...

Semakin Diminati, Berikut Cara Social Media Agency Membuat Konten Instagram

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Layanan dari social media agency kini semakin dibutuhkan

Social media agency sering digunakan dalam upaya untuk meningkatkan engagement serta penjualan produk maupun jasa suatu perusahaan. Digital marketing sudah tidak asing lagi bagi Anda, teknik pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform digital atau internet secara online. Platform digital sendiri terdiri dari beberapa jenis. Misalnya website bisnis, media sosial, hingga channel YouTube. Sosial media sendiri merupakan salah satu saluran yang memiliki pengguna sangat tinggi baik di Indonesia maupun luar negeri. 

Baca Juga: 3 Cara Ampuh Menjalankan Affiliate Marketing

Melalui saluran ini, Anda bisa mempromosikan brand serta produk dengan jangkauan seluas-luasnya. Sementara itu, jenis sosial media paling banyak digunakan oleh generasi milenial maupun gen Z salah satunya ialah Instagram. Platform ini menyajikan berbagai konten mulai dari gambar, infografik, hingga video. Potensi Instagram sebagai media pemasaran digital sangat besar. Meski demikian, ini bukan berarti Anda tidak perlu melakukan pengelolaan secara strategis dan terstruktur. Tanpa perencanaan serta pengelolaan, hasilnya tidak akan maksimal.

Langkah Social Media Agency dalam Membuat Konten Instagram

Agensi yang bergerak di bidang pengelolaan sosial media bisnis tentu memiliki strategi khusus dalam membuat konten Instagram. Berikut ini beberapa bocoran yang bisa Anda adopsi dan menerapkannya ke akun Instagram bisnis.

1. Membuat Perencanaan

Untuk menghasilkan impresi serta engagement yang positif, karena ini merupakan salah satu fungsi Instagram marketing. Yakni mengajak pengguna atau audiens untuk tetap terhubung dengan bisnis Anda melalui berbagai konten menarik serta bermanfaat. Pertama-tama, langkah yang dijalankan oleh agensi media sosial yaitu membuat perencanaan. Perencanaan ini meliputi 3 aspek utama, yaitu menentukan tujuan secara jelas, membangun tampilan visual, serta menyusun jadwal posting.

  • Menentukan Tujuan yang Jelas

Social media agency selalu berangkat dari serangkaian tujuan pemasaran. Menentukan tujuan pemasaran akan membantu Anda tetap fokus agar mencapai tujuan tersebut. Sederhananya, tujuan adalah guideline yang mengarahkan susunan strategi.

  • Membangun Tampilan Visual

Perlu dipahami bahwa salah satu kekuatan utama Instagram adalah pada tampilan visual atau yang kerap disebut dengan istilah feed. Mengatur feed dapat membantu audiens memahami suatu bisnis lebih cepat. Menampilkan logo perusahaan pada bagian foto profil juga termasuk cara memperkenalkan brand atau membangun brand awareness secara efektif. Selain itu, pemilihan warna turut berpengaruh dalam membangun citra atau personality brand.

  • Menyusun Jadwal Posting

Agensi media sosial sangat memahami bagaimana pengguna platform Instagram mengakses akun pribadi mereka. Maka tidak heran jika mereka selalu merencanakan jadwal memposting konten baru secara rutin dan teratur.

2. Menyusun Strategi Konten Selaras dengan Tujuan

Social media agency juga memiliki peran penting dalam menyusun berbagai strategi konten (konten strategy) untuk feed Instagram bisnis. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan marketing dapat dijadikan sebagai patokan. Dengan adanya patokan tersebut, para ekspert di balik agensi ini dapat menghasilkan strategi konten secara efektif sehingga tujuan marketing bisa tercapai. Satu diantara tujuan marketing ialah untuk meningkatkan impresi serta engagement audiens. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi yang dapat diaplikasikan yaitu dengan membuat konten berisi informasi bermanfaat. Tentunya informasi tersebut harus dikemas dalam tampilan menarik. Baik itu berupa foto, video, ilustrasi, atau infografik.

3. Memahami Jenis Konten dengan Tepat

Setiap orang yang bekerja di bidang social media agency tentu memahami bahwa terdapat beberapa jenis konten Instagram. Berbagai jenis konten tersebut dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan engagement dengan audiens sehingga terkonversi.

Adapun beberapa jenis konten Instagram yang dapat meningkatkan performa marketing bisnis antara lain sebagai berikut:

  •  Foto

Foto adalah jenis konten yang sangat umum Anda jumpai di Instagram. Ini adalah modal utama untuk membuat audiens tertarik dengan produk bisnis Anda. Maka, kualitas foto produk akan menentukan performa engagement. Terkadang mengunggah beberapa foto sekaligus juga diperlukan untuk memperlihatkan detail-detail produk dari berbagai sudut. Ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu audiens tentang kualitas suatu produk atau layanan.

  •  Video

Instagram juga memungkinkan penggunanya mengunggah video pendek. Tidak heran jika social media agency merekomendasikan jenis konten ini karena terbukti mendatangkan engagement cukup tinggi. Durasi video yang pendek juga cukup menguntungkan karena Anda bisa fokus menunjukkan kualitas produk atau memperkenalkan jasa secara efektif dan cepat. Bahkan video berdurasi pendek membuat audiens tidak men-skip konten Anda.

  • Infografis

Kini banyak sekali pelaku bisnis yang memanfaatkan konten infografis dalam kegiatan pemasaran mereka. Infografis merupakan konten berisi informasi menarik serta bermanfaat yang memberikan nilai-nilai edukasi atau lainnya kepada audiens. Infografis yang berupa visual menarik tentu saja lebih diminati ketimbang menulis caption panjang lebar. Dengan teks, data, statistik yang tersaji secara simpel, audiens bisa mengikuti informasi di dalamnya secara cepat dan mudah.

  •  Sorotan/Highlight

Konten ini berguna khususnya bagi audiens yang baru pertama kali mengunjungi akun Instagram bisnis Anda. Bagian sorotan atau highlight disediakan untuk menampilkan informasi penting terkait bisnis Anda. Misalnya cara pemesanan, prosedur pembayaran, proses packaging dan pengiriman, serta informasi penting lainnya. Dengan konten sorotan, audiens bisa memahami karakter bisnis Anda tanpa harus kesulitan menanyakan satu per satu.

  •  Kontes

Ini adalah jenis konten yang biasanya juga direkomendasikan oleh social media agency untuk memaksimalkan engagement. Karena konten kontes melibatkan pengguna lain untuk turut serta dan memenangkan suatu reward.

4. Tampilan Feed dan Jadwal yang Konsisten

Agensi media sosial profesional tentu saja bukan hanya bertugas untuk membuat konten saja. Akan tetapi memperhatikan konsistensi baik dalam hal tampilan visual hingga jadwal memposting konten baru. Dengan demikian, konsistensi menjadi poin penting untuk menentukan kesuksesan kegiatan pemasaran digital khususnya melalui Instagram.

5. Optimasi Instagram Marketing

Social media agency memahami bahwa optimasi tidak hanya penting untuk konten saja. Akan tetapi juga penting dilakukan pada akun bisnis. Optimasi konten Instagram bisa dilakukan dengan cara membuat tagar yang relevan sehingga mudah ditemukan, sedangkan optimasi akun dilakukan sejak pembuatan nama atau username. Pemilihan nama yang mudah diingat serta merepresentasikan bisnis secara tepat adalah sebuah keharusan.

Baca Juga: Gunakan Jasa Digital Marketing Consultant Jika Bisnis Anda Mengalami Hal Berikut ini

Optimasi akun juga dilakukan dengan memasang foto profil menggunakan logo atau brand bisnis. Serta melengkapi profil secara singkat namun menjelaskan dan mencantumkan CTA (call to action) berupa link atau lainnya.Berpengalaman dalam branding, kami hadir membantu Anda mempromosikan bisnis melalui analisis serta riset mendalam, sehingga menghasilkan strategi jitu untuk mencapai tujuan. Jasa social media agency dapat meningkatkan performa bisnis Anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms