5 Langkah Jitu Membuat Membuat Bisnis Viral

Digital Marketing

Gunakan viral Marketing untuk keuntungan lebih optimal

Viral marketing dapat dimanfaatkan perusahaan demi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Belakangan ini arus informasi yang ada di internet semakin menunjukkan kecepatannya, hal inilah yang membuat banyak berita menjadi cepat terkenal. Masa sekarang ini, semua orang pastinya sudah lebih gampang untuk mencari informasi. Mungkin banyak orang yang belum tahu tentang viral marketing ini, oleh karena itu dibawah ini akan dijelaskan informasinya.

Baca Juga: 5 Manfaat ini Akan Anda Dapatkan Melalui Dreambox Digital Agency Jakarta

Mengenal Arti dari Viral Marketing

Strategi bisnis yang memanfaatkan jejaring sosial  untuk mempromosikan suatu produk disebut dengan viral marketing. Sebenarnya, hampir sama dengan word of mouth jika dilihat dari cara penggunaannya, baik itu dengan media sosial ataupun internet.  Masyarakat nantinya akan mendapatkan content yang menarik dan gratis, karena perusahaan akan membuat jingle song ataupun video lucu untuk memasarkan produknya. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa menerima pesanan lebih banyak dengan adanya dorongan content tersebut.

5 Langkah Jitu Membuat Bisnis Viral Lebih Cepat

Usaha yang baru dimulai pasti sangat membutuhkan yang namanya viral marketing. Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih berminat untuk membeli produk perusahaan. Content yang berkesan dan dapat mendorong para masyarakat untuk membeli sebuah produk biasanya disebut dengan content yang berkualitas. Untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara yang tepat dalam membuat promosi pemasaran yang langsung viral, di bawah ini akan dijelaskan informasinya.

1. Menentukan Tema Terlebih Dahulu

Sebelum memulai kampanye viral, hal utama yang harus Anda lakukan adalah memuat alasan untuk mengontrol dan membagikan pesan dari kampanye viral tersebut. Hal ini dilakukan agar para audiens memahami pesan yang diberikan perusahaan dari tema yang akan dibuat. Pesan dalam content seharusnya tidak hanya sekedar dibagikan saja, namun harus memiliki makna, sehingga kampanye pemasaran viral lebih terencana.

2. Memahami Keinginan Audiens

Memahami apa yang disukai audiens menjadi kunci utama untuk membuat kampanye viral yang sukses. Perusahaan bisa mempelajari analitik media sosial sebelum memperoleh semua informasi penting mengenai segmen pasar. Misalnya saja melalui view pages, keyword, interaksi sosial atau bahkan audiens harus memiliki metrik penting yang saling berhubungan. Selain terhubung dengan audiens, informasi ini juga bisa membantu dalam mengidentifikasi platform yang ideal. Perusahaan pun akan lebih mudah untuk mendorong masyarakat berbagi dengan orang lain melalui jaringan mereka dan merancang pesan yang menarik, hal tersebut harus dipahami dengan jelas.

3. Menggunakan Hastag yang Tepat

Menggunakan hastag atau tagar menjadi salah satu cara yang bagus agar menjadikan produk viral dan meningkatkan visibilitas content. Dengan hastag tersebut, perusahaan bisa mempromosikan content dan meminta audiens supaya bisa berbagi ke temannya. Hal ini juga yang bisa digunakan dalam mengambil gambar dan menyebarkan ke khalayak yang lebih umum, sehingga semua orang bisa mengetahui masalah yang sedang hangat-hangatnya.

4. Up to date trend terbaru

Mulai dari cerita hidup, isu sosial, gambar menarik dan lain-lain pastinya akan mengikuti trend yang sedang berkembang di internet. Perkembangan trend di internet ini memang sangat cepat dan penting bagi perusahaan. Perusahaan bisa menggunakan trend ini dan mempelajarinya sebagai bahan dalam pembuatan content. Hal ini juga yang akan membuat banyak orang lebih tersentuh secara personal melalui content yang diunggah dan bersifat relatable. 

5. Mencari Platform yang Cocok dengan Content

Perusahaan bisa menggunakan platform untuk mengunggah konten yang menarik, baik itu melalui newsletter, blog, ataupun situs web yang bisa digunakan untuk membuat content berbasis teks yang ideal. Untuk video dan gambar biasanya lebih cocok diunggah ke TikTok, Twitter, Instagram, dan Facebook. Apabila audiens percaya dengan produk perusahaan, maka ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan nilai produk yang tinggi, oleh karena itu kampanye harus otentik. 

Pengaruh Adanya Viral Marketing Untuk Pebisnis

Untuk membuat content yang kreatif pastinya perusahaan akan melakukan berbagai cara dalam memperbaiki tagline, ilustrasi, penggunaan memes dalam kultur populer ataupun content video yang menerapkan viral marketing. Misalnya saja instagram, akan digunakan perusahaan untuk mempromosikan produknya melalui content video maupun gambar. Semakin banyak jumlah like dan share yang didapat maka akan semakin terkenal pula produk tersebut, inilah yang menjadi strategi marketing dari perusahaan.  

Manfaat Adanya Viral Marketing Bagi Perusahaan

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dari adanya viral marketing, yakni :

1. Dapat Menjangkau Pelanggan lebih luas

Biaya yang lebih murah menjadi dambaan setiap perusahaan untuk mengkampanyekan dagangannya. Hal inilah, yang menjadi salah satu manfaat dari adanya marketing, agar bisa menjangkau pelanggan  lebih luas dengan harga yang murah. Apalagi bagi perusahaan yang mungkin hanya memiliki dana periklanan terbatas ini bisa menjadi solusi perusahaan tersebut.  

2. Lebih Hemat dan Meningkatkan Brand Awareness

Dengan menggunakan kampanye viral membuat biaya content jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pemasaran tradisional yang banyak pengeluarannya. Selain itu, audiens akan lebih tertarik dengan content yang dibuat dari perusahaan. Hal ini juga yang akan menjadi bukti bahwa perusahaan telah memahami semua keinginan audiens dengan melalui kampanye viral. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Sosial Media Agency untuk Pesatkan Bisnis  Anda

Content memang tidak hanya membuat brand awareness semakin meningkat, namun bisa memberikan informasi yang jelas mengenai produk, jadi perusahaan akan lebih terbantu dan tidak perlu ke jalanan untuk memasarkannya. Namun, hal yang harus diingat oleh perusahaan dalam membuat content adalah dapat menyamakan visi dan misi yang ada di dalam perusahaan tersebut. Selain itu, jangan sampai perusahaan kehilangan value produk yang disampaikan dan jati dirinya menjadi tidak tepat, karena ingin cepat viral. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.