Marketing Online: Arti, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Tools AI

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Marketing online

Dewasa ini, berbagai hal bisa dilakukan secara online atau daring. Hal ini disebabkan segala proses dapat membawa keuntungan lebih banyak dengan modal yang lebih sedikit bila dilaksanakan secara daring. Begitu pula dengan marketing online atau digital marketing

Bila Anda mempunyai bisnis dengan produk atau jasa yang perlu ditawarkan, maka jenis pemasaran ini bisa diterapkan. Namun sebelum melakukannya, arti mengenai digital marketing, jenis, cara, strategi, hingga tools AI perlu dipelajari terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

Arti Marketing Online

Jadi, apa itu marketing online? Marketing secara online adalah jenis pemasaran yang dilakukan seluruhnya secara daring atau digital. Pemasaran ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menyebarkan pesan dari suatu pihak, mengenalkan produk baru, hingga mencari pelanggan baru.

Beragam cara bisa dilakukan di jenis pemasaran ini. Cara-cara tersebut bertujuan agar konten yang telah dibuat bisa muncul di linimasa atau deretan atas di mesin pencarian. Penjelasan selengkapnya mengenai jenis pemasaran ini dapat diketahui dalam Pengertian Online Marketing yang Harus Anda Ketahui

Tujuan dan Manfaat Marketing Online untuk Bisnis Anda

Tujuan adanya jenis pemasaran ini adalah untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Hal ini disebabkan dunia maya kini dapat digunakan oleh lebih banyak orang di seluruh dunia. Dengan demikian, berbagai hal yang dipasarkan akan lebih dikenal dan diketahui masyarakat luas.

Selain tujuan, ada berbagai manfaat dari marketing online yang bisa dirasakan bagi bisnis. Berikut di antaranya.

  1. Praktis karena hanya perlu dilakukan dengan gawai saja;
  2. Bisa menghemat biaya pemasaran jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional;
  3. Keberhasilan pemasaran dapat diukur secara tepat;
  4. Bisa menargetkan ke audien yang lebih spesifik sesuai kebutuhan perusahaan maupun produk;
  5. Lebih efektif dan efisien sehingga dapat menghemat waktu.

Jenis-Jenis Marketing Online yang Dapat Anda Coba

Beragam jenis online marketing bisa Anda coba untuk memaksimalkan bisnis. Berikut di antaranya:

1. Content Marketing

Content marketing merupakan jenis pemasaran digital dengan cara membuat dan mengunggah konten yang berkaitan dengan produk. Tak hanya itu saja, konten tersebut harus berkualitas dan dapat menarik audiens untuk aksi lanjutan ke situs web, akun media sosial, atau toko daring.

Berbagai bentuk content marketing dapat Anda pertimbangkan, seperti gambar, artikel, dan lain sebagainya. Supaya rencana pemasaran bisa tercapai dan bisa menjangkau lebih banyak orang, pastikan agar konten tersebut mudah dipromosikan di berbagai media sosial dan email marketing.

2. Search Engine Optimization

Jenis lain dari online marketing adalah Search Engine Optimization atau SEO. SEO digunakan untuk meningkatkan ranking atau peringkat situs pada masa pencarian. Dengan demikian, situs tersebut bisa berada di deretan paling atas saat seseorang mencari kata kunci tertentu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam jenis ini adalah pencarian kata kunci yang tepat dan sering dicari oleh para pengguna internet. Kata kunci inilah yang nanti dikembangkan di suatu konten. Untuk memaksimalkan SEO, pastikan situs sudah mempunyai backlink dan ramah bagi ponsel sehingga mudah dimuat.

3. Social Media Marketing

Sesuai namanya, social media marketing adalah jenis pemasaran yang menggunakan media sosial. Beragam media sosial bisa dimanfaatkan jika ingin menggunakan jenis pemasaran ini, mulai dari Instagram, TikTok, Facebook, hingga LinkedIn.

Jenis pemasaran ini akan membutuhkan konten yang sudah dibuat dalam content marketing. Jenis konten yang diunggah bisa disesuaikan dengan kebiasaan pengguna berbagai aplikasi tersebut. Misalnya di TikTok, orang lebih suka konten yang menghibur.

4. Affiliate dan Influencer Marketing

Affiliate merupakan jenis pemasaran digital yang sering digunakan saat ini. Di dalam jenis pemasaran ini, ada kerjasama antara pemilik bisnis dengan afiliasi. Tujuannya adalah untuk mempromosikan suatu produk di berbagai media sosial.

Bentuk kerja sama lain yang bisa dipertimbangkan adalah influencer marketing. Kerja sama ini melibatkan pelaku bisnis dengan influencer atau pemengaruh ternama. Tujuannya adalah untuk memasarkan berbagai produk agar pengikut pemengaruh tersebut dapat mengenal dan tertarik untuk membelinya.

5. Email Marketing

Sesuai namanya, email marketing merupakan bentuk marketing online yang menggunakan email atau surel. Caranya dengan mengirimkan pesan ke surel konsumen mengenai penawaran khusus hingga berita terbaru mengenai produk yang dijual.

Email marketing perlu dibuat semenarik mungkin agar konsumen mau membacanya. Selain itu, email marketing juga perlu memuat aksi lanjutan yang bisa dilakukan oleh konsumen jika tertarik dengan isi dari email tersebut

6. Audio Marketing

Salah satu jenis pemasaran digital yang juga sering digunakan adalah audio marketing. Jenis ini biasanya diputar di layanan streaming lagu seperti Spotify atau Apple Music. Sesuai namanya, jenis pemasaran ini berbentuk suara.

Target pasar dari audio marketing ini biasanya adalah anak muda yang sering menggunakan musik. Oleh sebab itu, audio marketing biasanya dikemas sebagai iklan atau podcast yang menarik.

7. Pay-Per-Click Advertising (PPC)

Seperti namanya, iklan ini membutuhkan Anda untuk membayar setiap klik dari iklan yang dipasang. Umumnya, PPC bisa ditemukan di berbagai media sosial atau mesin pencarian.

Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam PPC ini. Misalnya adalah anggaran harian untuk iklan yang dipasang. Selain itu, Anda juga perlu menargetkan suatu kata kunci agar bisa muncul di mesin pencarian bila seorang pengguna internet mengetikkannya.

8. Video Marketing

Video marketing merupakan jenis pemasaran digital yang serupa dengan content marketing namun dalam bentuk video. Biasanya, jenis pemasaran digital ini diunggah ke berbagai media sosial berbasis video seperti Instagram dan TikTok.

Pembuatan video ini perlu disesuaikan dengan aplikasi yang dituju. Misalnya jika ingin diunggah ke TikTok dan Instagram, maka harus menggunakan resolusi potret. Berbeda dengan YouTube yang menggunakan resolusi lanskap.

Contoh Tools AI Marketing Online di 2024

Saat ini, AI telah mendominasi ranah marketing digital. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan pemasaran. Berikut di antaranya:

1. Smartwriter.ai

AI ini bisa membantu Anda bila tertarik dengan email marketing. Dengan AI ini, Anda bisa membuat email yang dipersonalisasi sehingga semakin menarik minat konsumen.

2. GrowthBar

Bila ingin membuat konten, maka GrowthBar merupakan AI yang tepat. Bahkan, GrowthBar bisa melewati Tes Turing sehingga tulisan yang dihasilkan mirip pekerjaan manusia.

3. Gong.io

AI yang satu ini digunakan untuk menganalisis dan melatih penjualan. Caranya dengan mengunggah rekaman panggilan penjualan baik video maupun audio.

4. MarketMuse

MarketMuse juga bisa digunakan untuk pembuatan konten SEO. Dengan demikian, Anda tak hanya bisa membuat konten menarik saja, namun juga mencapai tujuan pemasaran.

Bagaimana Cara Menentukan Marketing Online yang Tepat?

Cara pemasaran daring yang tepat dapat ditentukan dengan mengenali produk, ranah, dan target bisnis Anda. sangatlah penting. Tak perlu khawatir jika kesulitan karena Dreambox siap membantu Anda. Segera akses laman layanan pemasaran digital dan kontak kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms