6 Ide Konten Instagram Menarik untuk Bisnis Anda

Digital Marketing

Ide konten menarik menjadi penopang kesuksesan bisnis Anda

Ide konten menarik dalam instagram dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pemasaran untuk bisnis Anda. Kepopuleran social media kini bukan hanya digunakan untuk ajang membagikan kegiatan sehari-hari. Pastinya Anda sudah sering sekali melihat akun Instagram yang didedikasikan untuk melakukan pemasaran sebuah brand, bukan? Cara untuk membuat Instagram jadi lahan pemasaran tidak lepas dari adanya konten. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki ide konten Instagram yang menarik, agar bisnis Anda dilirik pelanggan nantinya. Lantas, ide-ide seperti apa yang bisa dijadikan konten Instagram khusus untuk bisnis? 

Baca Juga: 6 Tips dalam Meningkatkan Engagement Rate Marketing pada Instagram Bisnis

Daftar Ide Konten Instagram yang Menarik

Ada banyak ide konten yang bisa Anda gunakan untuk membuat Instagram bisnis bisa menarik para pelanggan yang banyak. Ide-ide ini tentunya bisa memberikan dampak baik bagi bisnis Anda apabila dikelola dengan baik dan benar. Mau tahu apa saja ide-ide yang bisa menjadikan konten Instagram Anda menarik? Simak informasi selengkapnya berikut ini: 

1. Ajukan Pertanyaan

Ide pertama yang bisa Anda gunakan untuk menarik pengguna Instagram agar tetap stay di akun Anda adalah mengajukan pertanyaan. Dilansir dari Hootsuite, mengunggah konten berupa pertanyaan kepada followers dapat membantu untuk memberikan wawasan. Selain itu, konten dalam bentuk pertanyan seperti ini juga bisa membantu Anda mengembangkan produk yang diluncurkan. Dengan pertanyaan ini pastinya Anda akan mengetahui apa produk yang dibutuhkan oleh followers sehingga Anda bisa menciptakan produk yang dapat menjadi solusi bagi followers. 

2. Mengikuti Tren

Tren merupakan salah satu hal yang tidak boleh lepas dari konten dan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat konten. Pasalnya, melalui tren-tren tersebut, menandakan bahwa bisnis Anda mengikuti perkembangan zaman alias tidak kudet. Selain itu, terlihat jelas bahwa konten akan kurang optimal apabila tidak mengikuti perkembangan tren yang sedang berlangsung. Maka dari itu, Anda bisa membuat konten yang mengikuti tren, sehingga bisa mendapatkan perhatian dari banyak orang. Contohnya saja konten yang tren saat ini, yakni “Ikoy-ikoyan” yang merupakan sebuah konten berbagi dengan follower dengan cara membantu kebutuhan followers sesuai dengan kemampuan. 

3. Konten Perbandingan

Untuk ide konten perbandingan ini maksudnya adalah membuat konten yang mana didalamnya disajikan perbandingan antara A dan B. Hal yang dibandingkan bisa disesuaikan dengan bisnis Anda. Namun perlu diingat, jangan membandingkan hal yang bersifat negatif atau sara, karena bisa-bisa konten Anda malah jadi ajang menjatuhkan satu dengan lainnya. Contoh konten perbandingan untuk akun Instagram yang memiliki niche kecantikan adalah membuat konten perbandingan sunscreen A dan B. Di dalam konten tersebut, Anda bisa membahas bagaimana kelebihan dan kekurangan dari kedua sunscreen, kemudian berikan informasi tentang kecocokan sunscreen untuk tipe kulit yang seperti apa. Apabila Instagram Anda memiliki niche techno, maka Anda bisa membandingkan produk-produk elektronik, misalnya Android dan Apple yang kini sedang populer diperbincangkan. Anda bisa membahas tentang kelebihan dan kekurangan kedua produk tersebut, sehingga followers Anda bisa menjadikannya pertimbangan ketika akan membelinya. 

4. Konten FAQ

Konten FAQ ini cukup ramai, sehingga tidak heran banyak akun Instagram yang menggunakannya untuk menarik para followers. Anda bisa sajikan konten ini dengan mengundang tokoh-tokoh terkemuka, mulai dari tokoh di perusahaan Anda atau influencer yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya saja bisnis Anda bergerak di bidang kecantikan, maka Anda bisa mengundang beauty influencer untuk di FAQ melalui live Instagram atau video postingan (Reels maupun IGTV). Jika ingin membicarakan bisnis millennial, Anda bisa menyesuaikan tamu undangannya. 

5. Giveaway

Kalau konten di urutan kelima ini pastinya Anda sudah sangat familiar karena memang sudah banyak digunakan di berbagai social media. Nah, Instagram juga merupakan salah satu social media yang digunakan untuk meluncurkan konten berupa giveaway. Bagi yang belum tahu, konten satu ini merupakan konten yang sangat ditunggu-tunggu dan menjadi favorite para pengguna Instagram. Konten ini juga terbukti bisa meningkatkan engagement akun Instagram Anda, karena biasanya salah satu syarat yang diajukan untuk bisa memenangkannya adalah mem-follow. Giveaway ini bisa dilakukan secara mandiri maupun mengajak partner lainnya. Misalnya saja Anda bisa bekerja sama dengan akun yang sering mengadakan giveaway, mulai dari influencer hingga akun-akun kreator khusus giveaway yang sudah memiliki followers yang banyak. Jika Anda ingin melakukan giveaway secara mandiri juga tidak masalah, yang penting dikemas dengan menarik. 

6. Share IGTV

Salah satu fitur Instagram yang tidak boleh dilewatkan saat membuat ide konten adalah IGTV. Bagi yang belum tahu, Instagram memiliki fitur IGTV yang diperuntukkan untuk mengunggah video dengan durasi yang panjang. IGTV ini bisa Anda gunakan untuk mengunggah video-video konten menarik, misalnya video interview. Menurut Bussiner 2 Community, fitur IGTV bisa dijadikan konten ampuh untuk menarik perhatian followers, apabila Anda bisa melibatkan followers di dalamnya. Namun, pastinya Anda juga perlu menciptakan konten IGTV yang sesuai dengan niche akun Instagram Anda, agar tidak melenceng terlalu jauh dari tujuan utama. 

Baca Juga: Ketahui! Ini 5 Manfaat Google AdWords

Ide konten yang telah disebutkan di atas merupakan ide-ide cemerlang yang sudah terbukti sukses membuat Instagram bisnis Anda dilirik banyak pengguna Instagram. Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan ide-ide di atas adalah mengemasnya sesuai dengan bisnis Anda. Namun sebelum membuat konten-konten berdasarkan ide di atas, sebaiknya Anda mengenali dahulu followers Anda, sehingga konten yang akan diberikan nantinya sesuai dengan followers. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.