...

Efektifkah Menggunakan Iklan YouTube untuk Marketing Bisnis Anda?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Iklan YouTube atau YouTube Ads merupakan salah satu sarana untuk beriklan dengan cara yang kekinian.

Iklan YouTube sekarang seperti menjadi sebuah pilihan yang tepat. Apalagi bila menimbang YouTube merupakan media sosial nomor 1 di Indonesia yang memiliki pengguna hingga 150 juta. Bila dapat mengoptimalkan iklan di YouTube, tentu saja hasilnya bisnis menjadi semakin sukses. YouTube Ads sebenarnya merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk mempromosikan produk maupun jasa melalui YouTube. Saat ini banyak pebisnis yang memiliki beriklan melalui YouTube. Mengiklankan produk melalui YouTube juga dinilai lebih ampuh karena kita dapat menentukan target audiens dengan spesifik berdasarkan pada lokasi serta minatnya pada produk. Dari sisi harga, beriklan melalui YouTube juga memiliki harga lebih terjangkau.

Baca Juga: Pentingnya Marketing Agency untuk Pertumbuhan Bisnis Anda

Bentuk Iklan Youtube yang Harus Diketahui

Ada beberapa bentuk YouTube Ads. Mungkin Anda sudah cukup familiar karena pasti sering melihatnya ketika sedang memutar video di YouTube. Berikut beberapa jenis iklan tersebut:

1. Skippable in-stream Ads

Tipe iklan Skippable in-streaming Ads menjadi yang paling sering dijadikan sebagai pilihan. Sesuai dengan nama yang dimiliki, tipe Skippable in-streaming Ads bisa dilewati oleh penonton. Tipe Skippable in-streaming Ads minimal memiliki durasi 12 detik dan maksimal 3 menit. Pada detik ke 5 nantinya terdapat tombol skip yang bisa direkam. Bila ingin menggunakan cara Skippable in-streaming Ads ini, iklan Anda tentu harus menarik agar tidak di skip.

2. Non-Skippable Ads

Beda dengan tipe sebelumnya, Non-Skippable Ads ini memungkinkan video yang Anda miliki tidak bisa di skip oleh penonton, sehingga nantinya informasi iklan yang akan diterima pengunjung menjadi lengkap. Non-Skippable Ads cocok dijadikan sebagai pilihan karena 76% penonton YouTube lebih memilih melakukan skip iklan ketika menonton video.

3. Discovery Ads

Jenis iklan Discovery Ads, nantinya akan ditayangkan di halaman pencarian, homepage YouTube di video yang sedang ditonton. Agar pemasangan iklan efektif, pastikan Anda membuat iklan yang mampu bertengger di posisi paling atas.

4. Non-video Ads

Bila Anda tidak ingin memasang iklan di YouTube namun tidak mempunyai video iklan, Anda bisa menggunakan layanan iklan tanpa video. Non-video Ads ini nantinya akan muncul di dalam bentuk gambar, kartu, serta teks di berbagai video.

Tingkat Keefektifan Iklan YouTube untuk Promosi Usaha

Ketika tertarik ingin menggunakan YouTube Ads, pasti Anda bertanya-tanya. Apakah YouTube Ads ini benar-benar efektif untuk dijalankan ketika ingin melakukan promosi usaha. Pada dasarnya, pemasangan iklan di YouTube memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  1. Dari segi harga, pembayaran dilakukan saat audiens menonton iklan hingga akhir. Metode pembayaran ini mirip dengan iklan teks yang berada di Google. Harga yang harus dibayarkan untuk beriklan di YouTube dalam waktu 2 minggu berkisar Rp 395 ribu hingga Rp 1.8 juta. Sedangkan jika ditayangkan selama 1 bulan Rp 850 ribu hingga 3.8 juta. Tetapi, bila Anda ingin durasi yang lebih panjang, Anda bisa memilih penayangan 3 bulan berturut-turut, harga iklan berkisar Rp 2.5 juta hingga Rp 5.5 juta.
  2. Dapat melihat seperti apa performa iklan melalui Google Analytics sehingga bisa memudahkan strategi pemasaran yang dilakukan.
  3. Pembuatan iklan bisa semenarik mungkin. Segi harga dan performa bisa menjadi semakin menguntungkan bila Anda bisa membuat iklan video yang menarik, dan efektif untuk ditonton audiens. Strategi yang Anda miliki ketika memasang iklan juga memegang peran penting.
  4. Target audiens beragam. Iklan di YouTube yang digunakan untuk promosi usaha bisa menjangkau berbagai macam target market.

Baca Juga: 5 Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Anda

Apalagi, bila target Anda cenderung pada anak muda dan milenial yang memiliki banyak waktu untuk menonton video, tentu saja akan sangat efektif. Dari segi berbagai macam kelebihan ini, tentu beriklan melalui YouTube sangat efektif untuk promosi usaha. Bagi pebisnis pemula, tentu saja tidak mudah menerapkan iklan ini. Salah satu opsi yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah menggunakan digital marketing agency. Hubungi kami dan kami akan membantu Anda memasang iklan YouTube yang terbaik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms