Manfaat Membuat Hashtag Twitter untuk Konten Marketing Anda

Digital Marketing

Pengguna Twitter pastinya sangat familiar dengan hashtag Twitter

Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang saat ini masih efektif dijadikan sarana pemasaran secara online, salah satunya dengan hastag twitter. Platform ini masih menjadi andalan utama dalam kegiatan social media marketing bersama dengan Facebook dan Instagram. Ini disebabkan karena pengguna ketiga platform tersebut masih sangat besar. Di Indonesia sendiri, platform Twitter masih didominasi oleh pengguna internet dari kelompok usia muda atau generasi milenial. Ini menghasilkan kesimpulan bahwa bisnis yang menawarkan produk dengan target anak muda bisa dipasarkan lewat Twitter. Jika Anda sedang mencari strategi pemasaran digital, platform media sosial ini sangat layak dijadikan kandidat utama untuk memuat konten-konten marketing. Ketika mengunggah konten, jangan lupa pula menyematkan tanda pagar alias hashtag.

Baca Juga: Semakin Diminati, Berikut Cara Social Media Agency Membuat Konten Instagram

Manfaat Hashtag Twitter untuk Konten Marketing

Hashtag adalah tanda pagar yang pertama kali diperkenalkan oleh Chris Messina, yakni web marketing specialist dari Twitter. Penggunaan tanda pagar direkomendasikan untuk mengelompokkan cuitan dengan topik yang sama. Cara membuat hashtag ialah menempatkan tanda pagar lalu diikuti kata kunci atau frasa tanpa spasi. Misalnya #dreambox atau #brandingagency dan sebagainya. Lantas, apa saja manfaat membuat tagar di konten marketing Twitter?

1. Hashtag Twitter Meningkatkan Engagement

Membuat konten marketing yang disertai tagar pada topik tertentu dapat meningkatkan engagement dengan para pengikut atau followers. Ini dapat dijadikan sebagai materi konten ketika terdapat trend yang tengah berkembang di jagat Twitter. Banyaknya pengguna yang membuat tweet mengenai trending topik menunjukkan antusiasme pengguna akan topik tersebut. Maka ini bisa dijadikan momentum bagi brand Anda untuk memperkuat ikatan dengan para followers. 

Menambahkan tagar membuat tweet Anda akan lebih mudah terlihat oleh followers bahkan menjangkau audiens lebih luas. Keterlibatan brand pada topik yang marak membuat audiens Anda merasa memiliki koneksi lebih. Biar bagaimanapun, sebaiknya Anda tetap bijak dalam memilih topik-topik sebelum berpartisipasi. Hindari topik sensitif karena ini berisiko menjatuhkan bisnis Anda. Sebaliknya, pilihlah tagar bernuansa menyenangkan dan seru untuk meramaikan suasana.

2. Hashtag Twitter Bermanfaat untuk Branding

Branding adalah salah satu kunci kesuksesan suatu bisnis. Branding yang sukses dapat mempermudah kegiatan pemasaran melalui berbagai platform. Nah, cara untuk membangun brand Anda salah satunya melalui tagar Twitter. Buatlah hashtag khusus sesuai nama brand bisnis Anda secara konsisten. Menyematkan nama brand dengan tagar pada post atau cuitan di Twitter dapat membangun brand awareness audiens. Cara ini juga dapat memancing percakapan pengguna sehingga mereka tertarik melihat promosi Anda. Ini bisa menjadi prospek yang baik dan mengkonversinya menjadi transaksi penjualan hingga membangun loyalitas konsumen.

 3. Hashtag Twitter Memberikan Konteks 

Setiap pengguna platform media sosial ini pasti paham bahwa jumlah karakternya sangat dibatasi. Anda hanya bisa membuat post dengan maksimal 280 karakter saja. Meski demikian, cuitan tersebut tetap bisa dipahami. Kuncinya adalah dengan adanya konteks tertentu yang dipahami secara universal. Yaitu dengan cara menambahkan tagar pada twit tersebut. Walaupun jumlah karakternya sangat terbatas, ini bukan berarti konten marketing tidak bisa efektif. Sebaliknya, Anda dapat memanfaatkan keterbatasan tersebut untuk memancing rasa penasaran audiens sehingga mereka mau mengikuti cuitan-cuitan lainnya. Asalkan tidak lupa menambahkan tagar pada twitter yang berkonteks sama.

 4. Hashtag Twitter Efektif Mengelompokkan Informasi

Anda juga bisa mengelompokkan sejumlah informasi yang satu topik menggunakan hashtag. Dengan begitu, audiens bisa dengan mudah mendapatkan informasi tersebut melalui fitur pencarian hashtag. Misalnya informasi tentang rekomendasi produk skincare untuk pemakaian pagi dan malam, inspirasi fashion style, serta lain sebagainya. Informasi tersebut bukan hanya terbatas pada konten teks saja. Akan lebih efektif apabila Anda memadukannya dengan jenis konten bergambar hingga cuplikan video. Konten foto atau video juga cukup diminati di kalangan pengguna Twitter.

5. Hashtag Twitter Membantu Audiens Menemukan Brand

Fitur tagar bukan hanya memberikan keuntungan bagi marketer saja. Akan tetapi, fitur ini juga memberikan kemudahan bagi audiens ketika ingin menemukan brand baru sesuai ketertarikan mereka. Ketika seorang pengguna Twitter mengikuti post dengan tagar yang berhubungan dengan pariwisata atau travel, ini membuka peluang bagi konten marketing Anda muncul di timeline mereka.

Tips Menggunakan Hashtag Twitter untuk Konten Marketing

 Manfaat membuat tagar pada konten marketing di Twitter tidak bisa memberikan hasil optimal jika tanpa mengaplikasikan strategi jitu. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa saja tips dan strategi supaya tagar ini berhasil.

1. Analisis Kompetitor

Tips pertama yang perlu diterapkan yaitu menganalisis atau mempelajari pesaing alias kompetitor. Temukan informasi seputar kompetitor yang masih bersesuaian dengan niche market Anda. Manfaatkan data serta informasi tersebut sebagai bahan analisis tagar apa saja yang dipakai oleh pesaing. Mencatat tagar-tagar tersebut dapat membantu memudahkan mengenali kata kunci apa saja yang sering digunakan.

Selain kompetitor, ada baiknya pula menganalisis pola penggunaan hashtag oleh para influencer, karena terdapat kecenderungan audiens untuk mengikuti influencer yang mereka minati. Influencer dengan relevansi terhadap niche market Anda juga perlu dipelajari untuk menemukan tagar yang berhubungan. Lewat cara tersebut, akan lebih mudah memperluas jangkauan serta meningkatkan engagement.

 2. Gunakan Hashtag Twitter yang Relevan dengan Bisnis Anda

Relevansi menjadi aspek yang berperan signifikan terhadap efektivitas penggunaan tagar. Oleh sebab itu, pastikan agar selalu menggunakan tagar relevan sesuai bisnis Anda. Alangkah baiknya melakukan riset kata kunci atau frasa secara mendalam. Dengan begitu, tagar dengan persaingan rendah dapat ditemukan serta memberikan efek lebih baik. Penggunaan tagar dengan kata kunci lebih spesifik mungkin memang jarang dilakukan. Akan tetapi ini bisa memungkinkan konten marketing terhubung dengan target audiens lebih spesifik. Dan pada akhirnya, audiens ini menjadi prospek bagus untuk dikonversi menjadi konsumen.

Baca Juga: 5 Manfaat Google Ads untuk Marketing Bisnis Anda

 3. Evaluasi Kinerja Tagar pada Konten Sebelumnya

Evaluasi sangat penting untuk mengetahui performa konten marketing secara umum. Penambahan hashtag berbeda pada konten berbeda biasanya menghasilkan kinerja berbeda pula. Perhatikan tweet-tweet dengan impresi dan engagement tinggi. Lalu cermati tagar apa saja yang digunakan pada tweet-tweet terpopuler tersebut. Jika terdapat pola penggunaan tagar yang sama, jangan ragu menggunakannya kembali di konten berikutnya. Jika tidak ingin kesulitan menyusun strategi dan riset, tidak ada salahnya menggandeng agensi untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Kami memiliki track record positif dalam pekerjaan digital marketing. Hashtag Twitter adalah sebagian kecil strateginya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.