...

Pelajari Penjelasan Lengkap dan Contoh SEO

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
contoh-seo-dreambox

Bagaimana contoh SEO yang baik dimata Google?

Bagi para pelaku bisnis yang ingin memasarkan produknya secara online, sangat penting untuk tahu tentang contoh SEO. SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara untuk mengoptimalkan website agar mendapatkan peringkat di halaman pertama mesin pencari.

Teknik ini banyak digunakan oleh pemilik bisnis untuk menjaring konsumen baru serta mempertahankan yang sudah ada. Selain itu, juga mampu membantu menjaga brand awareness masyarakat terhadap sebuah produk, perusahaan, atau merek.

Bagi yang kurang paham atau baru mendengar mengenai SEO, kami punya penjelasan mengenai SEO, algoritma Google juga beberapa contoh pengoptimalannya. Mari simak uraian berikut ini.

Baca Juga: SEO Agency Jakarta Dapat Mengoptimasi Website Anda Secara Optimal

Mengenal SEO dan Algoritma Google

Secara singkat Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk meningkatkan kunjungan atau klik ke sebuah website. Umumnya dilakukan oleh pelaku bisnis yang ingin bisnisnya lebih dikenal dan meningkatkan penjualan.

Contoh SEO dapat ditemukan dengan mudah ketika Anda melakukan pencarian di Google. Misalnya pencari mengetikkan kata Makanan Manis, maka akan muncul website-website yang menyajikan informasi relevan.

Website-website yang muncul di laman pencarian tersebut sudah melakukan pengoptimalan SEO sehingga bisa muncul di halaman utama. Peringkat ini didapatkan tanpa harus menggunakan iklan, tapi dari usaha Search Engine Optimization.

Karena SEO memang berfokus memberikan kunjungan alami pada sebuah website sehingga pemilik tidak perlu mengeluarkan biaya iklan. Selain itu, trafik yang didapatkan juga bersifat permanen, tidak seperti iklan akan menghilang ketika waktunya habis.

Contoh SEO yang ada memanfaatkan algoritma search engine agar bisa mendapatkan ranking tinggi. Ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam hal ini, terutama algoritma mesin pencari misalnya Google.

Google memiliki algoritma tersendiri dalam memilih website yang ditampilkannya dan tidak mudah memahami hal ini. Oleh sebab itu, pekerjaan meningkatkan trafik atau penerapan SEO memang lebih baik apabila diserahkan pada profesional yaitu penyedia jasa SEO.

Baca Juga: 7 Manfaat Jasa SEO Berkualitas bagi Industri Pariwisata

SEO Onpage dan Offpage

Patut Anda ketahui bahwa ada 2 faktor yang menentukan apakah SEO bisa berhasil atau tidak, yaitu Onpage dan Offpage. Jadi, hal-hal yang dilakukan di dalam halaman website dan di luar menentukan kesuksesan laman tersebut untuk menarik pengunjung.

Contoh SEO onpage dan offpage sangat berbeda, tapi keduanya membentuk aliansi yang mampu meningkatkan kunjungan ke sebuat website. Pengelola web tidak bisa hanya menerapkan salah satunya saja, karena hasilnya tidak akan optimal.

Oleh sebab itu, dalam penerapan Search Engine Optimization Anda perlu memahami onpage dan offpage ini agar hasilnya dapat optimal. Untuk lebih jelasnya berikut paparan mengenai kedua factor penting dalam SEO ini.

1. Contoh SEO Onpage

Mudahnya, SEO Onpage merupakan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan trafik alami melalui halaman webste itu sendiri. Caranya dengan membuat atau membangun konten sesuai kaidah Google.

Kaidah Google itu seperti apa? Yaitu pembuatan konten harus relevan dengan keyword sehingga mesin pencari menganggapnya layak dan bisa ditampilkan di pencarian.

Sebagai contoh Anda membuat konten dengan keyword manfaat mesin jahit, pastikan isinya membahas mengenai manfaat mesin jahit bukannya tentang cara belajar berenang.

Contoh SEO onpage tergolong mudah dipelajari dan pengaplikasiannya simpel. Karena Anda hanya perlu membuat konten sesuai aturan dari Google saja. Yakni memastikan keyword sesuai dengan isi pembahasannya.

Namun, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan, seperti judul konten, permalink, struktur konten, gambar, penyebaran keyword, kualitas konten, serta berbagai elemen lainnya.

Tanpa memperhatikan aspek-aspek ini akan sulit membuat sebuah konten yang disukai Google. Jika salah dalam penerapannya, maka Google akan menolak menampilkan konten Anda sehingga usaha yang dilakukan menjadi sia-sia.

2. Contoh SEO Offpage

Sekarang kami akan membahas mengenai SEO Offpage. Jika sebelumnya hanya berkaitan dengan isi konten yang ada di laman website, maka sekarang Anda juga perlu melakukan upaya dari luar.

Upaya dari luar ini merupakan promosi untuk meningkatkan kunjungan. Sebuah konten yang bagus dan sesuai algoritma Google belum tentu sukses apabila tidak dilakukan optimasi offpage di saat bersamaan.

Contoh SEO sama sekali berbeda dengan onpage, karena di sini yang berpengaruh adalah link building, peningkatan DA, peningkatan PA, hingga promosi menggunakan jasa guest blog. Intinya, Anda harus melakukan upaya meningkatkan kunjungan dengan memanfaatkan hal-hal di luar website. Sebagai contoh penggunaan link building, yaitu upaya memperoleh link melalui website lain.

Sederhananya, Anda memanfaatkan website lain agar pengunjung datang ke website Anda. Misalnya dengan membuat konten tamu di halaman situs milik orang lain, biasanya dipilih situs yang ramai pengunjung.

Ada juga Domain Authority atau DA, yaitu skor yang mewakili peluang ranking di halaman pencarian. Skor ini ditentukan berdasarkan domain bukan kualitas dari konten unggahan. Lainnya ada page authority atau PA, yaitu skor sebuah halaman web agar bisa menempati posisi tertinggi. Aspek yang dinilai merupakan konten dan seluruh isinya. Sebelum membuat konten, pastikan untuk memperhatikan optimasi SEO offpage juga sehingga konten yang Anda gunakan akan benar-benar bermanfaat mendongkrak traffic.

Baca Juga: Rumah Sakit Memerlukan Jasa SEO Terbaik, Ini 5 Alasannya!

Pernahkah Anda Mendengar Blackhat SEO?

Contoh SEO di atas memanfaatkan onpage dan offpage, hanya saja dalam pengoptimalan offpage seringkali sulit untuk mendapatkan backlink berkualitas. Hal ini memunculkan ide melakukan blackhat.

Sebenarnya, blackhat dapat dilakukan dari segi onpage maupun offpage. Teknik ini bisa dikatakan sebagai shortcut untuk mendapatkan traffic ke sebuah web. Caranya bisa dengan membeli backlink dari web lain, cloaking, dan berbagai cara lainnya.

Salah satu cara yang cukup populer adalah meletakkan kata kunci dalam jumlah banyak pada sebuah halaman atau struktur URL. Cara ini memang efektif mendongkrak kunjungan, tapi juga berpotensi memberikan masalah.

Apa Konsekuensi Menggunakan Blackhat SEO?

Contoh SEO yang menggunakan blackhat dapat ditemui dengan mudah ketika Anda melakukan pencarian. Karena memang banyak orang mempergunakannya, bahkan jasa layanan SEO juga sering menggunakan hack ini. Akan tetapi, sangat tidak disarankan untuk melakukannya.

Meskipun ranking situs Anda cepat naik, tapi resikonya juga sangat tinggi. Google selalu melakukan update terhadap algoritma setiap waktu sehingga pelaku blackhat Search Engine Optimization akan bisa terdeteksi sehingga dapat ditindak. Hukuman yang diberikan tidak tanggung-tanggung, yaitu penghapusan website.

Jangankan bisa muncul di halaman utama pencarian, situs Anda sangat mungkin hilang ditelan bumi begitu saja. Karena Google tidak segan dalam menghukum pelaku blackhat, penindakannya tegas dan langsung eksekusi.

Bukan hanya satu halaman yakni konten yang menggunakan blackhat, tapi seluruh halaman di situs. Jadi, tidak akan ada lagi website tersebut di pencarian bahkan ketika mengetikkan alamat webnya langsung, tetap tidak akan muncul.

Jadi, bagi Anda yang hendak menggunakan hack ini untuk mendapatkan pengunjung, sebaiknya pikirkan matang-matang. Jangan sampai usaha dan kerja keras hilang begitu saja hanya karena ingin mendapatkan hasil instan.

Baca Juga: Jasa SEO Indonesia, Berikut Cara Kerja dan Keuntungannya

Mengenal dan mengetahui tentang Search Engine Optimization merupakan pengetahuan penting bagi seorang pelaku bisnis. Karena kemampuan Search Engine Optimization dalam meningkatkan penjualan sangat baik.

Pengoptimalan bisa Anda lakukan sendiri dengan mempelajari SEO onpage dan offpage. Namun, apabila tidak ingin repot dan lebih praktis bisa coba gunakan layanan jasa SEO. Sekarang sudah banyak perusahaan menawarkan jasa ini, salah satunya Dreambox.

Dengan menggunakan penyedia jasa terbaik dan terpercaya, maka tidak akan sulit mendapatkan trafik ke situs Anda. Apalagi jika menerapkan contoh SEO sesuai algoritma Google dan menghindari penggunaan blackhat.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms