Ketahui Berbagai Plugin pada WordPress Beserta Fungsinya

SEO

Sudahkah Anda menggunakan plugin pada WordPress?

Pengertian plugin sama dengan kode software yang digunakan khusus agar sistem bisa menjalankan fitur tambahan pada sebuah aplikasi maupun situs tertentu. Salah satu situs yang sering digunakan dan mudah dibuat oleh setiap orang adalah WordPress.

WordPress merupakan sarana membuat konten secara komersial maupun nonkomersial oleh seseorang secara gratis. Anda juga bisa mengupgrade WordPress ke tingkat premium dan mendesain tampilan web sendiri sesuai dengan selera.

Baca Juga: Ketahui Ciri Artikel SEO Friendly serta Tahapan Membuatnya

Pengertian Plugin

Sedikit definisi tentang kode software ini sudah diterangkan sebelumnya, yakni sifatnya jamak dan bisa dikenakan pada beberapa situs. Sebut saja WordPress, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan masih banyak lagi aplikasi maupun situs lainnya.

Contoh sederhana penerapan kode software dalam sebuah situs adalah ketika Anda hendak menjalankan sebuah video muncul notifikasi khusus. Misal, isi dari notifikasi itu adalah meminta Anda untuk instal kode software A agar bisa menjalankan video B.

Istilah plug in ini sebenarnya istilah yang digunakan oleh WordPress. Sementara pada Mozilla dan Opera, Anda akan lebih akrab dengan sebutan Add on. Lain lagi ketika menjelajah Google Chrome, web browser ini cenderung menggunakan istilah extension.

Masing-masing penyebutan kode software menandai keserasian sistem di dalamnya. Contoh, tidak bisa semua extension Google Chrome diterapkan pada Opera maupun Mozilla. Sebaliknya, Add on dari Opera dan Mozilla juga tidak bisa diterapkan pada Google Chrome.

Baca Juga: 7 Manfaat SEO yang Wajib Anda Ketahui

Apa itu WordPress?

Lantas, kenapa WordPress menggunakan istilah plugin yang membuat beda dari situs maupun aplikasi lain?

Penting diketahui bahwa WordPress adalah platform gratis yang bisa digunakan sebagai sarana pembuatan situs. Sebelum bisa sampai ke tahap perkembangan seperti sekarang ini, WordPress telah mengalami banyak proses pengembangan dan perbaikan.

Sampai saat ini WordPress merupakan CMS atau content management system, yaitu software yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola website. CMS sangat populer di seluruh dunia karena tidak selalu membutuhkan biaya, dan serangkaian fitur di dalamnya juga terbangun secara baik dan lengkap.

Sudah banyak perusahaan besar menggunakan WordPress untuk membangun situs perusahaan mereka. Sebut saja Bata, Microsoft News Centre, Mercedes Benz, The Walt Disney Company, dan masih banyak lain perusahaan bergengsi lainnya.

Baca Juga: Mengapa Traffic Situs Dianggap Penting?

Macam-macam Plugin di WordPress

Sebagai CMS terpopuler di dunia, WordPress tentu tidak hanya hadir dengan satu kode software. Ada banyak macamnya dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan setiap orang terkait penggunaan web.

Meskipun gratis, namun ada banyak sekali hal bisa dilakukan dan maksimal dapat dimanfaatkan untuk berbisnis asalkan Anda tahu celahnya. WordPress sendiri memiliki sekitar 50 lebih kode software yang masing-masing memiliki berbagai fungsi untuk menjalankan fitur tertentu. Sebagai referensi, kami akan membahas keenam garis besar kode software yang terdapat pada WordPress berikut ini!

1. Plugin SEO

Contoh produk untuk kode software jenis ini adalah Yoast SEO dan All in One SEO Pack. Keduanya membantu Anda menganalisis SEO apa yang paling cocok untuk dinaikkan dari konten di dalam situs.

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan traffic pengunjung ke situs melalui penggunaan kata kunci dalam konten. Kata kunci (keyword) SEO terdiri atas short tail yang hanya terdapat dua kata, dan long tail yang melebihi 3-4 kata.

Semakin spesifik kata kuncinya, semakin mudah bagi orang menemukan konten terkait apa yang mereka cari. Namun, Anda juga harus waspada terhadap ketatnya persaingan dengan situs lain yang akan berlomba dengan Anda untuk mendapatkan posisi pada halaman pertama Google, apalagi pada peringkat pertama.

2. Plugin Keamanan

Contoh produk dari jenis kode software ini adalah Jetpack, Wordfence, dan iThemes Security. Ketiganya memberikan perlindungan data di dunia maya agar terhindar dari berbagai ancaman.

Dunia maya bukan dunia yang cukup aman untuk menyimpan informasi penting terkait pribadi maupun perusahaan. Penggunaanya cukup praktis, namun data-data tersebut rawan di retas kapan saja. Adanya ketiga jenis kode software tersebut membantu Anda dalam melindungi seluruh data yang terdapat dalam situs.

Terutama untuk kepentingan perusahaan, tentu data penting wajib mendapatkan perlindungan ganda, terutama dari serangan siber.

3. Plugin Backup

Back up adalah sebuah proses dimana berbagai data atau informasi penting yang hilang secara sengaja maupun tidak tetap dapat dikembalikan. Tools seperti BackWPUp dan Updraftplus dapat Anda pasang untuk menjaga data pada situs. Ketika ada konten atau informasi terhapus, gunakan salah satu dari kedua jenis tools tersebut untuk mengembalikan data seperti semula.

Jika dalam istilah offlinenya Anda membutuhkan hardisk untuk membackup data pada komputer, maka dua pilihan tools tersebut adalah pengganti hardisk. Keuntungannya, Anda tidak perlu membawa hardisk kemana-mana sehingga tidak perlu takut kehilangan.

4. Plugin Anti Spam

Akismet adalah contoh produk yang bisa Anda manfaatkan untuk menghindari komentar spam pada konten. Konten spam dapat menurunkan kualitas suatu situs dan membingungkan data saat mengambil laporan situs untuk dianalisis Untuk menghindari gangguan tersebut, Anda bisa menonaktifkan spam dengan menggunakan Akismet pada situs.

5. Plugin Kecepatan Web

Mengutamakan kecepatan situs adalah sebuah prioritas utama untuk mempertahankan dan menambah jumlah pengunjung ke situs. Semakin cepat tanggap situs maka semakin tertarik orang untuk membuka dan berlangganan konten Anda.

Contoh tools untuk mempercepat operasional situs adalah WP Super Cache dan W3 Total Cache. Anda bisa memilih satu diantaranya kemudian merasakan seperti apa perbedaan tingkat kecepatan situs ketika setiap orang menjelajah di dalamnya.

Berhasil menempatkan situs pada halaman pertama Google saja belum cukup. Menjadi peringkat teratas juga masih belum memadai apabila tingkat kecepatan situs atau respons web masih kurang.

Orang bisa saja langsung mudah menemukan situs Anda, namun ketika mengetahui respon situs Anda terlalu lambat maka kecil kemungkinan untuk mau berkunjung kembali. Terlebih, untuk merekomendasikan situs kepada orang lain kemungkinannya lebih tidak ada.

6. Plugin Sosial Media

Terakhir, kode software media sosial yang membantu Anda memberikan solusi kepada para pengunjung untuk mengakses ke platform lebih luas selain dari situs. Kode software ini penting karena penggunaan media sosial saat ini sudah seakan menjadi kebutuhan.

Kebanyakan orang akan lebih sering mengakses media sosial dibandingkan langsung membuka situs. Selain memudahkan pengunjung mendapatkan informasi juga membantu branding Anda ke ranah lebih luas.

Baca Juga: MBerbagai Keuntungan Menggunakan SEO Agency Jakarta, Simak Cara Kerjanya

Semua jenis kode software yang kami sebutkan akan banyak membantu dalam meningkatkan traffic web. Semakin selaras dan konsisten tiap channel Anda, maka semakin besar peluang plugin memberikan dampak positif untuk kemajuan masa depan situs. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.