Tips Membuat Promosi Bisnis Online yang Baik

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Optimalisasi cara pemasaran akan berbeda untuk setiap jenis produk, kenali produk Anda dan pilih lah cara yang paling tepat.

Layaknya pepatah yang mengatakan ‘banyak jalan menuju ke Roma’, ternyata terdapat banyak jalan juga untuk melakukan promosi bisnis. Terlebih di era 4.0 seperti saat ini, Anda bisa mendongkrak kegiatan promosi melalui perangkat digital dan media virtual.

Baca juga: Intip Tips Melakukan Teknik Pemasaran Produk Secara Digital

Namun tentu saja Anda tak bisa langsung eksekusi strategi promosi bisnis online tanpa melakukan serangkaian persiapan terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tahapan promosi yang efektif dan pas kena sasaran!

Tips Promosi Bisnis Online

Strategi promosi yang Anda lakukan akan bersentuhan langsung dengan konsumen, karena itu tak boleh dilakukan dengan serampangan. Anda harus memperhatikan banyak aspek, agar promosi dapat mendatangkan keuntungan bagi bisnis yang dijalankan. Berikut adalah beberapa tips canggih yang bisa Anda adopsi untuk strategi promosi bisnis online.

1. Riset dan riset

Dasar dari sebuah strategi bisnis adalah pengadaan riset, guna menentukan siapa yang disasar, bagaimana cara menyasarnya, apa saja jenis produk yang tepat diberikan, dan seberapa lama masa berlaku strateginya.

Karena itu lakukanlah riset dengan berkala. Jangan pernah menyusun strategi tanpa data, apalagi hanya menggunakan feeling dan terawangan-terawangan pribadi.

2. Aktifkan kanal sosial media

Sudah tahun 2021 tapi masih gagap bersosial media? Mulai hari ini, Anda harus meningkatkan pengetahuan tentang dunia sosial media. Mengapa? Sebab platform ini merupakan salah satu wadah termanjur, yang bisa dijadikan sebagai ladang promosi.

Indonesia merupakan salah satu negara teraktif dalam kanal sosial media. Secara singkatnya, siapa sih di Indonesia ini yang tidak main Facebook? Siapa yang tidak keracunan akun TikTok? Atau, siapa sih yang tidak nonton Youtube? Dan siapa yang tidak scrolling Instagram?

Dari fakta ini, Anda bisa membayangkan bahwa sosial media memang cocok dijadikan sebagai lokasi promosi bisnis. Anda bisa menemukan berbagai demografi di sosial media, dan ini merupakan kesempatan emas untuk menjangkau mereka dalam hitungan klik saja.

3. Buat promo seru

Selain banyak jalan menuju ke Roma, di Indonesia juga berlaku hukum ‘kalau bisa gratis, kenapa cari yang berbayar?’. Nah, ini bisa Anda jadikan sebagai strategi promosi bisnis online yang tokcer. Yap, hingga saat ini penggunaan promo memang termasuk yang paling cepat mendatagkan perhatian dan kontribusi konsumen.

Anda bisa menerapkannya melalui beberapa cara, yaitu memberikan potongan harga, menyediakan voucher khusus, dan pastinya pengadaan giveaway. Promo seru ini direkomendasikan dilakukan dengan berkala, dengan tujuan konsumen tetap menantikan informasi terbaru dari bisnis Anda. Tanpa disadari, Anda sudah menjadikan mereka sebagai calon konsumen yang loyal lho.

4. Adakan launching produk bertema unik

Bayangkan Anda baru ingin merilis sebuah produk, bagaimana ya caranya menarik perhatian konsumen yang sama sekali tidak tahu apapun tentang bisnis Anda? Jawabannya adalah susun launching produk bertema unik.

Dibarengi dengan memberikan banyak promo seru seperti di atas, Anda juga bisa meminta dukungan dari influencer lho. Tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu konsumen tentang produk Anda.

Ada tiga rumus utama dalam menyelenggarakan launching yang apik. Yang pertama, undang sosok yang memiliki banyak pengikut atau punya pengaruh yang kuat. Tokoh juga bisa berupa public figure yang tengah naik daun. Kedua, gunakan materi yang sedang hits dan trending, agar menarik minat konsumen untuk bergabung.

Dan yang terakhir, jangan lewatkan untuk memberikan doorprize dan merchant, sebagai penghargaan kepada konsumen yang sudah bergabung dengan acara Anda. Sebagai catatan tambahan, doorprize ini bisa berupa produk yang dilaunching, agar bisa menjadi sarana promosi yang simultan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda contek dan terapkan ke strategi promosi bisnis online Anda. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Menghitung Biaya atau Harga Google Ads untuk Iklan Anda

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms