Ketahui Cara Menggunakan Google Ads Keuntungannya!

Digital Marketing

Promosi lebih tepat sasaran dengan Google Ads.

Popularitas Google sebagai mesin pencari andalan pengguna internet terus bertahan dan meningkat setiap tahunnya. Maka dari itu, memasang iklan di Google bisa menjadi salah satu strategi digital marketing yang efektif. Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli atau klien yang menggunakan mesin pencari ini dengan iklan yang lebih tepat sasaran.

Bagaimanakah cara pasang iklan di Google, dan apa saja manfaatnya bagi perusahaan Anda? Pelajari semua hal yang Anda perlukan di artikel berikut ini.

Persiapan Sebelum Memasang Iklan di Google

Untuk memperoleh hasil yang setimpal dengan pengeluaran Anda untuk Google Ads, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa hal penting terlebih dahulu sebelum memasang iklan di Google.

1. Tentukan apa yang ingin dicapai dengan iklan Anda

Agar iklan di Google lebih efektif, Anda harus menentukan tujuan memasang iklan bisnis di sana. Apakah Anda ingin menambah jumlah pengunjung ke situs resmi Anda? Atau mungkin Anda ingin meningkatkan penjualan untuk produk yang Anda tawarkan? 

Bergantung dari tujuan iklan Anda, strategi periklanan yang digunakan serta kontennya juga akan berbeda. Sebagai contoh, iklan untuk meningkatkan brand awareness akan lebih memperkenalkan logo serta identitas bisnis alih-alih promosi serta bonus gratis suatu produk.

2. Tentukan budget iklan Anda

Skema biaya Google Ads cukup fleksibel, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan skala perusahaan, ketersediaan anggaran iklan, atau keuntungan yang telah diperoleh perusahaan. Jumlah visit dan click yang Anda harapkan sangat menentukan besaran biaya yang harus dikeluarkan. Jika Anda mengharapkan jumlah visit yang besar, maka siapkan biaya yang besar pula. Namun, tenang saja! Google mengizinkan Anda untuk mengatur batas maksimum pengeluarannya. 

3. Tetapkan lokasi pemasangan iklan Anda

Dalam konteks iklan offline, lokasi pemasangan iklan sangat menentukan siapa saja dan berapa banyak orang yang akan melihatnya. Prinsip tersebut juga berlaku bagi digital marketing. Bagaimana cara menentukan di mana iklan Anda akan ditayangkan dengan Google Ads? Untuk itu, Anda harus memasukkan negara tertentu sebagai target Anda pada konsol Google Ads. Jika Anda ingin lebih spesifik lagi, Anda juga dapat menentukan kota yang ingin disasar. 

4. Lakukan keyword research

Keyword research atau riset kata kunci merupakan elemen penting dalam beriklan dengan Google. Hal ini dikarenakan algoritma Google bekerja berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Maka dari itu, Anda harus menentukan kata kunci untuk iklan Anda supaya dapat menjangkau konsumen yang tepat.

Cara Menggunakan Google Ads

Cara kerja Google Ads dapat dikatakan cukup mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah dengan menu konsol yang intuitif. Berikut cara pasang iklan di Google dengan lebih praktis:

1. Buka halaman Google Ads

Anda akan diminta memasukkan informasi login Google Adsense Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google Adsense, lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pastikan Anda sudah menyiapkan alamat e-mail dan nomor telepon yang diperlukan.

2. Pilih tujuan iklan berdasarkan kebutuhan Anda

Ada tujuh buah opsi yang dapat Anda pilih sesuai dengan tujuan pemasangan iklan Anda, di antaranya:

  • Meningkatkan penjualan;
  • Mendapatkan leads baru;
  • Meningkatkan trafik website;
  • Menumbuhkan ketertarikan terhadap produk atau jasa;
  • Meningkatkan brand awareness dan jangkauan brand;
  • Mempromosikan aplikasi.

Namun, jika Anda ingin membuat kampanye iklan tanpa arahan dari Google, pilih opsi kedelapan untuk kustomisasi yang lebih ekstensif.

3. Tentukan tipe iklan yang ingin Anda pasang

Jenis tampilan iklan yang tersedia di Google Ads sangatlah beragam. Anda dapat memilih tampilan berupa halaman katalog produk, iklan teks di bagian teratas halaman pencarian Google, atau iklan audiovisual interaktif di YouTube serta website lain. Semuanya kembali ke tujuan pemasangan iklan Anda.

4. Tentukan lokasi pemasangan iklan

Anda tidak hanya dapat memasang iklan untuk audiens yang berasal dari lokasi tertentu. Fitur Google Ads juga memberi Anda kesempatan untuk memilih lokasi di mana iklan Anda akan ditampilkan. Anda bisa memilih ingin menayangkan iklan bisnis di Google saja atau platform lain. Jika ingin, Anda juga dapat mengatur agar iklan Anda tidak tampil di website tertentu.

5. Tentukan target demografi Anda 

Selain domisili dan bahasa yang digunakan calon pembeli, Anda juga dapat memilih kriteria yang lebih spesifik. Misalnya, Anda bisa menunjukkan iklan bisnis Anda kepada audiens dengan minat, usia, dan latar belakang pendidikan tertentu.

6. Hitung anggaran harian Anda untuk bidding dan mengiklankan bisnis di Google

Bagaimana cara menghitung budget untuk iklan Google Anda? Anda harus menentukan durasi penayangan iklan terlebih dahulu. Lalu, bagi total anggaran Anda dengan angka durasi tersebut untuk mendapatkan estimasi pengeluaran harian Anda.

7. Masukkan kata kunci yang diinginkan

Dengan menggunakan Google Ads, Anda akan memperoleh gambaran tentang volume pencarian serta tingkat kesulitan kompetisi suatu kata kunci. Anda juga bisa mendapatkan berbagai saran variasi kata kunci untuk menarget lebih banyak pengguna.

8. Buat tampilan iklan sesuai strategi Anda

Pada tahap ini, Anda dapat mengatur judul, deskripsi, serta tombol CTA (call to action) yang akan dilihat oleh pengguna. Proses pembuatan ini juga hadir dengan preview langsung agar Anda mendapatkan gambaran jelas.

9. Selesaikan pembayaran dan tunggu hingga iklan Anda disetujui

Ada beberapa informasi yang harus Anda sediakan untuk dapat melakukan pembayaran Google Ads. Beberapa di antaranya adalah mata uang yang ingin digunakan, zona waktu penayangan iklan, informasi pembeli, dan metode pembayaran secara otomatis atau manual.

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Dengan strategi yang efektif, memasang iklan di Google akan memberikan timbal balik positif bagi perusahaan Anda. Apa saja keuntungan dari Google Ads?

1. Mudah digunakan

Cara menggunakan Google Ads sangatlah intuitif dan mudah dipahami karena semua panduan yang diperlukan dapat diperoleh dengan sekali lihat saja. Anda cukup membuat akun Google Adsense untuk mulai memasarkan bisnis di Google, dan Anda tidak memerlukan pengalaman sebelumnya dalam bidang advertising.

2. Target lebih tepat sasaran

Selain memilih kata kunci yang relevan berdasarkan hobi dan latar sosio-geografis pengguna, Anda juga dapat menggunakan berbagai macam filter spesifik di menu konsol target audiens Google Ads. Dengan demikian, iklan Anda akan menjangkau orang yang tepat untuk memaksimalkan keberhasilannya.

3. Mengontrol biaya iklan

Biaya Google Ads tergolong cukup murah tanpa persyaratan minimum, sehingga bisnis berskala kecil pun juga bisa memasang iklan di Google. Anda juga dapat membatasi pengeluaran maksimal melalui fitur yang tersedia, dan Anda akan tetap mendapatkan estimasi hasil klik atau kunjungan dari sana.

4. Mengetahui informasi target pasar

Menu laporan Google Ads menyimpan semua informasi yang diperlukan, salah satunya target demografi yang berinteraksi dengan bisnis Anda. Dari sini, Anda dapat memahami target pasar Anda dengan lebih mendalam untuk mencari tahu kebutuhan mereka. Harapannya, bisnis Anda dapat menjadi solusi bagi mereka.

5. Kesuksesan iklan lebih mudah diukur

Melalui laporan performa iklan yang dikirimkan Google, Anda dapat mempelajari jumlah klik dan kunjungan yang diperoleh setiap minggu, bulan, dan bahkan tahunnya. Karena itu, semakin mudah bagi Anda untuk mengukur kesuksesan kampanye iklan.

6. Iklan sudah pasti terlihat

Algoritma Google akan memastikan bahwa iklan Anda terlihat di tempat yang mudah diakses oleh pengguna, baik itu di hasil pencarian teratas atau sebelum video YouTube diputar. Besar kemungkinan calon pelanggan Anda akan berinteraksi dengan iklan yang Anda pasang.

Anda memerlukan strategi yang matang dan menyeluruh dalam cara menggunakan Google Ads untuk mendapatkan manfaatnya. Jika Anda memiliki keterbatasan waktu atau kemampuan, ada bantuan profesional yang dapat diandalkan. 

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia Digital Marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.