Strategi Efektif Kode QR dan Cara Set Up nya di GA4 2024

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
kode-qr-dreambox

Di tengah era yang serba digital dan cepat, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang bernama kode QR atau QR code. Berbagai sisi praktis dan kemudahannya pun membuat kode ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Supaya bisa lebih mengenal tentang kode ini dan strategi pentingnya, maka sebaiknya Anda simak artikel ini sampai tuntas. Pastikan juga kode yang Anda gunakan bisa terlacak di Google Analytics 4 sehingga pemanfaatannya pun semakin optimal! Ketahui juga Cara Set Up dan Manfaat Google Analytic untuk membantu anda menyiapkan kampanye kode qr. 

Apa Itu Kode QR

QR code merupakan sebuah singkatan dari Quick Response Code, yang maksudnya adalah kode yang akan merespons secara cepat. Kode di sini adalah jenis barcode yang tampak secara dua dimensi dan bisa berfungsi untuk memberikan beragam informasi atau akses, sesuai dengan tujuan dari dibuatnya kode tersebut.

Biasanya, kode ini dapat menyimpan hingga 4289 jumlah karakter atau 2089 digit, sudah termasuk dengan karakter spesial dan tanda baca yang ada di dalamnya. Kode ini terdiri dari spasi putih dan titik hitam, lalu setiap elemen tersebut disusun dengan memiliki maknanya masing-masing.

Jenis-Jenis Kode QR

Tak hanya sekadar corak, kode ini menyimpan berbagai informasi dan kegunaan, tergantung dengan jenisnya. Untuk dapat membuka kode ini, maka Anda perlu melakukan pemindaian atau scan dengan memanfaatkan smartphone atau jenis gadget lainnya yang bisa memberikan dukungan untuk akses pemindaian kode.

Secara umum, ada dua jenis QR code yang sering digunakan dalam berbagai jenis aktivitas digital, berikut adalah penjelasanya. 

1. Kode QR Statis

Pertama, ada QR code statis yang tidak bisa disunting kembali ketika sudah dibuat.  Informasi yang ada di dalam kode tersebut pun tidak bisa diganti, dikurangi, atau ditambahkan. Dengan kondisi ini, maka QR code statis sangat cocok untuk berbagai penggunaan dengan muatan informasi yang cukup banyak.

Sebagai contoh, untuk dokumentasi produk, ID karyawan, dan informasi penting yang tidak membutuhkan penyuntingan di kemudian hari. Namun, perlu dipahami juga bahwa kode jenis ini kurang cocok untuk berbagai keperluan bisnis dan marketing, karena sifatnya yang tidak bisa diubah atau diperbarui sesuai kondisi.

2. Kode QR Dinamis

Selanjutnya, ada QR code dinamis yang bisa dibilang kebalikan dari QR code statis. QR code dinamis memiliki fitur bisa disunting kembali setelah dibuat, data bisa diubah sebanyak yang Anda butuhkan, sehingga kode ini menjadi lebih fleksibel.

Dengan begitu, Anda bisa menambahkan berbagai informasi di kemudian hari, misalnya untuk menambahkan informasi yang terlewat, mengoreksi informasi yang sudah ada, serta memberikan update informasi.

Dengan fitur ini, maka QR code statis sangat cocok untuk marketing dan bisnis. Berbeda dengan kode statis yang ukurannya menjadi semakin kompleks dan besar jika ditambahkan banyak data, kode dinamis ini tetap bisa menjaga kapasitas ukurannya supaya tetap kecil dan tidak memberatkan aksesnya.

Hal tersebut disebabkan karena data yang ada tidak diletakkan secara langsung ke dalam QR code, tetapi disimpan dalam URL yang sudah disambungkan dengan kode tersebut. Maka dari itu, jenis kode ini sangat cocok untuk diletakkan di berbagai desain produk misalnya dalam brosur, spanduk, kemasan produk, majalah, dan sebagainya.

Keuntungan Menggunakan Kode QR

Penggunaan kode ini semakin masif di berbagai sektor tentunya bukan tanpa sebab, karena memang ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain sebagai berikut:

1. Proses Pembayaran yang Efisien

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan yaitu kemudahan dan efisiensi dalam hal pembayaran untuk berbagai jenis transaksi. Kode ini dapat memberikan fasilitas untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan gawai, sehingga prosesnya menjadi lebih efisien dibandingkan jenis pembayaran konvensional

Metode ini terbilang sangat cepat, mudah, praktis, dan aman, sehingga kini banyak digunakan di berbagai tempat.

2. Fleksibilitas dan Kustomisasi

Dengan adanya teknologi ini, maka Anda bisa lebih mudah untuk menyimpan berbagai jenis informasi. Adaptasi dengan berbagai pengaplikasian bisnis pun dapat dilakukan dengan sangat mudah, sehingga kode ini menjadi fleksibel ketika digunakan.

Selanjutnya, Anda bisa membuat kode yang mengarahkan audiens ke berbagai tempat, kustomisasinya pun yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan.

3. Metrik yang Mudah Dilacak

QR code dapat memberikan fasilitas bagi Anda untuk memberikan berbagai informasi secara praktis, sehingga orang-orang pun bisa mengaksesnya dengan mudah.

Hal ini bisa sangat dimanfaatkan untuk membuat strategi marketing, misalnya dalam memberikan informasi produk, promo tertentu, dan sebagainya.

Tidak Semua Kode QR Dapat Dilacak di GA4

QR code bisa dibilang sebagai teknologi yang praktis dan mudah untuk digunakan, keuntungan yang bisa didapatkan pun cukup beragam. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua kode ini dapat terlacak oleh Google Analytics 4. Ada berbagai akses yang tidak bisa terlacak dengan GA4, antara lain sebagai berikut:

  1. Detail kontak vCard
  2. Kirim SMS
  3. Teks biasa
  4. Pendaftaran tiket untuk suatu acara
  5. Pengunduhan dokumen, misalnya Word, Excel, PDF, file audio, dan sebagainya

Namun, jika ada akses sejenis itu yang dirasa penting untuk masuk ke QR code, maka Anda bisa menggunakan platform pembuatan QR code dengan memanfaatkan statistik bawaan.

Cara Menyiapkan Kode QR untuk URL Kampanye

Lalu, jika ingin melacak kode ini dengan Google Analytics 4, bagaimana cara tepatnya? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melacaknya.

1. Siapkan UTM Link dalam Kode QR

Pembuatan-kode-QR

Di tahun 2024, sudah tersedia beberapa cara untuk membuat URL kampanye Anda. Anda bisa menggunakan situs-situs pembuat URL kampanye, beberapa orang juga bisa menggunakan Spreadsheet. Namun, Anda bisa membuat dengan mudah di Google’s Campaign URL Builder

Untuk dapat melakukan pelacakan, maka Anda perlu membuat URL kampanye yang sesuai. Perlu diperhatikan juga bahwa untuk aplikasi iOS dan Android, maka membutuhkan URL yang terpisah. Perlu juga mengetahui Cara Membangun Brand Image Dengan Kampanye Periklanan.

2. Isi Detail-detail URL Kampanye Anda

detail-URL-Kampanye

Selanjutnya Anda perlu mengisi tag UTM yang diperlukan, berupa nama kampanye dan konten yang disajikan. Ada pula kolom lain yang perlu diisi yaitu URL website, tempat untuk menampilkan QR, dan media yang akan digunakan.

3. Hasilkan Kode QR

QR code generator

Jika sudah, maka selanjutnya Anda bisa menyalin URL yang sudah Anda dibuat ke dalam lokasi pembuatan QR code. Ada berbagai jenis tools yang bisa Anda manfaatkan dalam hal ini, pilihlah yang paling cocok untuk Anda.

 

Cara Testing Kode QR di Google Analytic 4

Setelah semua prosesnya selesai, maka kini Anda melacak kode tersebut dengan GA4. Namun, biasanya akan diperlukan waktu menunggu sekitar 24 jam setelah diluncurkan, setelah itu barulah kode dapat dipindai atau di-scan. Untuk mengetahui langkah-langkahnya Anda dapat mengetahuinya sebagai berikut.

Testing pada Kode QR di GA4

Langkah yang Anda dapat lakukan, yaitu dengan mencoba scan kode QR yang telah dibuat. Setelah itu, coba lihat ke dalam akun Google Analytic Anda untuk memeriksa apakah ada eror atau tidak. Berikut langkahnya;

cara-testing-kode-qr

  1. Langkah 1
    Pilih menu report -> realtime -> lihat kolom (event count by event name) -> klik page_view
  2. Langkah 2
    klik page_view -> dan lihat apakah muncul parameter event yang telah Anda buat sebelumnya. Jika berhasil, Anda akan melihat parameter seperti campaign, content/source, dan medium
  3. Langkah 3
    Klik (satu per satu) parameter event untuk memverifikasi bahwa event yang Anda gunakan di pembuat URL Kampanye muncul di GA4. Jika berhasil, maka selamat Anda telah berhasil menyiapkan kode qr di Google Analytic 4

 

Cara Melihat Data Kampanye Kode QR di Google Analytic 4

step-kode-qr-1

  1. Buka dan klik reports> acquisition -> traffic acquisition
  2. Lihat tabel di samping dan klik dropdown -> pilih session medium. Jika data kamu belum ter-set maka akan terbaca sebagai unssigned.
  3. (opsional), Anda dapat menambahkan dimensi tambahan (session campaign) untuk informasi tambahan. Klik ikon “+” lalu pilih traffic source -> klik session campaign
  4. Anda bisa melihat konsver dan total pendapatan jika Anda telah set up di GA4

Google analytic 4 ini akan membantu Anda dalam pelacakan trafik data QR dan menganalisis kinerja kampanye kode qr untuk evaluasi kampanye yang telah Anda buat.

Penutup

Itulah berbagai penjelasan tentang QR code yang sebaiknya Anda pahami jika ingin memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, misalnya untuk marketing, branding, dan memberikan berbagai informasi penting.

Pada praktiknya, kode ini memang memiliki berbagai manfaat yang bisa Anda optimalkan, terlebih di tengah gempuran era yang serba digital ini. Maka dari itu, sebaiknya Anda pun memanfaatkan teknologi kode yang satu ini dengan baik.

Untuk membantu berbagai strategi branding, Anda juga bisa memanfaatkan layanan digital marketing dan SEO yang tersedia di Dreambox. Tentu saja, layanan ini akan membantu bisnis atau keperluan Anda secara optimal, termasuk dalam memanfaatkan kode QR dalam berbagai kebutuhan. Segera hubungi kami untuk mendapat berbagai keuntungan dari layanan Dreambox!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms