10 January 2022

Gunakan Facebook collaborative ads dalam mengembangkan bisnis Anda.

Kunci dari keberhasilan periklanan dan pemasaran adalah insight, ini adalah salah satu bentuk fokus dari Facebook Collaborative Ads. Seperti yang diketahui bahwa Facebook merupakan sosial media terbesar dan memiliki sistem ads yang sangat bagus. Mulai dari memilih target audiens, mengalokasikan berapa banyak dana setiap harinya, hingga melihat performanya. Ini semua untuk mengoptimalkan bagaimana produk Anda akan dibeli serta digunakan oleh banyak orang, Anda juga bisa menggunakannya sebagai tolok ukur. Data – data yang lengkap tersebut bisa digunakan sebagai inspirasi maupun evaluasi, contohnya apabila beriklan tetapi tidak banyak orderan, maka dicari tahu dahulu problemnya di mana. Apakah proses pemilihan target audiensnya atau bagaimana, bisa diketahui.

Baca Juga: Cara Membuat Landing Page Sendiri dengan Mudah

Mengenal Apa Itu Facebook Collaborative Ads

Ini adalah salah satu fitur baru yang dikeluarkan untuk mengoptimalkan bagaimana cara orang berbisnis dan mendapatkan keuntungan. karenanya mungkin belum banyak orang mengenalnya atau bahkan mulai menggunakannya, ini adalah kesempatan Anda. Untuk membantu memahaminya lebih detail, cobalah perhatikan beberapa ilustrasi berikut, seorang pebisnis awal mengiklankan sepatu jualannya, tetapi setelah  beberapa lama, tidak banyak pelanggan yang datang, tetapi tidak tahu apa kendalanya.

Ilustrasi itu menggambarkan kondisi saat ini di berbagai sosial media maupun marketplace. Karena meskipun berbagai marketplace sudah memiliki fitur iklan atau ads, tetapi tidak semuanya menyediakan berbagai tools lengkap, salah satunya insight. Berbeda dengan Facebook yang sudah memiliki insight lengkap, mulai dari bagaimana pengunjungnya, bagaimana interaksi dan impresinya, serta berbagai informasi lainnya. Tidak semua marketplace memiliki ini, sehingga sulit bagi penjual mengetahui performanya.

Memahami kendala itu muncullah gagasan membentuk facebook collaborative ads, yaitu menggunakan teknologi Facebook untuk bisa menyalurkan atau menunjukkan bagaimana insight iklannya, sehingga sebagai pengelola bisnis bisa lebih jeli dan bijaksana. Berkembangnya program ini bisa berjalan karena kolaborasi antara sosial media terbesar dengan berbagai marketplace. Termasuk di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Blibli sudah terafiliasi dengan program ini, sehingga ini adalah kesempatan Anda.

Cara Set Up Facebook Collaborative Ads untuk Mengoptimalkan Penjualan

Siapa yang tidak ingin agar penjualannya naik, salah satunya melalui peningkatan awareness, salah satunya melalui iklan. Tetapi iklan sendiri juga berisiko karena bisa menguras banyak sekali uang tetapi pendapatannya tidak seberapa.

1. Memeriksa Marketplacenya Sudah Terdaftar Atau Belum

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa program ini merupakan kolaborasi antara sosial media terbesar dengan berbagai marketplace, karenanya tidak semua marketplace akhirnya bisa menggunakan fitur serta fasilitas ini, terbatas pada yang sudah bekerja sama saja, sehingga langkah pertama adalah memeriksa apakah marketplacenya sudah menjadi rekanan facebook atau tidak. Di Indonesia sendiri ada 7 market yang sudah tergabung dan berafiliasi, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Buka Lapak, Zalora, dan JD ID.

2. Memenuhi Persyaratan dari Marketplacenya

Langkah kedua agar bisa menggunakan Facebook Collaborative ads adalah memenuhi syarat marketplace nya. Tidak semua market mengizinkan setiap penjualnya untuk beriklan menggunakan fitur tersebut, tetapi harus memenuhi syarat minimalnya dahulu. Beberapa syarat – syaratnya antara lain berbeda – beda setiap marketplacenya, tetapi biasanya harus mencapai level penjual tertentu. Contohnya seperti Tokopedia mengharuskan penjualnya sudah berada di official store agar bisa memanfaatkan sistem tersebut.

3. Optimasi pada Setting

Langkah ketiga adalah optimasi setting, semua hal harus disetting terlebih dahulu agar bisa terkoneksi. Untuk bisa melakukan koneksi, harus meminta terlebih dahulu ke marketplacenya tentang facebook catalog segment ke business manager. Setelah catalognya diterima, cobalah mengotak – atik berbagai informasi di dalamnya, seperti melihat jangkauan, target, dan sebagainya. Tidak jauh berbeda dengan dynamic ads, tetapi fitur – fiturnya sedikit berbeda. Namun hal itu tidak jadi kendala apabila sudah beruntung.

Manfaat Menggunakan Facebook Collaborative Ads untuk Bisnis

Ketika Anda mulai menggunakan fitur ini sekarang, akan ada banyak sekali manfaatnya, terutama untuk perkembangan bisnisnya. Karena kunci utama dari pengembangan bisnis adalah awareness, maka ada beberapa manfaat ketika menggunakannya, seperti :

1. Hasil Iklannya Lebih Terukur dan Obyektif

Tujuan dari menggunakannya adalah mendapatkan data – data yang terstruktur dan obyektif, perannya sebagai pemberi informasi. Dengan adanya data – data, berbagai hal bisa lebih terukur, hingga pada akhirnya bisa mengambil keputusan lebih obyektif.

2. Iklannya Lebih Tepat Sasaran

Mengetahui bagaimana efektifitas menjangkau audiensnya misalnya sebelumnya pernah menjangkau segmentasi remaja, tetapi ternyata yang banyak beli di segmentasi dewasa. Dengan informasi ini tentu ketika set iklan berikutnya bisa lebih tajam akurat.

3. Optimasi Hasilnya

Soal hasil nanti akan mengikuti sendiri, ketika bisa menggaet pelanggan atau audiens sesuai dengan personanya, maka bisa mendapatkan hasil optimal. Tantangannya adalah bagaimana mempertahankan klien lama agar repeat order.

4. Tinggal Menunggu Pengembangan Hasilnya Saja

Keunggulan lainnya ketika menggunakan programnya tidak perlu set up dari nol, semua analisis, perhitungan dilakukan oleh operator marketplacenya, sehingga Anda tidak perlu repot lagi, tinggal menerima laporan evaluasi, beres.

Siapa yang Bisa Menggunakan Facebook Collaborative Ads?

Ini adalah pertanyaan sederhana, tetapi memang sering ditanyakan karena ragu apakah bisa menggunakan fitur tersebut. Mengingat masih baru juga rilis fiturnya, belum banyak orang berani bereksplorasi bagaimana fasilitas tersebut, sehingga memunculkan apakah bisa menggunakannya? Jawabannya tentu tidak semua orang bisa menggunakan fasilitas itu. Berbeda dengan Facebook Ads sendiri, semua orang bebas menggunakannya, asalkan sudah memiliki akun Facebook atau Fans Page.

Karena sifatnya kolaboratif, tentu persyaratan pertama harus memiliki akun dari marketplacenya, terlebih yang sudah tergabung dan berafiliasi dengan Facebook. Di antara 7 yang sudah bergabung tersebut, bisa Anda pilih akan menggunakan mana. Kedua harus memenuhi persyaratan marketplacenya. Setiap marketplacenya memiliki beberapa syarat untuk bisa menggunakannya. Syarat tersebut muncul sebagai bentuk langkah untuk membantu penjual agar iklannya lebih optimal dan data terlindungi. Beberapa syaratnya seperti ketika Tokopedia harus minimal sudah masuk ke kategori Toko Official dahulu, atau kalau dari Lazada harus sudah memegang status sebagai LazMall, dan berbagai hal lainnya. Begitu juga dengan persyaratan dokumen – dokumennya, persiapkan.

Baca Juga: Apa Saja yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Website Audit

Kunci pemasaran digital terletak dari bagaimana mampu menjangkau banyak sekali audiens, salah satunya melalui Ads. Kini ada fitur bernama Facebook Collaborative Ads, memungkinkan iklan bisa tayang lebih optimal di berbagai marketplace dengan sistem sharing data. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!