Ketahui 3 Fungsi Google Analytics sebagai Tools Digital Marketing Anda

Digital Marketing

Fungsi Google Analytics bagi bisnis Anda

Para pegiat digital marketing perlu mengenal fungsi Google Analytics dalam pengelolaan website maupun blog bisnis mereka. Di era yang kian modern, strategi pemasaran semakin berkembang dengan banyaknya inovasi baru berkat adanya dukungan teknologi. Google sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar dan terpopuler di dunia menyediakan berbagai fitur dukungan bagi penggunanya. Salah satu yang sangat banyak digunakan adalah fitur Google Analytics.

Baca Juga: Pentingkah KOL Marketing untuk Bisnis Anda? Berikut Penjelasannya

Google Analytics sendiri merupakan satu diantara beberapa software program Google Marketing Platform yang dapat Anda manfaatkan secara gratis tanpa biaya. Meski demikian, manfaat software ini bisa lebih maksimal jika memilih layanan berbayarnya. Google Analytics menjadi salah satu tools wajib bagi para pemilik atau pengembang website bisnis khususnya dalam kegiatan pemasaran. Tools ini menyediakan berbagai fitur menarik untuk mengumpulkan data guna menghasilkan strategi marketing efektif.

Mengenal Fungsi Google Analytics untuk Pemasaran Digital

Strategi digital marketing perlu dirumuskan secara matang untuk mencapai tujuan pemasaran secara efektif dan efisien. Pelaku bisnis yang ingin mengembangkan brand-nya melalui website perlu memperhatikan banyak hal dalam menyusun strategi pemasaran. Agar kegiatan pemasaran Anda memperoleh hasil optimal, manfaatkan tools yang disediakan secara gratis oleh Google tersebut sebaik mungkin. Lantas apa saja fungsinya? Berikut ini 3 fungsi penting Google Analytics. 

  1. Mengumpulkan Informasi Pengunjung

 Fungsi Google Analytics yang pertama yaitu mengumpulkan informasi penting mengenai pengunjung website bisnis Anda. Setiap pengguna yang mengakses berbagai situs melalui sambungan internet pastinya mempunyai identitas. Identitas pengguna dapat dilacak oleh tools online untuk mengetahui beberapa data dan informasi penting terkait pengguna. Prinsip inilah yang juga berlaku pada Google Analytics. Yakni melacak sejumlah informasi pengunjung website.

 Informasi tersebut bisa berupa lokasi, jenis kelamin, aktivitas internet pengguna, jenis device yang digunakan, ketertarikan (interests), dan masih banyak lagi. Berbagai informasi tersebut tersaji secara lengkap dan mudah dipelajari. Data-data yang terkumpul tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai pegangan dalam menganalisis visitor website atau blog bisnis. Berangkat dari sini, Anda bisa menyusun langkah dan strategi paling tepat untuk meningkatkan performa pemasaran.

  1. Memantau Trafik secara Real Time

Fungsi Google Analytics selanjutnya yaitu membantu pengembang website atau blog dalam memantau trafik pengunjung. Istilah trafik mengacu pada lalu lintas pengunjung yang berkunjung ke situs Anda. Data trafik yang tersedia bukan hanya jumlah visitor saja. Akan tetapi juga meliputi apa saja aktivitas yang dilakukan pengunjung saat menelusuri halaman website maupun blog tersebut.

Data trafik ini selalu diperbarui secara cepat sehingga Anda bisa memperoleh informasi statistik terbaru. Namun pekerjaan digital marketer bukan hanya memantau trafik saja. Akan tetapi mempelajari pola-pola berdasarkan data yang ada. Selanjutnya bekerja meningkatkan trafik dengan cara-cara strategis agar mendapatkan pengunjung lebih banyak. Ketika kunjungan ke halaman website Anda kian tinggi, ini adalah pertanda baik untuk kinerja bisnis.

  1. Analisis Kinerja SEO

Fungsi Google Analytics ketiga yaitu membantu Anda dalam menganalisis kinerja optimasi mesin pencari (SEO). Sesuai dengan namanya, tools ini sangat berguna untuk menganalisis kunjungan pengguna ke website Anda beserta aktivitas mereka. Kinerja SEO bisa dilihat dari berbagai aspek. Misalnya kata kunci atau keyword apa yang paling banyak diminati oleh visitor, bagaimana tingkah laku visitor ketika berselancar di halaman, apa device untuk mengakses halaman, dan lainnya. Berdasarkan data-data analisis kinerja SEO tersebut, Anda dapat membuat strategi konten berikutnya. Dengan begitu, konten website maupun blog memiliki kunjungan lebih banyak dan berpengaruh terhadap hasil pemasaran Anda.

 Manfaat Google Analytics yang Perlu Diketahui

 Mengelola sebuah website atau blog tentu bukan suatu hal mudah. Mendapatkan kunjungan dalam jumlah banyak juga merupakan tantangan tersendiri bagi para pengelola website. Itulah mengapa Anda perlu mendaftarkan website atau blog ke tools gratisan satu ini, karena tools ini bukan hanya gratis, akan tetapi juga mudah dikelola serta memiliki banyak manfaat seperti uraian berikut.

1. Memantau Aktivitas Website Melalui Dashboard

Dengan mendaftarkan situs Anda ke tools satu ini, monitoring aktivitas blog atau website menjadi lebih mudah. Selain fungsi Google Analytics untuk mengumpulkan informasi, Anda dapat mengelola aktivitas website secara mudah. Yakni dengan membuat dashboard berisi data atau statistik terkait aktivitas suatu halaman situs. Beberapa diantaranya yaitu mengetahui data pengunjung baru, durasi sesi, hingga rasio pentalan (bounce rate) suatu halaman bisnis.

Terkadang para digital marketer tidak hanya mengelola satu website saja. Berkat adanya tools penganalisis tersebut, Anda bisa memantau beberapa blog dan membuat dashboard masing-masing, sehingga pemantauan lebih mudah serta efisien. Cara membuat dashboard sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan login ke Google Analytics. Setelah itu pilih blog yang hendak dibuat dasbornya, lalu pilih penyesuaian.

2. Menganalisis Konten Populer

 Salah satu fungsi Google Analytics adalah untuk mengetahui perilaku (behaviour) pengunjung saat berselancar di halaman Anda. Ini bisa diketahui diantaranya dengan menganalisis statistik konten website. Satu diantara manfaat menggunakan tools ini yaitu Anda dapat melakukan analisis terhadap performa konten. Diantara sekian banyak konten artikel di halaman, konten mana yang paling populer dan diminati serta mendapat kunjungan paling banyak.

Ini bisa dijadikan tolok ukur untuk memantau perkembangan trafik tiap-tiap post. Selain itu, bisa juga menjadikannya sebagai acuan dalam penyusunan konten strategy kedepannya. Anda perlu mempertahankan topik tersebut serta meningkatkan kualitasnya. Untuk menghasilkan konten populer, lakukan riset kata kunci secara tepat. Pencarian dengan kata kunci yang relevan akan mengarahkan pengunjung ke halaman Anda. Sementara konten dengan pembaca sedikit bisa dievaluasi kembali.

Baca Juga: 4 Hal yang Mesti Dipahami untuk UX UI Designer Pemula

3. Mengetahui Sumber Trafik

Data tentang sumber trafik sangat penting untuk Anda ketahui. Tools ini menyajikan data dari mana lalu lintas kunjungan website berasal. Apakah bersumber dari pencarian organik Google, kunjungan langsung ke alamat website, atau lainnya. Sumber trafik juga bisa berasal dari sebaran link melalui sosial media. Sumber lainnya berupa kunjungan referral, yakni apabila kunjungan berasal dari tautan di halaman lain di luar situs Anda.

Kehadiran agensi di bidang digital marketing kian dibutuhkan perusahaan. Oleh karena itu,kami hadir menjawab kebutuhan tersebut untuk membantu brand serta bisnis Anda semakin berkembang. Kami terlatih memanfaatkan fungsi Google Analytics untuk bisnis Anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.