Ketahui Ciri Artikel SEO Friendly serta Tahapan Membuatnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Ciri artikel SEO friendly adalah memiliki struktur headings yang jelas.

Mengenal ciri artikel SEO friendly, karena saat ini begitu penting bagi setiap pebisnis untuk mengetahui bagaimana membuat sebuah artikel mengandung SEO atau Search Engine Optimization, sebab banyak manfaat yang akan berdampak positif kepada bisnis. Ketika membahas mengenai artikel SEO friendly, maka manfaat utama dari metode ini adalah memudahkan mesin pencarian pada browser menemukan artikel anda. Berbeda halnya jika artikel anda, tidak mengandung SEO, pastinya sulit bagi website berada di peringkat teratas.

Baca Juga: Ketahui Cara Membangun Personal Branding Terbaik yang dapat Anda Lakukan

Meskipun tidak ada jaminan bahwa artikel SEO pasti berada di peringkat pertama, namun peluang Anda cukup besar. Hampir semua perusahaan menerapkan metode tersebut, karena terdapat perbedaan cukup besar jika kita bandingkan dengan artikel biasa. Penggunaan SEO friendly juga membuat peningkatan pengunjung pada sebuah website, karena website lebih mudah ditemukan alhasil traffic website meningkat. Pertumbuhan website di Indonesia semakin meningkat, itulah yang membuat banyak perusahaan memanfaatkannya.

Berikut Ciri Artikel SEO Friendly yang Wajib Anda Praktikan

Pada awalnya memang tidak mudah menerapkan SEO friendly pada website, sebab banyak hal perlu Anda perhatikan, agar website Anda berhasil menduduki peringkat pertama. Mungkin setelah membaca ciri di bawah ini, Anda akan paham apa saja elemen terkandung didalamnya.

1. Memiliki Struktur Heading

Penggunaan heading pada sebuah artikel, akan lebih memudahkan pembaca dalam melihat keseluruhan sebuah artikel. Selain itu artikel akan terbagi berdasarkan segmen masing-masing, struktur heading akan membantu mesin pencarian dalam menentukan kalimat utama. Pada mesin pencarian, struktur heading akan membantu bagi sistem untuk menentukan apakan segmen tersebut akan masuk ke dalam cuplikan atau tidak. Selain itu bagi pembaca, tentunya penggunaan segmen akan memudahkan bagi mereka dalam membaca.

2. Dilengkapi Internal Link

Internal link akan berguna untuk membuat artikel tetap terhubung, mesin pencari akan merayapi link yang ada pada suatu halaman, kemudian internal link berperan untuk menjadi penghubung antar artikel satu dengan lainnya. Keberadaan internal link bagi pembaca, berfungsi untuk memudahkan audiens dalam membaca suatu artikel dan mendapatkan bagian lanjutan dari bacaan tersebut. Kehadiran internal link juga membuat pembaca, merasa penasaran untuk membaca lanjutannya.

3. Memiliki Keyword yang Sesuai

Ciri artikel SEO friendly berikutnya adalah memiliki keyword, kata kunci dalam sebuah bacaan bisa menjadi jembatan antara pembaca dengan konten tersebut. Maka dari itu penulis harus menemukan keyword tepat, agar bisa meletakkan keyword pada posisi strategis. Temukan keyword mengandung kalimat yang biasa dicari oleh pembaca, namun harus tetap terhubung dengan isi dari konten tersebut. Anda bisa memanfaatkan tools keyword, untuk melihat berapa jumlah pencarian bulanan pada keyword yang terhubung.

4. Tidak Terlalu Bertele-Tele

Sebuah artikel juga harus memberikan informasi secara jelas tanpa bertele-tele, buatlah konten to the point agar membuat pembaca tidak merasa bosan. Jika mengangkat suatu pembahasan, jangan menggunakan kalimat berlebihan sehingga kalimat terlalu panjang, juga terlalu pendek.

5. Mudah Dibaca

Gunakanlah kalimat mudah dipahami dan tidak berulang-ulang, sehingga baik pembaca atau robot mudah membacanya. Jangan juga memasukkan berbagai keyword, pastikan bahwa penggunaan keyword tidak berlebihan dan akan membuat konten tidak nyaman dibaca.

Alasan Website Harus Mengandung SEO Friendly

Mungkin bagi Anda yang baru, dalam memahami pembuatan konten pada sebuah website akan bertanya, sebenarnya apa alasan dari pembuatan sebuah konten atau artikel, wajib menggunakan SEO friendly.

1. Meningkatkan Traffic Organic

Penggunaan SEO friendly, dapat meningkatkan sumber traffic organic dan berbayar. Ketika user sedang mencari suatu artikel dengan mengetikkan kata kunci, maka mesin pencari akan membantu user dengan harapan bisa menemukan konten yang sedang dicari. Dan jika user tersebut mengetik kata kunci relevan dengan brand anda, tentu saja mereka akan menemukan website Anda berada di peringkat teratas, sehingga terbukti bahwa semakin banyak user mengklik website anda, maka semakin tinggi peringkat Anda berada.

2. Meningkatkan Customer Experience

Ciri artikel SEO friendly menjadikannya sebagai alasan dari penggunaan metode tersebut adalah, meningkatkan customer experience yang membuat pembaca merasa nyaman membaca konten pada website pebisnis. Terdapat perbedaan cukup signifikan, ketika Anda berkunjung pada sebuah website SEO dan artikel biasa. Pada umumnya artikel SEO memiliki pola penulisan rapi dan relevan, serta desain yang digunakan tidak mengganggu pembaca dan membuatnya nyaman.

3. Meningkatkan Engagement

Berinteraksi dengan pelanggan, dapat meningkatkan engagement dan berpengaruh pada keuntungan penjualan atau exposure brand tersebut. Menggunakan SEO pada konten anda, membuat jangkauan pasar lebih luas serta lebih mudah berinteraksi dengan konsumen.

4. Menangkap Perhatian Search Engine

Ciri artikel SEO friendly memang lebih mudah menarik perhatian konsumen, juga menangkap perhatian dari search engine. Penggunaan keyword jelas serta visual menarik, tentu saja memudahkan search engine menemukan website dan mengatur peringkatnya.

5. Menghasilkan ROI Optimal

ROI atau Return of Investment membuat keuntungan pada perusahaan menjadi lebih tinggi, nilai ROI dapat meningkat dengan Anda memanfaatkan SEO, karena perusahaan berpeluang mengalami peningkatan pada engagement, favorable view serta exposure.

Membuat Website SEO Friendly

Setelah membahas mengenai apa saja manfaat dari artikel yang menggunakan metode SEO friendly, serta ciri-ciri terdapat didalamnya, kini kami akan menjelaskan, bagaimana cara membuat sebuah website yang mengandung metode SEO tersebut.

1. Memilih Domain SEO Friendly

Ciri artikel SEO friendly pertama dalam membuatnya adalah, Anda harus memilih domain yang mencerminkan persepsi industri dan pencarian yang sering dilakukan oleh target pasar pada produk anda, pilih nama domain relevan dan mencerminkan layanan TI.

2. Membuat Navigasi yang Mudah

Pembuatan sebuah website bisnis, tentu saja bertujuan untuk memudahkan audiens dalam mendapat informasi seputar produk atau jasa, sehingga perusahaan harus memastikan, bahwa setiap audiens bisa menyukai website yang telah Anda buat.

3. Hosting Memadai

Ciri artikel SEO friendly selanjutnya adalah pastikan bahwa hosting memadai, pebisnis tetap memerlukan bantuan dari hosting, yang memungkinkan Anda untuk mencegah server error, page timeout atau tingkat bounce rate tinggi.

4. Membuat Konten Ringan namun Menarik

Hal tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah, memastikan bahwa isi konten ringan namun tetap menarik. Kembali lagi pada isi dari konten tersebut, pebisnis perlu mencari referensi sebanyak-banyaknya untuk menemukan topik yang relevan.

Elemen Penting pada Website SEO Friendly

Setelah mengenal berbagai ciri artikel SEO friendly, kini kami akan menjelaskan apa saja elemen yang terkandung di dalam sebuah artikel SEO dan harus Anda perhatikan dengan baik.

1. Desain

Jika isi konten relevan dan menarik, namun desain pada website tetap mengganggu pembaca, maka mereka akan lebih memilih untuk meninggalkan web tersebut. Framework, warna, navigasi, tipografi dan sebagainya tetap penting untuk Anda perhatikan.

2. Konten

Ciri artikel SEO friendly berikutnya yang termasuk ke dalam elemen adalah konten, dimana audiens akan lebih senang jika konten yang terdapat di dalam sebuah website, menjawab segala pertanyaan yang ingin pembaca temukan.

3. Kompetitor

Menganalisis website kompetitor, bisa menjadi sebuah kekuatan bagi pebisnis dalam mengetahui berbagai aspek yang bisa membuat web kompetitor menjadi sukses. Perkirakan jumlah traffic yang didapat, dan tidak ada salahnya untuk mengikuti jejak sukses pesaing.

Baca Juga: Pelajari Berbagai Manfaat IoT yang Dapat Anda Rasakan

Sebagai pebisnis, tidak hanya memikirkan keuntungan dan peningkatan penjualan saja yang perlu Anda perhatikan. Melainkan dengan mengenal berbagai ciri artikel SEO friendly, Anda akan lebih paham bagaimana meningkatkan jumlah pengunjung pada sebuah website. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms