Pengertian dan 15 Cara Meningkatkan Website Traffic

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Website traffic

Dalam dunia pemasaran digital atau digital marketing, Anda pasti pernah mendengar istilah website traffic. Ini merupakan salah satu poin penting yang akan menentukan keberhasilan atau efektivitas strategi pemasaran digital Anda. Khususnya jika bisnis Anda menggunakan website untuk menjangkau pasar. 

Pencapaian traffic yang tinggi dari website bisnis akan menjadi sebuah pertanda yang baik. Itulah mengapa dalam strategi digital marketing biasanya dilakukan beragam upaya agar angka traffic tersebut terus meningkat. Mari cari tahu lebih banyak lagi apa sebenarnya traffic website ini dan bagaimana cara meningkatkannya. 

Mengenal Apa Itu Website Traffic

Apa itu traffic dalam pengelolaan sebuah website? Traffic itu sendiri merupakan istilah yang dipakai untuk menunjukkan jumlah pengunjung atau pengguna website Anda. Dalam konteks pemasaran digital, traffic website ini memberi informasi berapa banyak orang yangs udah masuk dan mengakses sebuah website

Semakin tinggi traffic-nya berarti semakin banyak orang yang sudah mengunjungi website tersebut. Artinya website Anda diminati oleh banyak orang atau pelanggan. Hal ini akan membuat lalu lintas website jadi lebih ramai karena ada banyak pengguna berkunjung di sana. 

15 Cara Meningkatkan Website Traffic yang Tepat

Bagi Anda yang ingin mengoptimalkan fungsi website dalam mengembangkan sebuah bisnis maka penting sekali untuk memperhatikan angka traffic. Berikut ini ada beberapa cara meningkatkan traffic website yang bisa Anda coba demi mencapai hasil optimal. 

1. Optimasi Website di Mesin Pencari

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengoptimalkan website di mesin pencari dengan strategi SEO. Teknik SEO bisa membantu meningkatkan peringkat website di SERP dan akan menambah nilai trafik organik. 

2. Unggah Melalui Media Sosial

Manfaatkan media sosial Anda untuk menarik jumlah pengunjung website agar trafik meningkat. Cobalah untuk membuat konten-konten yang menarik dan arahkan audiens agar mengunjungi website Anda. Gunakan lebih dari satu media sosial untuk mendapat hasil yang optimal. 

3. Buat Konten yang Menarik

Tentunya angka trafik bisa terus meningkat jika konten-konten di website Anda memang menarik. Cobalah untuk menarik lebih banyak audiens atau pengunjung lewat konten-konten yang berkualitas. Gunakan keyword yang tepat, buat headline yang menarik, tambahkan gambar, video, dan lain sebagainya. 

4. Manfaatkan Fitur Ads Media Sosial

Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan beragam fitur ads di media sosial. Misalnya saja Facebook Ads dan Instagram Ads yang sangat populer dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis di zaman digital seperti sekarang. 

5. Pastikan Desain Website Mobile Friendly

Selain memperhatikan konten yang ditampilkan dalam website, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor desain. Pastikan desain website tersebut cukup mobile friendly. Artinya desain tersebut memungkinkan sebuah website diakses di perangkat mobile secara mudah dan nyaman. 

6. Libatkan External dan Internal Link

Tips lain yang juga bisa Anda coba untuk meningkatkan traffic website adalah dengan melibatkan external dan internal link. Kedua hal ini memberi pengaruh yang cukup besar terhadap jumlah trafik yang masuk ke website Anda. 

7. Tingkatkan Kecepatan Website

Pastikan bahwa website Anda bisa diakses dengan cepat agar jumlah trafiknya bisa meningkat sesuai harapan. Kita tahu bahwa saat ini pengguna internet lebih senang mengakses laman website dan aplikasi yang cepat. Terlalu lama waktu akses ke sebuah website akan membuat pengunjung merasa malas. 

8. Lakukan Campaign Email Marketing

Hal lain yang juga bisa Anda lakukan demi menambah trafik website adalah dengan merencanakan campaign email marketing. Melalui email marketing ini Anda bisa menarik pengunjung untuk terus datang ke website berulang kali. Misalnya saja dengan mengirim newsletter secara berkala melalui email. 

9. Audit Konten-Konten yang Tidak Update

Pastikan Anda juga sering memeriksa apakah ada konten-konten yang tidak update. Segera lakukan update agar pengunjung tidak kecewa dengan website Anda. Update konten bisa menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan lebih banyak trafik. 

10. Manfaatkan LinkedIn

Melalui media sosial LinkedIn, Anda juga bisa menjaring lebih banyak pengunjung website. Sematkan saja link website bisnis Anda di profil LinkedIn. Selain itu pastikan juga bahwa Anda aktif di media sosial ini. 

11. Terapkan Program Afiliasi

Penerapan program afiliasi juga bisa jadi pilihan. Program ini menerapkan sistem kemitraan antara pemilik website dengan pihak lain atau pengguna. Nantinya Anda akan membayar pengguna yang bisa mendatangkan traffic lebih banyak, misalnya saja melalui penjualan kode referral

12. Hubungi Influencer Marketing

Selain affiliate marketing, Anda juga bisa mencoba influencer marketing. Di sini Anda harus bekerja sama dengan orang-orang yang berstatus sebagai influencer. Pilihlah influencer dengan jumlah pengikut yang banyak agar bisa mengajak lebih banyak orang untuk berkunjung ke website

13. Perlihatkan Kode QR

Cara lain untuk meningkatkan website traffic Anda adalah dengan memperlihatkan kode QR. Anda bisa memasang kode QR di berbagai iklan yang ditampilkan ke publik. Nantinya setiap orang yang melakukan scan kode tersebut akan langsung terhubung ke website bisnis Anda. 

14. Publikasikan Guest Post

Anda juga bisa mengupayakan peningkatan trafik lewat publikasi guest post. Guest blogging ini bisa membangun kredibilitas bisnis dan menarik lebih banyak orang untuk berkunjung ke website

15. Promosikan Melalui Komunitas Online

Tidak ada salahnya mempromosikan website Anda secara langsung melalui komunitas online. Sebaiknya Anda memang aktif di berbagai komunitas online jika ingin bisnis dikenal lebih banyak orang. 

Jenis-Jenis Website Traffic

Perlu diketahui bahwa trafik website itu sendiri ada beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis trafik website yang perlu Anda pahami agar bisa mengoptimalkannya sebaik mungkin.  

1. Organic Traffic

Jenis trafik yang akan diterima oleh sebuah website secara alami lewat hasil pencarian mesin pencari. Anda bisa klik di sini untuk mengetahui cara-cara agar bisa meningkatkan jumlah organic traffic pada website

2. Paid Traffic

Ini merupakan jenis trafik yang diperoleh setelah membayar iklan online. Termasuk di dalamnya adalah iklan PPC atau pay per click di mesin pencari maupun media sosial. 

3. Direct Traffic

Selanjutnya ada direct traffic yaitu jumlah pengunjung yang langsung mengetik alamat website Anda di browser mereka. Hal ini bisa terjadi jika orang-orang sudah tahu alamat website Anda. 

4. Referral Traffic

Trafik ini diperoleh dari pengunjung yang datang ke website karena adanya referral. Bisa terjadi lewat tautan yang dibagikan lewat blog atau media sosial. 

5. Social Traffic

Kunjungan satu ini diperoleh dari platform media sosial. Bisa dari media sosial X, Facebook, Instagram, YouTube, dan masih banyak lagi. 

6. Email Traffic

Ada pula trafik yang datang dari pengguna email. Biasanya ini didapat jika Anda menerapkan sistem email marketing lewat newsletter

Ubah Website Traffic Anda Menjadi Customer Bersama Dreambox

Tidak hanya rajin cek traffic website dan membuatnya terus meningkat, Anda juga perlu menerapkan strategi agar trafik tersebut berubah menjadi konsumen. Trafik ini bisa membantu meningkatkan angka penjualan Anda dan menaikkan revenue. Dalam hal ini Anda bisa bekerja sama dengan layanan website dari Dreambox. 

Tim Dreambox siap membantu Anda untuk meningkatkan website traffic dan mengubahnya menjadi konsumen yang potensial. Silakan hubungi tim Dreambox untuk berkonsultasi lebih jauh.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms