...

Trik Menyusun Strategi Pemasaran Digital untuk Usaha Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

“Setiap harinya, terdapat usaha baru yang lahir ke dunia ini.”

Salah satunya, mungkin adalah usaha milik Anda. Memiliki usaha harus pintar-pintar memasarkan produk yang dihasilkan, agar usaha dapat berkembang pesat. Jadi, sudahkan Anda memiliki strategi untuk memasarkan produk Anda? Jika belum, Anda perlu memasukkan strategi pemasaran digital pada daftar strategi usaha Anda.

Baca Juga: Cara Membangun Brand agar Mudah Dikenal dan Disukai

Strategi pemasaran merupakan salah satu hal penting dalam sebuah usaha, sehingga Anda wajib merencanakannya. Bukankah sudah terlambat untuk menentukan strategi pemasaran, karena usaha sudah berjalan? Tidak ada kata terlambat untuk menerapkan strategi, karena Anda dapat memulai merancangnya kapan saja dan tentunya lebih cepat lebih baik.

Daftar Langkah Menyusun Strategi Pemasaran Digital

Karena zaman sekarang orang-orang tidak bisa jauh dari hal-hal yang berbau digital, maka pemasaran digital menjadi solusi yang ampuh untuk mengembangkan bisnis. Lalu, bagaimana cara menyusun strategi pemasaran digital? Simak dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Siapkan Goal atau Tujuan Usaha Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menyusun sebuah strategi pemasaran adalah menetapkan goal atau tujuan usaha. Tentukan misi usaha Anda dan tentukan pula indikator performa kunci.

Pasalnya, rancangan pemasaran digital berpedoman pada misi perusahaan, sehingga Anda perlu menentukan tujuan terlebih dahulu. Sedangkan indikator performa kunci merupakan nilai yang dapat diukur guna mengetahui efektifitas perusahaan untuk mencapai objek utamanya.

2. Analisa Usaha Sebelumnya

Langkah selanjutnya adalah analisa usaha sebelumnya untuk mempelajari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan. Tentu saja hal ini bertujuan agar Anda tidak terjebak pada strategi pemasaran yang salah.

Untuk menganalisanya, lakukan beberapa langkah berikut:

  •   Tentukan periode waktu yang ingin Anda analisa.
  •   Bandingkan kemajuan dengan para kompetitor, dengan mencoba Google Benchmarking Reports.
  •   Tinjauan strategi kompetitor, dengan menggunakan rumus SEMrush guna menganalisa strategi SEO competitor.
  •   Ajukan pertanyaan untuk diri sendiri mengenai hal yang perlu Anda analisa selain ketiga poin di atas.

3. Analisa Target Pasar

Berikutnya, Anda perlu menganalisa target pasar dan pastikan bahwa perencanaan yang telah dibuat tidak akan menjauhkan usaha dengan target pasar. Untuk menjalankan langkah ini, Anda perlu mengembangkan karakter publik agar Anda dapat memenuhi kepuasan target pasar.

Berikut cara mengembangkan karakter publik:

  •   Catat semua informasi demografis tentang target pasar usaha Anda, mulai dari usia, jenis kelamin, dan lokasi tempat tinggal.
  •   Cari informasi yang lebih mendalam, sehingga Anda bisa menemukan masalah yang dihadapi oleh target pasar dan tentunya dapat Anda bantu proses penyelesaiannya.
  •   Gali lagi informasi tentang kebutuhan target pasar.
  •   Identifikasi target pasar, sehingga Anda dapat mengetahui orang-orang yang dapat mempengaruhi target pasar Anda.

4. Identifikasi Cara-Cara Anda

Pada langkah keempat ini, Anda perlu memperhatikan 3 hal, yakni budget, channel digital, dan tim Anda. Pasalnya, sumber daya yang Anda miliki tentu sangat berpengaruh pada strategi pemasaran yang akan dilakukan. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak melampaui kapasitas dari sumber daya.

Bagaimana mengidentifikasi cara-cara yang dimaksud? Berikut langkahnya

  •   Budget: tentukan anggaran secara keseluruhan, lihat data-data yang menguntungkan, tentukan jenis promosi, dan telaah kembali. Jangan sampai anggaran melebihi budget Anda.
  •   Tim Anda: evaluasi tim yang Anda miliki sekarang, tambah tim apabila diperlukan, tentukan apakah strategi mampu dilakukan tim, dan ajak tim untuk menelaah ulan strategi.
  •   Chanel: telaah chanel kemudian putuskan mana yang akan Anda gunakan, artikulasikan secara jelas pencapaian Anda melalui channel.

5. Rancanglah Strategi Pemasaran Anda

Selanjutnya ialah merancang strategi pemasaran. Untuk merancang strategi Anda, diperlukan langkah berikut:

  •   Ciptakan kalender pemasaran, mulai dari timeline, kampanye penting, waktu kampanye, dan dokumentasi.
  •   Telaah ulang strategi dan identifikasikan perubahan apabila diperlukan.

Aplikasikan langkah demi langkah menyusun strategi pemasaran digital yang telah disebutkan di atas. Dengan melakukannya secara tepat, maka usaha yang sedang Anda jalani dapat berkembang dan tentunya produk yang Anda hasilkan dapat terjual dengan baik!

Baca Juga: Beberapa Platform Digital yang dapat Anda Gunakan untuk Kegiatan Digital Marketing

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia marketing? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms