...

5 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Banyak manfaat Digital Marketing untuk bisnis Anda.

Membahas tentang manfaat digital marketing memang sangat menarik di era serba teknologi saat ini. Perkembangan teknologi tentu saja juga mempengaruhi dunia usaha terutama dalam bidang promosi atau marketing. Hal ini membuat Anda mau tidak mau harus mengikuti perkembangan yang ada agar tidak semakin ketinggalan. Penerapan cara pemasaran satu ini harus disesuaikan dengan kebiasaan serta trend jika ingin maksimal. Sebelumnya ketahui dulu pengertian digital marketing sebagai metode pemasaran dengan memanfaatkan berbagai media digital. Tujuan dari metode ini adalah untuk mendapatkan data, menjangkau pasar dan menarik banyak pelanggan. Dengan memanfaatkan internet membuat kegiatan pemasaran jauh lebih mudah, praktis, hemat biaya dan menguntungkan. Banyaknya keuntungan dari digital marketing yang bisa didapatkan menjadi daya tarik tersendiri untuk Anda coba pelajari.

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Brand Value dan Manfaatnya untuk Tingkatkan Penjualan

Manfaat Digital Marketing dalam Berbisnis

Penerapan strategi promosi menggunakan media digital tentu saja ada banyak keuntungan bisa didapatkan. Adapun beberapa keuntungan tersebut akan dijelaskan berikut ini sebagai gambaran untuk memanfaatkan media satu ini.

1. Lebih Hemat Biaya Promosi

Salah satu manfaat digital marketing yang paling banyak disukai yaitu dari segi budget memang lebih hemat. Karena sarana promosi menggunakan media digital jadi tidak perlu lagi reposit mencetak brosur. Tidak perlu juga membuat spanduk dan baliho yang dipasang di sepanjang jalan tentu lebih banyak biayanya. Tidak harus membuat iklan di media cetak maupun televisi yang harga iklannya sangat mahal. Cukup manfaatkan media digital dimana saat ini semakin beragam untuk dijadikan sebagai media promosi. Seperti memanfaatkan website, Twitter, Facebook, Instagram, Email, TikTok dan banyak media sosial lainnya. 

Proses pembuatan akun di berbagai platform media sosial jauh lebih praktis, mudah dan tidak ada biaya. Dalam pengelolaan juga terserah Anda sendiri mau dikelola sendiri atau menggunakan jasa orang lain. Anda dapat mengatur sendiri berapa biaya yang digunakan karena pada dasarnya semua disediakan gratis. Namun agar profil perusahaan lebih terlihat profesional maka perlu adanya pengembangan tersendiri, sehingga butuh biaya tambahan.

2. Menjangkau Target Pasar Lebih Luas

Dari segi jangkauan pasar memang keuntungan digital marketing sangat bisa dirasakan oleh para pemilik bisnis. Hal ini karena jangkauan pasar sama sekali tidak terpengaruh oleh letak geografis. Anda bebas melakukan promosi dari Sabang sampai Merauke dengan biaya yang bisa dikatakan sama. Karena menggunakan media digital, sehingga siapa saja bisa mengakses informasi secara cepat dan mudah. Luasnya jangkauan pasaran bisa dimanfaatkan untuk bisa menentukan customer yang hendak dibidik. 

Jadi bukan sekedar promosi secara umum untuk semua orang saja dimana target pasarnya tidak jelas sama sekali. Anda tetap bisa menentukan sasaran pelanggan sebagai target promosi baik dari usia, jenis kelamin, profesi, dan banyak lainnya. Dengan adanya target promosi ini membantu Anda membuat konten yang sesuai. Karena cara membidik pasar milenial jelas sangat berbeda dengan pasar profesional jadi jangan disamakan. Konten yang disajikan haruslah memberikan daya tarik tersendiri agar semakin penasaran untuk mengetahui lebih mendalam.

3. Membantu Meningkatkan Penjualan

Dengan biaya promosi sangat minim dan mampu menjangkau pasar lebih luas membuat penjualan semakin meningkat. Hal ini jelas memberikan manfaat digital marketing, sehingga menarik untuk terus diperhatikan. Namun perlu diketahui untuk bisa merasakan manfaat langsung dari marketing secara digital tidak bisa didapatkan secara instan. Tetap dibutuhkan berbagai trik dan strategi terbaik untuk memaksimalkan peluang yang ada.Banyak trik untuk bisa menerapkan strategi marketing digital secara tepat agar bisa meningkatkan penjualan.

Seperti mengikuti seminar, training, workshop bahkan bisa membaca berbagai buku dan banyak cara lainnya. Jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk mempelajari cara promosi satu ini maka bisa memanfaatkan informasi gratis. Belajar dari artikel atau belajar sambil mengembangkan pengetahuan dalam mengelola media sosial. Anda bisa bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan jumlah follower yang mengikuti akun medsos perusahaan. Semakin banyak dipromosikan membuat produk Anda juga akan semakin dikenal luas dan membuat penasaran. Jika dirasa belum mampu maka bisa menggunakan layanan digital agency yang akan membantu Anda secara profesional. Dengan bantuan digital agency maka akan jauh lebih mudah karena dibantu dalam proses pengelolaannya.

4. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Dalam dunia bisnis, komunikasi dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Terbatasnya ruang dan waktu membuat komunikasi ini menjadi sangat sulit untuk dilakukan oleh perusahaan. Komunikasi dengan pelanggan bertujuan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan serta bagaimana tanggapan terkait produk. Review ini sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk maupun layanan yang disediakan. Inilah salah satu keuntungan digital marketing paling menarik karena perusahaan bisa menyediakan layanan terbaiknya. 

Hubungan dengan pelanggan semakin baik karena disediakan layanan online 24 jam setiap harinya. Kesempatan bagi pelanggan untuk lebih mengenal produk maupun profil perusahaan semakin terbuka lebar. Komunikasi dengan pelanggan dapat diciptakan, sehingga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Memiliki pelanggan yang setia dan loyal jauh lebih menguntungkan daripada terus mencari pelanggan baru. Hal ini secara langsung akan mempengaruhi tingkat penjualan, sehingga bisa meningkatkan profit perusahaan.

5.  Data Lebih Akurat dan Cepat

Masih ada manfaat digital marketing lainnya yaitu kemampuan dalam memberikan data yang dibutuhkan. Dalam dunia usaha data sangat dibutuhkan untuk berbagai tujuan dan menjadi bagian penting bagi perjalanan bisnis. Menerapkan pemasaran secara digital tentu saja akan sangat membantu Anda mendapatkan data pelanggan. Informasi yang didapatkan tentu sangat cepat, tepat dan dijamin lebih akurat daripada cara manual. 

Informasi ini jelas akan sangat membantu dalam melakukan analisis sesuai dengan kebutuhan para pelanggan tersebut. Seperti produk apa yang dibutuhkan, cara berbelanja, metode pembayaran paling disukai dan banyak informasi lainnya. Dengan mengetahui informasi ini membuat keputusan terkait pelanggan bisa lebih cepat dan tepat. Data tentang pelanggan bisa juga dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan baik produk maupun jasa, sehingga Anda mampu meningkatkan kualitas selalu menjadi lebih baik sebagai upaya untuk pengembangan bisnis agar semakin dipercaya.

6. Kemudahan Mengevaluasi

Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat memahami perikaku pengguna, seperti preferensi, minat, dan kebutuhan pengguna, sehingga dapat menyusun strategi yang lebih tepat dan relevan. Dengan mengevaluasi data, perusahaan dapat mengidentifikasi tren, melacak kinerja kampanye, dan mengambil tindakan perbaikan atau penyesuaian yang diperlukan.

Jenis Jenis Digital Marketing

Digital marketing mencakup berbagai strategi dan metode untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek menggunakan platform digital. Berikut adalah beberapa macam digital marketing yang umum digunakan:

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses mengoptimalkan situs web agar muncul di peringkat teratas hasil pencarian organik di mesin pencari seperti Google. Ini melibatkan penggunaan kata kunci yang relevan, pengoptimalan konten, struktur situs yang baik, dan taktik lainnya untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web.

2. Search Engine Marketing (SEM)

SEM adalah praktik mempromosikan situs web dengan membayar iklan di mesin pencari. Biasanya, ini mencakup iklan berbayar per klik (pay-per-click/PPC) di platform seperti Google Ads. Pengiklan menentukan kata kunci yang relevan untuk iklan mereka, dan iklan tersebut muncul di hasil pencarian yang terkait dengan kata kunci tersebut.

3. Social Media Marketing

Ini melibatkan penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn untuk mempromosikan produk atau merek. Strategi ini meliputi pembuatan konten menarik, berbagi konten secara konsisten, berinteraksi dengan pengikut, menggunakan iklan berbayar, dan membangun komunitas online.

4. Content Marketing

Content marketing berfokus pada pembuatan dan distribusi konten yang bernilai dan relevan untuk target audiens. Ini mencakup blog, artikel, video, infografis, panduan, e-book, dan berbagai bentuk konten lainnya. Tujuan utama content marketing adalah untuk menarik perhatian, memberikan informasi yang bermanfaat, dan membangun hubungan dengan audiens.

Baca Juga: Tips Membuat Tagline Menarik untuk Bisnis Anda

5. Email Marketing

Email marketing melibatkan pengiriman email kepada pelanggan atau prospek dengan tujuan mempromosikan produk, meningkatkan keterlibatan, atau membangun kesetiaan. Ini melibatkan penyusunan pesan yang relevan, segmentasi pengguna, pengujian A/B, dan pengukuran hasil untuk mencapai hasil yang diinginkan.

6. Influencer Marketing

Stategi ini melibatkan kerjasama dengan orang-orang yang memiliki pengaruh dan pengikut besar di media sosial untuk mempromosikan produk atau merek. Influencer menggunakan platform mereka untuk merekomendasikan atau membahas produk secara organik atau melalui iklan berbayar.

7. Affiliate Marketing

Dalam affiliate marketing, perusahaan membayar afiliasi (biasanya blogger atau pemilik situs web) komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan melalui tautan afiliasi mereka. Ini adalah cara efektif untuk memperluas jangkauan pemasaran dan mendapatkan eksposur di berbagai situs web.

8. Mobile Marketing

Mobile marketing mencakup strategi pemasaran yang ditargetkan untuk pengguna perangkat mobile, seperti iklan di aplikasi mobile, pesan teks (SMS marketing), atau pemasaran berbasis lokasi menggunakan teknologi seperti GPS.

Masih banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan strategi marketing secara digital. Keuntungan digital marketing akan sangat terasa jika Anda mampu menerapkan secara tepat dan maksimal pada bisnis. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms