomendasi produk.
  7. Influencer. Untuk kampanye satu ini Anda memerlukan budget lebih besar, namun sebanding potensi keuntungan yang akan didapat. Menggunakan jasa influencer lebih cepat menghasilkan transaksi jual beli karena ajakan tokoh idola.

Baca Juga: Tips Jitu Membuat Website Branding untuk Bisnis Anda

Anda dapat menggunakan lebih dari satu jenis kampanye untuk mengenalkan produk dan mengajak audiens untuk membeli. Efektifitasnya tergantung seberapa konsisten Anda dalam membangun dan mengelola sistem jaringan digital marketing campaign.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms