Tips Cara Membuat Copywriting Marketing yang Anti Mainstream

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Di jaman sekarang, cara membuat copywriting sudah jauh lebih mudah.

Kehadiran teknologi internet memberikan akses yang mudah untuk mengenal lebih jauh tentang cara membuat copywriting. Bahkan, di internet sendiri contohnya sangat banyak. Copywriting sendiri adalah salah satu media promosi atau pemasaran yang saat ini sangat populer. Apalagi, dalam dunia tersebut tidak jarang ada banyak model iklan menarik. Salah satu contoh media iklan yang cukup unik adalah iklan dari negara Thailand. Bukan hanya unik, namun pemasaran produk dari negara tersebut juga mengundang tawa masyarakat. Lalu, bagaimana cara membuat media pemasaran dengan unik? Pastinya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Oleh sebab itu, berikut kami berikan beberapa tips mudah membuatnya.

Baca Juga: Dreambox, Digital Marketing Agency Jakarta Tawarkan Metode Brand AdvancementSM untuk Bisnis Anda

Cara Membuat Copywriting dengan Mempelajari Produk

Tidak bisa dipungkiri bahwa mengenal lebih jauh tentang produk yang akan dijual adalah cara terbaik memasarkannya. Hal ini juga yang membuat banyak bisnis pemula sulit bertahan dalam waktu lama. Salah satu masalah besar adalah tidak memahami nilai dari produk yang dijual. Padahal, jika Anda memahami bagaimana nilainya, maka akan lebih mudah menarik perhatian orang lain. Cari nilai unik yang membedakan dengan produk lain. Orang akan lebih tertarik dengan sesuatu yang beda. Apalagi, jika Anda mengemasnya dengan sentuhan kreatif yang telah Anda kembangkan sebelumnya. Ketika Anda sudah mengenal lebih jauh produk tersebut, maka akan jauh lebih mudah menjelaskan kepada orang lain. Jadi Anda bisa menjawab setiap pertanyaan dari calon konsumen.

1. Pilih Headline yang Terkesan Unik

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa 8 dari 10 orang hanya akan membaca bagian headline. Sedangkan 2 sisanya tidak membaca sebuah media promosi hingga akhir penawaran. Artinya, bagian headline menjadi kunci bagaimana produk Anda dikenal dan dipahami oleh orang lain. Headline merupakan pancingan supaya orang lain mau membeli produk yang Anda tawarkan dengan sukarela. Oleh sebab itu, kemampuan dalam membuat sebuah kalimat marketing perlu diperhatikan. Disinilah peran kreativitas dalam copywriting diuji. Anda bisa membuat kalimat sederhana, namun melekat pada pikiran orang lain. Mungkin masih banyak orang terlalu berpikir jauh untuk membuat headline. Padahal, praktiknya sendiri tidak terlalu sulit. Anda cukup membuat kata-kata unik dan sederhana yang mudah diingat.

2. Memanfaatkan Keyword Populer agar Orang Tertarik

Keyword merupakan sebuah kata kunci yang dicari oleh seseorang. Semakin relevan Anda menyediakan keyword, maka semakin banyak orang tertarik. Cara ini cukup jitu untuk membuat orang lain tertarik. Anda bisa menggunakan beberapa tools yang sudah banyak digunakan. Salah satunya adalah Google Tren di mana Anda bisa menjumpai daftar kata kunci yang paling sering muncul. Tools seperti ini cukup membantu ketika Anda membuat sebuah copywriting. Tidak perlu lagi memikirkan apa yang diinginkan oleh orang lain. Namun, Anda sudah bisa menemukannya dengan lebih mudah. Menariknya, Anda bisa melihat daftar riwayat keyword populer berdasarkan waktu. Ada riwayat waktu harian, mingguan, hingga bulanan. Jadi, cukup mudah sekali membuat sebuah copywriting untuk menarik perhatian orang, bukan?

3. Mempelajari Target Audiens dengan Benar

Semua bentuk copywriting pasti berakhir pada call to action. Beberapa orang langsung menggunakan metode hard selling. Namun, tidak jarang beberapa orang lebih memilih metode soft selling. Namun, terlepas dari metode yang Anda gunakan maka sebaiknya pelajari terlebih dahulu target audiens. Anda akan lebih mudah mengerti cara membuat copywriting ketika sudah bisa mempelajari siapa audiens Anda. Sebuah copywriting memang sangat penting sehingga Anda membutuhkan sebuah agency tertentu. Apalagi jika masih kesulitan membuatnya sendiri, maka cara membuat copywriting bisa Anda serahkan kepada agency yang sudah berpengalaman.

Baca Juga: Terbukti, Ini Tips Jitu Desain Marketing Collateral untuk Branding

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms