...

Ketahui 4 Tujuan Pay per Click Sebelum Menggunakannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Ketahui tujuan pay per click dan rasakan manfaatnya.

Tujuan pay per click sangat beragam dan pastinya bermanfaat bagi perkembangan bisnis. Pay per click atau PPC merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang cukup efektif meningkatkan penjualan secara signifikan. Menggunakannya dalam bisnis online bisa membantu meningkatkan branding. PPC memungkinkan Anda mendapatkan banyak pengunjung. Dari jumlah pengunjung website tersebut dapat dikonversi menjadi konsumen bahkan pelanggan tetap, sehingga hasilnya cukup menggiurkan. PPC cukup efektif meningkatkan traffic, namun Anda perlu membayar rekanan yang menyediakan link ke dalam website anda. Anda harus menentukan dulu tujuan dari penggunaannya supaya efektif dan efisien untuk dilakukan. Setidaknya dengan mengenal beberapa hal tersebut akan membantu Anda untuk mengetahui seperti apa tujuan pay per click sebenarnya dan kenapa harus menggunakannya untuk bisnis. Jadi Anda tahu manfaatnya yang sebenarnya.

Baca Juga: 10 Strategi Pemasaran Online untuk Tingkatkan omzet Bisnis

Mengenal Seputar Pay per Click

Pay per click atau dikenal juga dengan cost per click merupakan salah satu tipe iklan yang menghasilkan traffic ke dalam situs bisnis anda. Setiap satu klik pengguna akan mendapat bayaran. Apabila Anda sebagai pemasang iklan, maka wajib membayar kepada publisher. Publisher di sini bisa website orang lain, akun sosial media maupun mesin pencarian. Jika masih pemula maka ada caranya tersendiri, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat dari tujuan pay per click yang sesungguhnya. Dalam hal ini, Anda bisa bekerja sama dengan akun media sosial yang lain. Jadi ini akan memberikan manfaat. PPC menjadi salah satu metode pemasaran dan kampanye digital yang cukup membantu pertumbuhan bisnis. Bisa dimanfaatkan oleh perusahaan besar maupun bisnis online pemula untuk mempromosikan berbagai produk dan jasa terbaru.

Cara Kerja Pay per Click

Sebelum menggunakannya untuk kebutuhan promosi Anda perlu pahami cara kerja PPC. Sarana ini cukup unik, sebab hanya mengandalkan klik traffic Anda akan lebih maksimal mendapatkan calon konsumen potensial. Berikut caranya:

  1. Dimulai dengan kerjasama antar 2 situs. Yaitu memilih media sosial yang memiliki banyak pengikut. Contoh Instagram milik teman dengan jumlah pengikut 20.000 orang. Kemudian menyisipkan link referensi situs anda. Cara ini efektif membantu Anda untuk mencapai tujuan pay per click yang benar. Karena dengan memilih media terbanyak pengikutnya, otomatis hal tersebut bisa memperluas jaringan lebih besar untuk menarik pelanggan.
  1. Membuat kata kunci. Buat kata kunci supaya saat pengguna internet browsing maka akan muncul alamat anda. Bisa juga alamat dari media sosial atau website rekan yang sudah Anda pilih sebelumnya. Jadi seperti itulah cara kerja dari media PPC untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis saat ini. Dengan memahami cara kerjanya, tentunya ini akan membantu Anda untuk mengenal tujuan PPC lebih jauh.

Mengenal Tujuan Pay Per Click

Secara umum tujuan menggunakan cara ini adalah meningkatkan angka penjualan secara signifikan, membantu promosi iklan. Secara spesifik, tujuan menggunakan cara tersebut untuk melakukan promosi adalah seperti beberapa hal berikut ini:

  1. Target konsumen tepat. Menggunakan PPC membuat target konsumen lebih tepat didapatkan. Orang hanya akan klik iklan apabila benar-benar tertarik atau butuh untuk mendapatkan barang tersebut, sehingga jumlah klik sebanding penjualan.
  2. Tidak perlu takut menghabiskan dana untuk promosi di platform digital. Pengguna internet hanya klik saat membutuhkan. Dan Anda hanya akan dibebankan biaya atas klik tersebut. Jadi lebih efisien tidak sia-sia.
  3. Tujuan pay per click selanjutnya adalah manfaat untuk SEO. Website Anda akan mudah terlihat/ terindeks karena populer dan banyak dicari. Bahkan lebih cepat membawa website menduduki peringkat atas mesin pencarian. Jika menggunakan SERP hasilnya bisa lebih lama. Selain itu PPC berperan sebagai riset dari pebisnis untuk menentukan sendiri kata kunci yang paling efektif. Kata kunci ini juga menentukan peringkat website.
  4. ROI/ return of investment lebih tinggi. Modal yang dikeluarkan untuk publikasi iklan lebih besar namun menggunakan PPC hanya orang-orang tertentu yang akan klik. Jumlah klik adalah jumlah beban biaya anda.

Jenis PPC Paling Sering Ditemui

Tujuan pay per click akan lebih jelas setelah Anda memahami jenis-jenis yang umum digunakan. Berikut adalah jenis PPC yang sering digunakan pebisnis dalam upaya mengembangan bisnis dan memperluas jaringan, yaitu:

  1. Anda pasti sering menemui iklan seperti ini namun tidak menyadarinya. Paling banyak digunakan oleh pebisnis dengan memanfaatkan mesin pencarian seperti Google. Iklan ditandai dengan “Ad” atau “SERP” di bagian atasnya.
  2. Serupa dengan search advertising, namun diterapkan dalam sosial media. Dalam metode ini Anda hanya dibebankan bayaran kepada penyedia fasilitas misalnya pemilik akun sosial media jika ada yang klik iklan tersebut.
  3. Remarketing. Menandai orang-orang yang sebelumnya pernah masuk dan melihat website. Cara ini lebih jitu menarik pembeli, sebab menarik perhatian orang yang pada dasarnya memiliki minat terhadap website dan bisnis anda.
  4. Display advertising. Ini adalah cara memasang iklan di semua website rekanan Google. Dalam iklan ini bisa membatasi siapa saja yang dapat melihat. Misalnya menentukan berdasar gender, usia, minat dan demografi.
  5. Lebih spesifik lagi sebab audiens akan langsung diarahkan ke halaman e-commerce. Anda dapat menampilkan info produk lengkap foto, harga dan deskripsinya. Metode ini memungkinkan konversi tinggi sebab pengunjung sudah familiar.

Baca Juga: 10 Strategi Pemasaran Online untuk Tingkatkan omzet Bisnis

Contoh Penampilan PPC Paling Umum

PPC memiliki beberapa tampilan. Terdapat 3 macam yang umum ditemui melalui internet. Pertama, Text Ad/ iklan text. Saat Anda membuka halaman utama Google ada link paling atas dengan logo “Ad”. Logo tersebut menunjukkan PPC. Jika Anda membuka link maka akan terintegrasi ke dalam website bisnis milik anda. Penampilan kedua paling umum adalah dalam bentuk gambar disebut juga dengan Display Ads. Dapat dilihat saat memasukkan kata kunci di search bar, kemudian yang muncul adalah sekumpulan gambar. Ini bisa jadi merupakan tampilan dari PPC dimana saat diklik akan masuk ke website bisnis. Tampilan ketiga adalah online shopping. Tentu tidak asing dengan pop up yang sering muncul saat browsing. Pada saat ditekan akan masuk ke dalam platform e-commerce atau akun media sosial bisnis.

Dari tampilan iklan PPC tersebut pebisnis bisa memilih mana paling relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Jika ingin lebih menarik, gambar bisa dijadikan pilihan sesuai tujuan pay per click. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms