Tips Membuat Caption IG Menarik untuk Bisnis Anda

Digital Marketing

Caption IG menarik dapat menaikkan Awareness bisnis Anda.

Meski terlihat sederhana namun faktanya membuat caption IG menarik memang tidaklah mudah. Anda tidak hanya dituntut membuat caption saja namun harus memiliki daya tarik tersendiri dan bersifat informatif. Apalagi jika akun IG tersebut digunakan untuk brand bisnis Anda maka harus benar-benar diperhatikan. Saat ini konsumen menilai kualitas sebuah brand dari media sosialnya maka jangan sembarangan dalam membuat postingan. Semakin berkualitas postingan dan caption yang dibuat maka meningkatkan kepercayaan dari pengguna brand tersebut. Jadi jangan heran jika banyak perusahaan yang memakai jasa profesional untuk mengelola akun mereka. Jika dikelola secara profesional mampu meningkatkan engagement antara perusahaan dengan konsumennya. Dalam media sosial Instagram konsumen yang dimaksud adalah follower atau pengikut akun bisnis Anda.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Digital Agency Indonesia untuk Kembangkan Bisnis Anda

Tips Membuat Caption IG Menarik yang Sederhana

Sulitnya membuat caption yang menarik dan tetap memberikan kesan profesional kerap dialami oleh banyak orang. Terutama para pemilik bisnis baru yang harus memperkenalkan produk mereka ke konsumen. Jika pengelolaan akun dibuat seadanya dan caption tidak menarik maka jumlah follower tidak akan bertambah. Maka gunakan beberapa tips sederhana berikut ini dijamin akan sangat membantu Anda.

1. Gunakan EYD dengan Benar

Hal pertama paling penting untuk diperhatikan ketika membuat caption IG menarik yaitu perhatikan EYD. Apalagi akun yang digunakan untuk keperluan bisnis jadi jangan sampai bahasanya terlalu sulit dipahami. Meskipun saat ini ada banyak bahasa gaul yang kerap kali digunakan untuk menarik audiens dari kalangan millennial. Namun mengabaikan EYD sangat berpengaruh karena banyak warganet sudah melek dengan EYD. Apalagi penggunaan tata bahasa pada caption juga mempengaruhi penilaian audiens terhadap kualitas bisnis Anda. Jadi jangan sampai hal sederhana seperti ini dapat merusak citra bisnis itu sendiri.

2. Sesuaikan dengan Target Audiens

Perlu diketahui menuliskan caption IG menarik harus disesuaikan siapakah sebenarnya target audiens. Gaya bahasa yang digunakan untuk menarik anak muda jelas berbeda dengan mereka dari kalangan profesional. Maka penting kenali siapa target audiens dan bagaimana sebenarnya caption yang paling sesuai. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan minat terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan. Jika Anda sudah mengenali target audiens maka harus menentukan tone bisa kasual, formal atau bersahabat. Tentukan juga tipe caption paling sesuai seperti singkat, tips dan trik serta berbagai tipe lainnya.

3. Sampaikan Informasi Penting Di Awal

Kesan pertama seseorang menganggap kalau caption IG menarik yaitu dengan melihat kalimat pertama. Buatlah caption yang tidak ribet, sehingga lebih mudah dipahami dan memiliki daya tarik dari awal. Sampaikan informasi penting pada awal kalimat, apalagi jika captionnya lebih dari 3 baris. Jika terlalu panjang muncul pilihan tap “more” dan kalimat pertama inilah yang menentukan minat untuk melanjutkan membaca. Biasanya audiens akan meluangkan waktu beberapa detik saja untuk membaca jadi jangan membuatnya dilewati begitu saja. Sampaikan inti dari informasi pada awal kalimat agar lebih cepat dipahami maksudnya.

4. Berikan Call-to-Action

Tips sederhana dalam membuat caption IG menarik yaitu dengan memberikan arahan call-to-action. Hal ini mengajak untuk melakukan sesuatu, sehingga membuat lebih tertarik untuk mencobanya dan tidak bersifat monoton. Anda tidak harus langsung mencantumkan call to action untuk membeli produk atau menggunakan saja. Namun bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti ajakan untuk like atau komen yang bersifat meminta pendapat. Misalnya buat pertanyaan “apakah kamu setuju jika produk sepatu A diskon 50%” atau “tag teman kamu”. Intinya Anda harus memancing follower untuk memulai percakapan, sehingga mengetahui bagaimana responnya lewat komentar.

5. Buatlah Narasi atau Cerita Menarik

Ada satu tips yang bisa dicoba jika Anda ingin membuat caption IG menarik untuk akun bisnis. Caranya dengan membuat sebuah narasi atau cerita semenarik mungkin sesuai dengan konten yang diunggah. Narasi bisa tentang produk, kisah menarik, cerita inspiratif dan banyak lainnya yang dapat disesuaikan sendiri. Buatlah narasi yang membuat pembaca semakin penasaran untuk terus melanjutkan membaca sampai akhir. Jangan lupa pada bagian akhir Anda bisa mencantumkan beberapa pertanyaan terkait narasi tersebut. Kemudian minta follower untuk memberikan jawaban pada kolom komentar, sehingga langsung terlibat dengan cerita yang dibuat.

6. Jangan Terlalu Banyak Hastag

Sebagai akun bisnis tidak hanya memperhatikan caption IG menarik namun juga harus memberikan kesan profesional. Maka penting untuk memperhatikan hastag yang akan digunakan jangan sampai terkesan berlebihan. Mungkin Anda pernah melihat ada banyak hastag dalam postingan sebuah akun dan hal tersebut sebenarnya tidak efektif. Konten dibuat justru terlihat seperti spam karena banyaknya hastag pada bagian bawah captionnya. Semakin banyak hastag justru akan merusak daya tarik dari caption itu sendiri jadi buatlah secukupnya saja. Idealnya hanya butuh 3 – 4 hastag saja yang relevan dengan unggahan konten Anda. Begitupun jika Anda ingin mention akun lain sebaiknya jangan terlalu banyak demi tujuan promosi. Mention saja 2 – 3 akun yang relevan untuk mendukung postingan Anda agar semakin terlihat profesional.

7. Bersifat Informatif Semenarik Mungkin

Jangan sekedar membuat caption IG menarik namun juga harus berkualitas dengan memiliki sifat informatif. Karena banyak pengguna media sosial memang sengaja membaca caption dari foto atau video untuk mendapatkan informasi. Anda bisa memberikan informasi yang inspiratif dan mengundang perhatian audiens untuk terus membaca. Hal ini sangat bermanfaat karena bisa memicu adanya timbal balik dari follower berupa like dan komentar. Karena terkadang banyak pengguna media sosial tidak tertarik pada sebuah postingan namun tertarik dengan captionnya. Jadi buatlah semenarik mungkin namun tidak mengabaikan informasi yang memang ingin disampaikan.

Baca Juga: Beragam Keuntungan yang Anda Dapatkan Jika Menggunakan Konsultan Branding

8. Gunakan Emoji yang Sesuai

Menyampaikan informasi dengan membuat tulisan terlalu panjang terkadang membuat orang lain malas membaca. Apalagi jika penggunaan tanda baca tidak tepat dan bahasa yang digunakan terlalu monoton sudah pasti skip saja. Untuk menghindari hal ini sangat direkomendasikan untuk menggunakan emosi yang sesuai dengan postingan. Meskipun akun untuk tujuan brand produk bukan berarti captionnya harus kaku dan selalu formal. Emoji memberikan daya tarik tersendiri karena memiliki warna pada tulisan yang terlalu banyak. Namun jangan digunakan berlebihan, pastikan memilih emoji paling tepat dan secukupnya saja agar kesan profesional tidak hilang.

Caption menjadi hal penting diperhatikan dalam mengelola media sosial Instagram untuk bisnis Anda. Dengan tips membuat caption IG menarik bisa mendapatkan perhatian lebih dari para follower. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.