UI UX, Mana yang Lebih Penting? Ini Penjelasan Lengkapnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Dalam dunia desain, pasti tidak akan asing dengan nama UI UX khususnya bagi Anda yang sedang membuat website sebagai bagian dari digital marketing.

UI UX  memiliki keterikatan tetapi sebenarnya, berbeda. Keterikatannya adalah menghasilkan desain terbaik agar pembaca merasa nyaman menjelajah website Anda. Lalu, dari mana perbedaannya? Cara mudah memahaminya seperti ini. UX adalah tampilan bagian terluar dalam sebuah website. Jadi, bagaimana mereka membuat ukuran layar tersebut jadi lebih ramah untuk semua perangkat. Termasuk resolusi hingga berapa size dari web saat mereka download ke perangkat gadget, kecil atau besar? Sementara, untuk UI sendiri lebih ke bagian dalam dari sebuah situs. Misalnya, papan informasi tentang perusahaan tersebut ada di mana. Atau, tampilan yang jadi pertanda orang dapat mengenalinya.

Baca Juga: Apa Itu Digital Activation? Kenali 5 Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Pengertian Lengkap Antara UI UX

Dari penjabaran singkat di atas keduanya mempunyai perbedaan cukup jauh sebenarnya. Hal tersebut dapat diperhatikan dari pengertiannya. UI disebut juga dengan User Interface jadi, bagaimana penampilannya secara keseluruhan. Sebagai contoh, saat membuka sebuah situs website. Bagaimana tampilan utamanya apakah sesuai dengan produknya atau tidak. Bila menjual sebuah motor, setidaknya menunjukkan pemandangan alam berupa bukit dan tebing. Sehingga dapat diibaratkan motor tersebut sangat tangguh terutama untuk tanjakan ke atas. Atau bisa dengan visual gedung di tengah kota. Sehingga, saat orang membukanya, dapat menangkap informasi singkat tersebut. Sementara untuk UX disebut juga dengan User Experience lebih memikirkan bagaimana pengalaman pengguna saat menjelajah website. Apakah terasa nyaman, serta semua informasi dapat diterima dengan baik atau tidak.

Kinerja UI UX tersebut memang tidak pernah terpisahkan satu sama lain. Walaupun, perbedaannya hanya tipis. Namun, setiap orang hanya mampu mengemban satu tugas saja untuk mempelajarinya, mengapa? Karena, pendekatan ke konsumen sangat berbeda satu sama lain. UX lebih menjangkau pelanggan secara langsung karena, mengetahui benar apa yang mereka inginkan serta butuhkan agar tidak pergi ke tempat lain.

UI UX, Lebih Penting yang Mana?

Sebenarnya, pertanyaan ini sangat sulit untuk dijawab. Karena, keduanya sangat penting terutama untuk perkembangan digital market. Tanpa visual yang bagus dan jelas, pelanggan pasti akan kabur karena tidak nyaman. Contohnya, website terlalu gelap sampai tampilan terlalu vulgar atau informasi tersebut sulit terbaca dengan baik. Sehingga, butuh kerja ekstra bagi pembaca. Tetapi, tanpa tata format yang bagus juga sama saja. Misalnya, saat download ternyata tidak support dari segi tampilan di salah satu perangkat Android. Atau, ada beberapa gambar penting terpotong dan tombol untuk menghubungi Customer service tidak ada.

Perlu diingat bahwa keberhasilan sebuah pekerjaan bukan ditentukan dengan satu bidang saja. Cara mudah memahaminya seperti ini. Website Anda berisi informasi tentang kesehatan. Dari tampilan visual memukau. Terasa pas untuk tema atau kontennya. Hanya saja, di bagian kepenulisan atau artikel. Informasinya hampir semua adalah Hoax atau diambil dari sumber kurang terpercaya. Tetap sama saja hasilnya bukan? Salah satu Web Design Helga Morena saat ditanya penting mana UI atau UX. Helga sendiri tidak mampu menjawabnya. Karena, semuanya adalah jiwa dari sebuah website agar dapat berkembang.

Keterikatan ini sulit untuk dipisahkan satu sama lain. Hal tersebut harus diperhatikan sejak sekarang. Tampilan website dalam digital marketing saat ini sangat penting apalagi, banyak kompetitor bermunculan dengan tampilan menarik. Dalam perkembangan digital marketing web desain jadi salah satu metode mendongkrak penjualan. Jadi, jangan sampai tidak menggunakannya kemudian kalah dari merebut hati pelanggan. UI UX komponen penting yang harus digunakan.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Konten Viral untuk Marketing Bisnis Anda

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms