11 November 2019

“Proses dalam Membuat nama brand.”

Pastinya akan mempengaruhi bisnis kita ke depannya. Sekilas terdengar klise, bahwa nama yang kita pilih harus sederhana dan mudah diingat. Jika memungkinkan, filosofi dalam setiap nama brand juga harus dipikirkan terlebih dahulu. Pikirkan alasan unik kenapa kita membuat nama brand yang kita inginkan. Jangan terlalu rumit dan juga jangan terlalu panjang. Kemungkinan nama brand kita akan jadi susah diingat. Dan tentu saja kesuksesan pemilihan nama tidak akan kita dapatkan dalam sekejap.

Baca Juga: 5 Hal Sebelum Melakukan Branding Strategy

Ada banyak proses kreatif yang harus dilakukan dalam membuat nama brand yang tepat. Hal ini tentu saja akan berdampak positif dalam membuat bisnis Anda bertahan dalam waktu lama. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan dalam proses membuat nama brand.

Bereksperimen Dengan Pengalaman yang Ingin Ditawarkan

Nama produk tidak selalu harus berhubungan dengan jenis produk secara langsung. Anda bisa membuat nama brand yang mewakili pengalaman yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen saat menggunakan produk Anda.

Penggunaan Nama yang Deskriptif

Menggunakan nama yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan juga bisa jadi cara yang menarik. Hal ini juga akan mempermudah konsumen dalam mengingat produk yang mereka beli, bisa juga dengan menambahkan logo yang sesuai dengan nama brand.

Menggunakan Singkatan

Tidak ada salahnya untuk menyingkat nama brand Anda menjadi singkatan yang lebih pendek. Banyak perusahaan besar melakukan hal ini untuk mempermudah konsumen mengingat nama brand mereka.

Penggunaan Kata Baru Dalam Membuat Nama Brand

Keunikan dalam sebuah nama tentunya akan sangat menguntungkan dalam menarik konsumen. Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah kata baru yang identik dengan produk yang Anda tawarkan. Memang, banyak yang harus dilakukan untuk membuat konsumen mengerti produk yang Anda tawarkan. Tapi langkah ini patut dicoba.

Menggunakan Nama dari Pendiri Perusahaan

Jika masih belum menemukan ide nama brand yang tepat, Anda bisa mulai memikirkan untuk membuat brand dengan nama pendiri perusahaan sebagai identitas.

Membuat Nama Brand Yang Tepat

Dalam dunia bisnis, penggunaan nama brand yang tepat tentunya akan menimbulkan dampak positif pada kelangsungan perusahaan Anda. Gunakan nama berdasarkan pengalaman yang Anda ingin konsumen dapatkan saat mereka menggunakan produk Anda. Atau Anda bisa menggunakan nama sesuai dengan produk yang Anda tawarkan, dan mungkin dapat sedikit dipermanis dengan logo.

Singkatan juga bisa menjadi pilihan menarik, atau mungkin Anda tertarik untuk membuat kata baru untuk mendeskripsikan perusahaan Anda. Atau apabila langkah itu dirasa merepotkan, Anda bisa mulai memikirkan sebuah nama brand dengan nama pendiri yang terpampang di atasnya. Apapun pilihan Anda, ingat untuk selalu menikmati proses kreatif dalam membuat nama brand.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Agar Mudah Dikenal Dan Disukai

Dreambox Branding Consultant dapat membantu Anda dalam proses membuat nama brand dan proses branding yang menarik. Anda dapat menghubungi Dreambox untuk berkonsultasi dan bekerja sama dalam proses branding yang akan dilakukan pada perusahaan Anda.