10 Strategi Pemasaran Online untuk Tingkatkan omzet Bisnis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Tingkatkan Omzet Bisnis dengan Strategi pemasaran online.

Strategi pemasaran online sangat beragam. Setiap saat bisa saja terjadi perubahan pola dalam bisnis yang menggunakan platform digital sebagai media komunikasi. Kondisi ini menuntut pebisnis untuk terbuka dan mengikuti perubahan. Beberapa tahun sebelumnya marak pemasaran menggunakan metode door to door. Paling efektif karena langsung bertemu dengan target pasar. Bahasa persuasif yang disampaikan didukung sample produk merupakan cara paling jitu sekarang. Metode tersebut mulai ditinggalkan terkait kebutuhan perusahaan dalam efisiensi biaya. Selain itu juga sudah tersedia media digital yang lebih efektif sebagai sarana mempromosikan produk dengan persentase penjualan menjadi lebih besar. Dalam pemanfaatan media digital, Anda perlu menerapkan strategi tepat sasaran sesuai tema produk, sehingga secara signifikan mampu meningkatkan omzet bisnis dalam angka fantastis serta berkesinambungan dan tidak berhenti begitu saja.

Baca Juga: Tips Jitu Membuat Website Branding untuk Bisnis Anda

10 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif

Pebisnis harus memiliki visi misi jelas dan mau berubah mengikuti perkembangan jaman. Untuk itu Anda perlu menerapkan cara yang efektif dan tepat sasaran agar omzet meningkat. Berikut cara melakukan marketing:

1. Content marketing

Narasi artikel yang dimuat dalam sosial media atau website bisnis. Dalam narasi yang ditulis audiens mendapatkan info seputar profil perusahaan, fokus bisnis, deskripsi dan manfaat produk serta harga. Cara ini paling mudah sebab Anda hanya butuh menulis berdasarkan tema dan tujuan bisnis. Tidak dibutuhkan kemampuan editing gambar maupun video. Lebih mudah upload sebab kualitas dan ukuran file kecil. Narasi diutamakan berisi informasi yang berguna dalam jangka panjang, sehingga sekali upload berguna untuk beberapa bulan ke depan. Penjualan bisa lebih kontinyu dengan membuat content marketing yang relevan dengan produk.

2. SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan strategi pemasaran online untuk meningkatkan visibilitas dalam mesin pencarian. Dengan teknik ini, halaman website bisnis yang dibangun dapat muncul dalam daftar teratas mesin pencarian. Dibutuhkan beberapa aspek dalam SEO seperti meta tags dan backlink. Keduanya memudahkan mesin pencarian memahami konten di dalam website anda. Pengunjung mendapatkan lebih banyak informasi terkait konten yang sedang dibutuhkan. Dalam pembuatannya tidak hanya asal menulis narasi. Anda perlu membuat kata kunci yang tepat, menarik dan banyak dicari audiens. Secara berkala konten perlu diperbaharui termasuk kunci yang digunakan saat itu.

3. SEM (Search Engine Marketing)

Serupa dengan SEO namun biayanya lebih besar. Tujuannya adalah menempatkan halaman website atau konten di daftar paling atas mesin pencarian. Hal ini dimaksudkan untuk menarik pengunjung. Dalam teknik ini digunakan kata kunci tertentu yang terhubung dengan konten. Memudahkan pencarian oleh pengguna internet. Teknik marketing ini lebih jitu dalam mengkonversi pengunjung menjadi konsumen, sehingga sering dipakai pebisnis.

4. Social Media Marketing

Strategi pemasaran online yang paling mudah dilakukan oleh pebisnis bahkan skala rumahan sekalipun. Yang perlu dilakukan hanyalah membuat postingan secara berkala setiap hari, sehingga banyak orang melihatnya. Memanfaatkan daftar pertemanan dan follower yang dimiliki adalah cara paling jitu saat ini. Karena dalam hal ini, pasar utama Anda adalah pengguna sosial media lainnya. Anda bisa menggunakan akun medsos. Yaitu di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, TikTok untuk upload konten setiap hari, sehingga Anda bisa mendapatkan banyak teman baru dan follower untuk menggaet calon konsumen serta jaringan yang lebih besar.

5. Personalized

Personalized merupakan strategi pemasaran online yang penting untuk mendukung kenaikan penjualan produk maupun jasa. Dalam teknik ini Anda memasarkan secara personal. Contoh menghubungi calon pembeli melalui email atau aplikasi pesan. Anda dapat menyediakan link untuk pendaftaran konsumen. Selanjutnya secara berkala konsumen akan mendapatkan update email mengenai produk dan promo terbaru. Bisa juga memanfaatkan daftar kontak HP untuk menawarkan secara personal.

6. Integrated Digital Marketing

Integrasi antara beberapa media digital untuk pemasaran produk. Dalam sekali posting Anda dapat membagikan melalui Facebook, Instagram, Youtube, Blog, Website dan lainnya. Lebih banyak lagi jangkauan relasinya, sehingga dengan menggunakan strategi pemasaran online seperti ini mampu menarik calon konsumen lebih banyak lagi. Karena Anda melakukan pemasaran pada beberapa tempat sekaligus. Jadi, untung yang didapatkan juga lebih besar. Menggunakan media digital tersebut Anda bisa mengisi konten dengan tutorial, review produk, manfaat. Bisa dalam bentuk gambar beserta teks atau gabungan video yang lebih mewakili pesan yang akan diterima sesungguhnya.

7. Continuous Marketing

Sistem pemasaran secara berkesinambungan. Untuk menggunakan fasilitas ini Anda bisa memilih platform tertentu dengan kategori bisnis. Cara kerjanya berbeda dengan akun personal yang biasa digunakan untuk media komunikasi. Platform digital sudah memiliki batasan kategori audiens berdasarkan jenis kelamin, demografi, minat dan sebagainya. Memanfaatkan algoritma tersebut sangat mendukung perkembangan omzet bisnis Anda dalam jangka panjang, sehingga bisa memberikan keuntungan.

8. Visual Marketing

Maksud dari visual marketing adalah pemasaran yang menggunakan visualisasi. Bukan konten berupa teks berisi informasi produk. Cara ini lebih optimal dalam meningkatkan omzet bisnis sebab lebih diminati orang. Minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah, maka lebih mudah menarik perhatian menggunakan gambar dan video. Untuk kebutuhan marketing Anda bisa memanfaatkan aplikasi video singkat untuk memperkenalkan produk/ jasa kepada audiens.

9. Mobile Marketing

Kebanyakan strategi pemasaran online lebih menekankan penggunaan PC maupun laptop. Sebab tampilan website lebih maksimal, grafis tinggi, gambar dan video lengkap, fitur pemesanan atau komunikasi lebih mudah digunakan. Namun mengingat pengguna smartphone sangat pesat di Indonesia, maka setiap pebisnis dapat mengembangkan cara promosi secara mobile. Anda bisa menyajikan website yang lebih friendly dalam smartphone menggunakan media platform tertentu.

10. Affiliate atau afiliasi merupakan pemasaran dengan kerjasama

Anda akan membutuhkan bantuan influencer untuk mengenalkan dan mempromosikan produk lebih luas. Bisa juga menggunakan jasa reseller sebagai kepanjangan tangan untuk menarik pelanggan. Dalam kerjasama afiliasi terdapat perhitungan fee untuk pemasar. Sebab sudah membantu menjualkan produk. Kerjasama ini lebih menguntungkan dibanding Anda menggunakan tenaga pemasar di lapangan. Karena caranya dinilai jauh lebih hemat.

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing? Apa Keuntungannya Bagi Bisnis Anda?

Dari 10 strategi di atas, bisa Anda pilih beberapa di antaranya sesuai dengan kondisi perusahaan dan tujuan pemasarannya. Namun jika skala bisnis kecil Anda bisa fokus menggunakan strategi pemasaran online.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms