...

5 Tipe Market Research Online Communities dan Manfaatnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
market-research-online-communities

Apa itu Market Research Online Communities?

Market research online communities atau disingkat MROC sangat berguna bagi perusahaan dalam meningkatkan bisnis Anda. Sebab MROC merupakan sebuah strategi dan alat untuk riset market yang berharga dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dihasilkan biasanya berupa opini atau pendapat market dan konsumen yang memiliki minat serupa. 

Mereka dikumpulkan dalam satu platform online mandiri. MROC berguna bagi bisnis Anda sebagai pijakan atau referensi dalam membuat strategi pemasaran berikutnya. Di sini akan dibahas pentingnya mengetahui dan menjalankan MROC di era serba digital dan fast paced seperti saat ini.

Mengenali Tipe-Tipe Market Research Online Communities

Sebagai catatan, beberapa objektif atau goal spesifik yang ingin dicapai dengan mengadakan MROC tentu berbeda untuk setiap bisnis. Berikut ini adalah tipe-tipe MROC yang bisa menjadi opsi untuk diterapkan dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

1. Short-term Community

Jenis komunitas yang satu ini berarti memiliki batas waktu yang pendek. Kira-kira dengan periode 3-7 hari saja untuk waktu paling singkat. Sementara untuk batas periode maksimalnya melakukan riset market bisa sampai 3 bulan lamanya. 

Biasanya, jenis komunitas jangka pendek ini terdiri dari maksimal 50 orang responden, bahkan bisa kurang. Komunitas ini akan digunakan dalam proses MROC untuk menerima informasi secara cepat.

2. Pop-up Community

Sementara tipe kedua adalah pop up community, bisa disebut juga on-off komunitas. Biasanya dipergunakan untuk riset dalam jangka waktu yang panjang, namun durasi pelaksanaannya pendek dan tak menentu. Pop up community bisa diaktifkan atau nonaktifkan tergantung dari kebutuhan perusahaan. 

Jika data atau informasi dari peserta komunitas sedang dibutuhkan, maka komunitas akan diaktifkan. Riset ini biasanya dilakukan melalui telepon dan dalam proses sesingkat mungkin. Peserta komunitasnya 50 – 250 orang. Jadi peserta hanya akan berhubungan dengan tim market research online communities begitu mendapat pemberitahuan saja.

3. Komunitas Online Berkelanjutan

Untuk proyek MROC semacam ini tentu membutuhkan dana yang besar dan platform yang mumpuni. Karena akan membutuhkan peserta komunitas mulai dari 200 hingga 5000 orang. 

Para responden di komunitas ini harus terlibat aktif di platform online yang sudah disediakan. Untuk membangun dan maintaining komunitas online skala besar dan berkelanjutan seperti ini dibutuhkan banyak investasi dan energi. 

4. Ongoing Branded MROC

Penyebutan lain untuk jenis market research online communities ada juga berupa on-going branded yang mana memang dirancang untuk waktu yang panjang. Menargetkan komunitas tertentu yang merupakan pelanggan dari merek tertentu. 

Sehingga hasil dari adanya komunitas Ongoing Branded ini akan dipakai oleh sebuah brand untuk lebih memahami sikap, sentiment serta minat pelanggan mereka. 

Di komunitas ini para konsumen berkumpul untuk memberikan pengalaman dan pendapat mereka terhadap pemakaian suatu brand. Riset ini harus dilakukan secara berkala dan rutin, karena menyangkut perkembangan pemakaian produk yang telah sampai di tangan konsumen. Diperlukan tim berdedikasi dari perusahaan yang mengawasi loyalitas konsumen pada komunitas dan brand.

5. Ad Hoc MROC

Disebut juga dengan platform atau forum komunitas berjangka pendek. Para anggota komunitas ini dipilih karena banyak kesamaan. Baik itu dari demografis atau interestnya, proses penyaringan peserta ke komunitas juga tidak ketat. 

Tujuan perusahaan mengadakan Ad Hoc MROC pun berbeda-beda, terkadang konsumen juga melakukannya tanpa bayaran. Prosesnya termasuk cepat dan instan dengan pertanyaan-pertanyaan yang mudah dijawab oleh peserta di komunitas ini. 

Cara Kerja Market Research Online Communities

MROC memiliki fungsi yang begitu bermanfaat bagi perusahaan yang ingin memahami pola pasar mereka. Sederhananya, berikut ini adalah rangkuman cara kerja MROC. Perusahaan membuat dan menentukan tipe MROC yang akan dilakukan. Tentu saja sudah termasuk dengan tujuan-tujuan dan data apa saja yang ingin digali. 

Baru kemudian melakukan pengumpulan peserta komunitas yang sesuai dengan kriteria spesifik. Kriteria ini ditentukan oleh tim MROC setelah menggagas goal yang ingin dicapai dari aktivitas ini. Biasanya peserta ditentukan dari demografis tertentu, pelanggan setia brand dan banyak lainnya. Mereka yang memenuhi kriteria akan dikumpulkan di dalam satu platform online. 

Di dalam platform itu akan terjadi komunikasi yang melibatkan diskusi. Tim peneliti MROC memberikan pertanyaan-pertanyaan pada komunitas. Jawaban-jawaban tersebut akan dikumpulkan dan dianalisis oleh tim MROC. 

Dengan melakukan MROC, bisa memangkas biaya riset yang tinggi tanpa harus melakukan pertemuan tatap muka langsung. Budget bisa dialokasikan untuk pembuatan atau support platform yang memudahkan komunitas dan tim MROC untuk terhubung. 

Manfaat Market Research Online Communities Dalam Pemasaran Digital

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari MROC yang bisa Anda terapkan dalam pemasaran digital.

1. Akses Lebih Banyak Insight

Dengan melakukan aktivitas MROC, Anda bisa mendapatkan akses pada lebih banyak insight secara instan. Sehingga dari insight tersebut dapat memunculkan banyak ide baru yang lebih customer oriented. Hal itu akan lebih memudahkan Anda dalam membuat keputusan dalam strategi pemasaran digital bagi perusahaan Anda.

2. Hemat Biaya dan Efisien Waktu

Karena Market Research Online Communities atau MROC dilakukan di platform online tentu biaya yang dibutuhkan juga tidak akan sebanyak dengan metode konvensional. Bayangkan jika Anda harus mengumpulkan ratusan orang dalam satu tempat, tentu membutuhkan banyak sekali biaya. Sementara itu kehadiran MROC bisa memangkas biaya-biaya tersebut. 

Tak hanya hemat dana, MROC juga lebih menghemat waktu Anda. Apalagi jika responden atau peserta MROC memiliki berbagai macam kesibukan berbeda. Tentu akan sulit dipertemukan jika metode yang dilakukan masih konvensional. Karena kegiatan dilaksanakan secara online, mudah bagi peserta untuk menyesuaikan dengan jadwal mereka.

3. Dapat Memantau Tren dan Membangun Relasi

Dalam hal ini, market research online communities sangat bermanfaat dalam memantau tren yang sedang tinggi di kalangan konsumen. Dengan demikian, Anda juga bisa memantau bagaimana opini konsumen, sentiment mereka dan minat mereka terhadap brand ataupun topik tertentu. 

Sebab opini konsumen juga perubahannya begitu cepat seiring berjalannya waktu. Dari sini, Anda juga bisa membangun relasi yang baik bersama konsumen. 

Untuk sesama konsumen juga bisa menciptakan ekosistem hubungan yang nyaman dan membangun hubungan baik satu sama lain. Sehingga bisa tercipta percakapan yang jujur dan menimbulkan lebih banyak insight yang transparan dan lebih jujur. 

4. Menargetkan Audiens Tertentu

Jika selama ini Anda kesulitan untuk meluaskan target pasar, adanya MROC bisa membantu Anda untuk menargetkan lebih banyak audiens. Bahkan pada segmen audiens tertentu yang lebih spesifik. 

Misalnya, Anda ingin mulai menjangkau generasi milenial. MROC memungkinkan Anda untuk mendapatkan pola pikir dan insight dari komunitas responden yang sesuai dengan target pemasaran Anda berikutnya.

Demikian ulasan tentang market research online communities yang memberikan banyak manfaat bagi pemasaran digital bisnis Anda. Jika saat ini Anda tengah mencari tim terbaik yang bisa mengimplementasikan strategi digital marketing paling sesuai dengan brand Anda, DreamBox Indonesia jawabannya. 

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!  

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms