Tips Penulisan Konten SEO Agar Lebih User Friendly

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
penulisan-konten-seo-dreambox

Melakukan pemasaran digital dengan gratis dapat mengandalkan teknik konten SEO.

Penggunaan teknik SEO pada konten artikel dapat meningkatkan traffic website tanpa harus membayar untuk biaya iklan.

Namun penulisan konten tersebut haruslah berkualitas, memberikan informasi dan menjadi jawaban atas pertanyaan pengunjung website. Konten yang otentik serta bernilai sangat berpengaruh terhadap visibilitas mesin pencarian Google.

Jika sudah terbiasa menulis artikel yang menarik dan berkualitas, maka tinggal memaksimalkannya dengan teknik SEO lainnya. Kami akan menjelaskan tentang penulisan SEO dan apa saja tipsnya untuk meningkatkan traffic pengunjung.

Baca Juga: Ketahui Jenis, Fungsi dan Tips Mencari Keyword SEO

Ketahui Apa Itu Konten SEO

Konten dengan golongan SEO merupakan konten yang ditulis dengan memperhatikan standar optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization agar situs web semakin optimal dalam mencapai visibilitas sebesar mungkin di mesin pencari.

Sebenarnya semua jenis konten dapat dikategorikan ke dalam golongan SEO, mulai dari halaman produk, landing page, alat interaktif, maupun video. Namun umumnya, istilah SEO lebih merujuk pada postingan tulisan seperti blog.

Konten SEO sangatlah penting, karena menyangkut brand awareness pada pengunjung. Berdasarkan Panduan Google Search Quality Evaluator, terdapat 3 karakteristik konten dengan kualitas tinggi, diantaranya sebagai berikut:

  1.     Mencantumkan informasi akurat, asli, komprehensif, disajikan secara profesional.
  2.     Konten artistik harus orisinal, unik, mengandung keterampilan tingkat tinggi.
  3.     Kontennya mendalam, akurat, mengandung laporan asli, serta dikutip dengan baik.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO On Page dan Bedanya dengan SEO Off Page

Cara Menulis Konten SEO yang Tepat

Konten yang menggunakan SEO harus berkualitas supaya dapat menarik minat baca para pengunjung situs website Anda. Oleh sebab itu, ada beberapa hal wajib diperhatikan agar penulisan konten semakin optimal dan bernilai.

1. Membuat Topik Pembahasan

Langkah pertama adalah membuat topik pembahasan yang akan menjadi perhatian bagi para pengunjung website Anda. Agar menghasilkan topik pembahasan menarik, Anda dapat menerapkan 3 cara berikut.

Mengunjungi situs forum sebagai alternatif situs Reddit yang sudah diblokir di Indonesia. Pada situs forum tempat audiens target sering berkunjung, Anda dapat mencari topik yang cenderung muncul terus – menerus.

Lihat postingan konten SEO blog, infografis, atau video populer dari pesaing. Pantau untuk mengecek apakah ada kesamaan dengan konten milik Anda atau justru sebagai patokan menulis versi lain yang lebih unik.

Persona dapat membantu menyempurnakan jenis konten yang ditelusuri oleh target pelanggan Anda secara online. Persona ini dapat dilakukan bahkan ketika pelanggan tidak sedang menelusuri produk maupun layanan Anda.

2. Menggunakan Keyword yang Relevan

Riset keyword atau kata kunci merupakan faktor penting dalam membuat artikel. Teknik penelitian kata kunci dapat dilakukan dengan menggunakan Google Suggest untuk menemukan keyword long tail.

Lalu gunakan Ubersuggest untuk membantu penulis mendapatkan ide keyword yang baru. Selain itu, fungsinya juga berguna mengetahui berapa banyak orang mencari keyword itu setiap bulannya.

Ketiga, gunakan AnswerThePublic dengan mengetikkan beberapa kata serta frasa yang berbeda. Answer The Public sendiri berfokus 100% pada pertanyaan yang diajukan tadi. Jadi, konten SEO dapat dioptimalkan melalui riset kata kuncinya.

3. Menulis Konten Secara Komprehensif

Kunci sebuah situs website diletakkan Google pada halaman pencarian paling atas adalah kontennya harus memiliki nilai lebih. Sebenarnya konten berkualitas saja kurang, maka perlu publikasi konten yang mencantumkan kebutuhan semua orang.

Konten panjang cenderung mampu menarik lebih banyak tautan maupun sharing di media sosial. Jadi, menulis konten komprehensif bisa dijadikan keunggulan kompetitif bagi Anda.

4. Lakukan Strategi SEO On-Page Agar Optimal

Jika sudah selesai menyelesaikan penulisan konten SEO, maka selanjutnya adalah mengoptimalkannya agar mudah dikonsumsi oleh publik. Caranya yaitu menggunakan beberapa kalimat pertama yang pendek.

Umumnya, pembaca kurang menyukai blok teks lebar dan kepanjangan, sehingga lebih sering memilih membaca kalimat pendek. Anda dapat menggunakan multimedia sebagai upaya ekstra demi meningkatkan peringkat pencarian.

Baca Juga: Ketahui Cara Meningkatkan Organic Traffic SEO Website

Tips Menulis Konten SEO Agar Meraih Peringkat Tinggi Pencarian Google

Berikut adalah tips saat menerapkan teknik menulis konten yang dapat Anda ikuti dengan mudah. Tips ini dapat menciptakan artikel berpeluang meraih peringkat tinggi pada hasil pencarian Google.

1. Buat Judul yang Menarik Minat Pembaca

Judul konten SEO merupakan elemen paling penting dalam sebuah konten karena perannya memberikan gambaran tentang keseluruhan isi artikel. Misalnya isi artikel adalah tutorial atau tips, maka Anda dapat menambahkan jumlah angka di judulnya.

Misalnya “5 Tips Penting Menghadapi Dunia Kerja.” Selalu sertakan juga keyword ke dalam judul Anda supaya mudah dicari dan ditemukan oleh pembaca.

2. Menambahkan Subheading

Tidak semua pengunjung akan membaca tulisan Anda dari awal hingga selesai, sehingga dibutuhkan strategi agar isi artikel mudah dipahami. Caranya yaitu menambahkan subheading yang fungsinya kurang lebih mirip seperti chapter buku.

Dengan menggunakan subheading, maka pembaca lebih mudah memahami karena ada poin – poin yang disampaikan. Semakin mudah konten SEO dipahami, maka kemungkinan pengunjung membacanya hingga selesai juga semakin besar.

3. Memasukkan Link terkait

Setiap penulis tentu tidak ingin pengunjung hanya lewat sebentar di websitenya. Sehingga perlu strategi untuk membuat pengunjung betah membaca kontennya. Caranya adalah menghubungkan antara satu artikel dengan artikel Anda yang lainnya.

Masukkan link artikel lainnya ke dalam artikel sasaran, namun pastikan konteks kalimatnya tetap relevan dengan link tersebut. Dengan begitu, maka akan memancing pengunjung untuk mengklik artikel Anda yang lainnya.

4. Tulis Paragraf Secara Singkat

Pembaca lebih mudah fokus pada paragraf yang jumlah kalimatnya sedikit, khususnya konten platform digital. Usahakan dalam 1 subheading konten SEO, jumlah per katanya tidak lebih dari 250 kata.

Selain itu, dalam 1 paragraf hindari memasukkan kalimat hingga menumpuk jadi 4-5 baris. Idealnya, agar tulisan mudah dipahami dan ramah SEO, usahakan setiap paragrafnya berisi sekitar 2-3 kalimat saja.

5. Pakai Format Tulisan yang Mudah Dibaca

Meskipun isi artikel menarik serta bermanfaat, namun jika tulisannya sulit dibaca akan sia – sia. Jadi pastikan menggunakan format jenis dan ukuran tulisan yang mudah dibaca, seperti Arial, Verdana, Comic Sans.

Penggunaan format tulisan yang tepat ini akan berpengaruh terhadap pertimbangan Google. Yaitu untuk memasukkan konten SEO Anda ke peringkat lebih tinggi.

6. Tambahkan Keyword LSI

Ada beberapa kalimat dengan ejaan sama tetapi artinya berbeda, seperti bisa (sanggup) dan bisa (racun). Oleh karenanya, Google menerapkan LSI (Latent Semantic Index) guna mendeteksi kata – kata yang berhubungan dengan topik utamanya.

7. Optimisasi Menggunakan Gambar

Terkadang, kehadiran gambar – gambar menarik hanya dianggap sebagai pemanis konten saja, padahal manfaatnya sangat besar. Menggunakan gambar sebagai tambahan ilustrasi dapat memudahkan maksud pesan agar sampai kepada pembaca.

Pastikan Anda menggunakan gambar relevan sesuai topik pembahasan lalu masukkan alt text ke dalam gambarnya. Jika perlu mengecilkan ukuran gambar, Anda dapat menggunakan alat seperti PicResize atau TinyPNG.

Baca Juga: 8 Alasan SEO Agency Jakarta penting untuk Bisnis Anda

Jadi langkah pertama saat menulis konten adalah memahami bagaimana karakteristik calon pembaca. Setelah itu, Anda dapat mulai menulis artikel berkualitas lalu di optimisasi dengan cara dan tips menulis konten SEO di atas. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms