5 Digital Marketing Skill yang Dapat Anda Terapkan Dalam Berbisnis

Digital Marketing

Digital marketing skill dapat meningkatkan income bisnis.

Dunia bisnis saat ini membutuhkan digital marketing skill guna mengikuti perkembangan zaman pengaruh teknologi digital yang semakin merajalela. Sekarang ini media sosial dan platform kirim pesan bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi, namun untuk berjualan. WhatsApp merupakan salah satu alternatif berkirim pesan yang cukup efektif karena tampilannya sederhana dan hampir dimiliki setiap orang. Jadi, jika Anda memilih WhatsApp untuk dijadikan bot marketing, maka hal tersebut termasuk keputusan tepat menunjang bisnis.

Baca Juga:Ketahui Manfaat Segmentasi Pasar Sebelum Melakukan Branding

Ada banyak keuntungan yang nantinya dirasakan kedua belah pihak, dari pebisnis maupun pelanggan. Untuk pebisnis, tidak perlu repot setting platform baru lagi, cukup dengan WhatsApp yang biasanya juga digunakan sehari-hari untuk berkomunikasi online. Sementara itu untuk pelanggan, pastinya tidak perlu repot menginstal aplikasi lain untuk bisa berkomunikasi dengan penjual. Keduanya bisa saling diuntungkan lagi jika ada template pertanyaan awal pesan setelah link pesan otomatis di klik oleh para pelanggan.

Fungsi dan Manfaat Bot WA dalam Digital Marketing

Penggunaan bot merupakan salah satu bagian dari digital marketing skill karena tanpa mengetahui ilmunya, maka implementasi bot tidak bisa dilakukan. Kami merangkum beberapa manfaat sekaligus fungsi yang bisa didapatkan dari penggunaan bot:

  1. Jika bot WA digunakan untuk mengirimkan kampanye dengan pesan menarik, maka potensi peluang menambah pelanggan jauh lebih besar. Sebab biasanya bot tidak akan memiliki sifat sakit hati atau tidak konsisten melakukan promosi.
  2. Kampanye pemasaran bisa dikirim sesuai waktu terjadwal, tidak terlambat dari jadwal. Menariknya menggunakan WhatsApp, Anda tidak dibatasi karakter dalam membuat template pesan.
  3. Sistem auto chat atau pesan otomatis membantu pebisnis merespons secara gesit setiap pertanyaan pelanggan.
  4. Ketika respons semakin cepat, promosi semakin giat, dan prospek bisnis semakin menjanjikan maka dengan sendirinya jumlah pelanggan akan bertambah dan bisnis kian berkembang.

Dunia bisnis saat ini membutuhkan digital marketing skill sebab dalam berbagai aspek, pemasaran tidak hanya bisa dilakukan secara offline. PR sebuah bisnis ketika menggunakan teknologi dalam usaha adalah mengatur alur komunikasi secara responsif.

Berbagai Kemampuan yang Harus Ditingkatkan

Jika Anda salah satu orang dengan kemampuan pemasaran digital, mengikuti tuntutan zaman, ada beberapa aspek yang wajib dipertahankan serta ditingkatkan, diantaranya:

1. Skill Analisa Pasar

Skill analisa seorang marketer harus diasah sedemikian tajam untuk memastikan apa yang dibutuhkan pelanggan. Terutama, pelanggan terhadap produk yang dijual, analisa menentukan seberapa tinggi minat dan keinginan para pelanggan untuk membeli.

2. Aktif Menggunakan Media Sosial

Berperan aktif menggunakan media sosial untuk memantau pasar dan senantiasa update mengikuti perkembangan dunia media sosial. Contoh, dari salah satu platform saja kerap ada fitur baru dimana setiap update tersebut bisa membantu meningkatkan digital marketing skill Anda.

3. Kemampuan Visualisasi Data

Setelah data dianalisis, kemampuan lain yang harus dimiliki seorang digital marketer adalah memvisualisasikan data tersebut menjadi nyata. Proses ini penting untuk memastikan proses pemasaran digital dan segala bentuk promosinya lebih tepat sasaran.

4. Mengembangkan Kemampuan Teknis

Asah diri untuk memiliki kemampuan teknik, seperti menjadi kreator konten, mengedit video sederhana, mendesain poster digital dengan aplikasi simple, dan sebagainya. Saat ini kemampuan tekstual saja masih belum memadai untuk seorang digital marketer.

5. Bekerjasama dalam Tim

Hal terakhir yang wajib dimiliki sebagai digital marketing skill untuk berbaur dan bekerja sama dalam tim. Bukan hanya berbaur dalam segi pergaulan, namun kinerja dalam menuntaskan pekerjaan harus menjadi prioritas utama.

Kerap terjadi kendala dalam kerja tim, dimana satu pihak tidak bisa diandalkan sampai merugikan pihak lain. Permasalahannya adalah ketika satu pihak molor maka pengaruhnya bisa berdampak negatif terhadap keseluruhan kinerja tim dalam urusan bisnis.

Berbagai Jenis Digital Marketing

Kenapa kemampuan para spesialis pemasaran online harus ditingkatkan? karena nantinya mereka berhubungan dengan jenis-jenis digital marketing berikut ini:

1. Website

Pembuatan website bisa dilakukan oleh pihak ketiga yang berkaitan dengan ilmu teknologi. Namun, peranan seorang spesialis pemasaran adalah memastikan isi di dalam web tersebut memberikan daya tarik kepada pengunjung untuk berlangganan, bukan sekedar berkunjung.

2. SEO dan SEM

Seorang spesialis pemasaran harus memiliki digital marketing skill membedakan cara kerja SEO dengan SEM. SEO bisa diakali dengan menciptakan rangkaian kata sesuai kategori bisnis yang dijalankan. Sementara SEM harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk hasil efektif.

3. Pemasaran di Media Sosial

Beriklan melalui media sosial sudah sering dilakukan banyak orang, namun tidak semua menghasilkan engagement memuaskan. Fungsi dari kemampuan seorang spesialis pemasaran adalah mendapatkan engagement setinggi mungkin dari banyak pelanggan.

4. Iklan Online

Beriklan secara offline sudah dilakukan semenjak dulu, namun sayangnya jangkauan terbatas. Berbeda dengan beriklan online, melalui berbagai fasilitas internet, Anda bisa menjangkau seluruh negeri dengan catatan konten yang dibuat menarik disimak.

5. Email Marketing

Kerap menerima email berisi tawaran membuka link tertentu? itu artinya Anda sedang melihat seperti apa digital marketing skill dari sebuah perusahaan. Semakin menarik format email marketing dibuat maka semakin tinggi peningkatan pelanggannya.

6. Video Marketing

Terakhir, jenis digital marketing yang menarik perhatian banyak orang adalah bentuk video. Tidak dapat dihindari, orang lebih suka menonton daripada membaca. jadi, selain pesan tekstualnya menarik, lebih dulu harus menarik minat orang untuk membaca melalui video.

Langkah-langkah Melakukan Pemasaran Online

JIka saat ini Anda berprofesi sebagai seorang spesialis pemasaran online dan butuh panduan melakukan pekerjaan, berikut tahapan yang harus dilalui untuk menunjang promosi bisnis online:

  1. Tentukan platform digital yang akan mendukung proses pemasaran dan promosi. Misal, memilih WhatsApp, email, website, Instagram, dsb.
  2. Tentukan konten secara menarik merupakan basic dari digital marketing skill yang wajib dimiliki.
  3. Ketika kontennya sudah jadi dan lengkap maka selanjutnya Anda bisa langsung mengunggahnya ke media sosial kemudian lihat reaksi pasar seperti apa. ‘
  4. Lakukan evaluasi berkala dengan tim dan melihat serta perbaiki hal-hal yang memang kurang.
  5. Bergabunglah dengan forum marketplace publik untuk membranding bisnis sekaligus menambah wawasan di dunia pemasaran online.

Intinya, semakin besar peluang digunakan untuk mengupgrade diri maka semakin besar potensi bisnis berkembang. Dengan kemampuan strategi pemasaran yang andal, Anda tidak hanya bisa berguna untuk perusahaan, namun juga membuka peluang bekerja sendiri.

Baca Juga: 5 Contoh Digital Marketing yang Sukses dan Dapat Anda Tiru

Anda bisa membuka bisnis sendiri dengan kemampuan memasarkan produk secara online. Selama kualitas produk juga oke, maka digital marketing skill adalah pelengkap paling sempurna untuk membuat usaha semakin langgeng dan koneksi pasar semakin luas. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.