Apa Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pemasaran?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Kunci Sukses dalam Faktor Keberhasilan Pemasaran

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan adalah persiapan strategi yang matang. Strategi yang dipersiapkan dengan matang akan membantu menghasilkan sebuah teknik pemasaran yang efektif, mendatangkan omset, dan mendongkrak profit. Dalam konteks ini, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran sangat penting.

Keberhasilan pemasaran sebuah produk tidak hanya bergantung pada strategi branding yang kuat, tetapi juga pada faktor-faktor seperti target pasar yang tepat, persaingan di industri, tren pasar, dan efisiensi biaya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam apa saja faktor-faktor krusial yang perlu Anda perhatikan untuk mencapai keberhasilan dalam pemasaran produk Anda.

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pemasaran

Agar teknik pemasaran yang diterapkan menjadi efektif dan sukses, maka penting untuk memperhatikan beberapa faktor penting berikut ini:

1. Luas Tidaknya Pangsa Pasar

Faktor pertama yang cukup menentukan keberhasilan sebuah program pemasaran adalah soal pangsa pasar. Sebab perlu diakui memasarkan produk dengan pangsa pasar luas jauh lebih mudah dibanding yang pangsanya sedikit. Artinya semakin luas pangsa pasarnya maka peminatnya semakin banyak, sehingga kesuksesan pemasaran jauh lebih mudah diraih.

Maka penting sekali untuk memilih produk yang memiliki pangsa pasar luas, selain mudah dipasarkan juga cenderung berumur panjang karena akan selalu diminati atau dibutuhkan. Konsumen pun tidak perlu berjuang ekstra untuk bisa membeli produk yang dipasarkan, seperti menabung dulu atau perjuangan lainnya.

2. Teknologi

Perlu diakui bahwa pebisnis yang “melek teknologi” cenderung lebih mudah bertahan dan sukses dengan bisnis yang digelutinya. Sebab memanfaatkan teknologi terkini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Pemanfaatan ini membantu memaksimalkan teknik pemasaran, misalnya saja mengandalkan media online yang membantu memasarkan secara lebih luas dan cepat.

Tentunya lebih efektif dibanding tetap bertahan dengan pemasaran offline yang area jangkauannya lebih terbatas.

3. Harga Jual

Sebagus apapun produk yang dimiliki dan seluas apapun pangsa pasarnya, jika harga yang dilepas ke pasar cenderung tidak kompetitif. Maka lebih rentan gagal dibanding sebaliknya. Maka penting bagi pebisnis untuk melakukan survey harga dari kompetitor, untuk menghindari kemungkinan memasang bandrol kelewat tinggi.

Sebab masyarakat sekarang lebih cerdas sebagai konsumen, akan sangat teliti sebelum membeli produk atau jasa. Yakni membandingkan produk serupa untuk mendapatkan yang terbaik. Jika konsumen bisa mendapatkan produk dengan kualitas sama persis namun dengan harga lebih murah, maka jangan heran lapak pesaing lebih ramai.

4. Keunggulan atau Keunikan Produk

Persaingan dalam dunia bisnis adalah cambuk agar bisa menghadirkan produk dan jasa dengan kualitas lebih baik, agar tidak kehilangan pasar. Maka penting untuk memperhatikan keunggulan dan keunikan dari produk atau jasa yang dimiliki. Jangan sampai tidak punya ciri khas, karena di tengah lautan persaingan tanpa sesuatu yang unik untuk ditawarkan maka produk Anda akan diabaikan.

Mulailah dari keunikan yang mudah diterapkan dan sederhana sekaligus murah, misalnya saja dari desain kemasan, logo, warna, atau yang lainnya yang cenderung tidak rumit.

5. Kejujuran

Meskipun perkembangan teknologi semakin pesat dan masyarakat semakin cerdas, namun beberapa hal cenderung stagnan dan tradisional. Misalnya saja tentang kejujuran atau transparansi dari produk atau jasa yang disediakan.

Hindari mempromosikan secara berlebihan dan tanpa isi alias kebohongan semata. Sebab satu saja konsumen dibuat kecewa, maka akan mempengaruhi calon konsumen lain. Apalagi di tengah kondisi sekarang dimana kekuatan media online sangat mungkin digunakan untuk merobohkan kerajaan bisnis yang sudah mendominasi.

6. Optimasi Media

Faktor berikutnya adalah optimasi, media pemasaran apapun yang digunakan usahakan tidak digunakan sekali pakai. Namun kelola secara kontinyu untuk bisa menghasilkan omset yang terus bertumbuh. Lakukan optimasi secara maksimal, misalnya saja jika fokus melakukan promosi di media sosial maka kelola secara profesional. Perlahan konsumen akan berdatangan, selama konten yang dihadirkan memang dinilai berkualitas dan bermanfaat.

Sukses dengan bisnis yang dirintis memang dipengaruhi oleh teknik pemasaran yang diterapkan. Supaya pemasaran ini memang menghasilkan, maka pahami dulu daftar faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran yang disampaikan di atas. Salah satunya dengan melakukan branding produk di sosial media.

Jika Anda atau perusahaan Anda ingin meningkatkan branding produk dengan strategi yang jitu dan terarah menghasilkan penjualan. Anda bisa menggunakan jasa branding strategi dan digital marketing dari Dreambox Branding Agency.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency . Hubungi kami untuk informasi selengkapnya di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms