...

Ketahui Cara Website Maintenance Agar Terhindar Hacker

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
ketahui-cara-website-maintenance-dreambox

Website maintenance adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh pengelola website.

Website atau situs adalah aset digital penting di era kemajuan teknologi seperti saat ini, khususnya bagi pemilik usaha. Situs bisnis dapat dijadikan sebagai media yang efektif untuk membangun brand awareness melalui trafik visitor, mempromosikan produk, memperoleh konversi, hingga mendapatkan transaksi melalui pembuatan situs e-commerce.

Situs web ibarat rumah bagi perusahaan Anda di dunia maya. Calon konsumen yang tertarik dengan brand serta produk perusahaan akan mengunjunginya untuk mencari tahu produk maupun informasi lain.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat UI UX Website yang Baik

Cara Website Maintenance secara Berkala

Untuk membuat pengunjung merasa nyaman dan betah di dalam ‘rumah’ tersebut, maka diperlukan maintenance secara berkala. Dengan perawatan yang baik, komponen-komponen di dalamnya akan tetap berfungsi baik.

Perawatan web perlu dilakukan secara berkala. Sebagaimana Anda merawat rumah, perlu perawatan beragam sesuai kebutuhan berdasarkan periode tertentu. Untuk merawat website, lakukan maintenance secara mingguan, bulanan, dan per kuartal.

1. Website Maintenance Mingguan

Pemeliharaan situs web secara mingguan bertujuan untuk mencegah masalah-masalah yang menumpuk akibat tidak ditangani sesegera mungkin. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melakukan pemeliharaan mingguan:

  • Periksa Halaman dan Tautan

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mengklik sebuah link namun mengarah pada halaman yang rusak? Tentu ini membuat Anda berpikir bahwa halaman tersebut tidak diurus atau sudah ditinggalkan pemiliknya.

Jika tidak ingin pengunjung situs berpikir demikian, pastikan memeriksa semua halaman dan link bekerja sesuai fungsinya. Website maintenance ringan ini mencegah pengunjung kecewa karena tidak menemukan informasi yang mereka inginkan.

  • Update Komponen Website

Perbarui seluruh komponen situs web dapat membuat kinerjanya lebih memuaskan. Jangan salah, komponen yang tidak diperbarui bisa menyebabkan halaman Anda terserang malware dan gangguan lainnya.

  • Hapus Komentar Spam

Komentar yang tidak relevan atau mengandung link berbahaya dapat mengurangi reputasi situs. Sehingga membuat pengunjung enggan untuk kembali. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah memeriksa komentar dan segera hapus komentar spam.

2. Pemeliharaan Bulanan

Website maintenance bulanan dapat membantu Anda mencapai tujuan secara efektif dan memuaskan. Entah itu meningkatkan trafik blog, meningkatkan jumlah transaksi, atau lainnya. Lakukan maintenance bulanan dengan cara berikut.

  • Pantau Performa SEO

SEO merupakan kunci peringkat tertinggi di mesin pencari. Maintenance wajib lainnya adalah meninjau performa SEO dan memperbaikinya agar trafik kian melejit. Karena pengguna Google hanya tertarik mengklik link yang muncul di halaman pertama SERP.

  • Update Konten

Salah satu langkah maintenance yang sangat penting adalah memeriksa kinerja konten website. Jutaan orang setiap hari mengakses internet dan membuka search engine untuk mendapatkan berbagai informasi maupun hiburan.

Sebagai pengelola situs web, Anda harus memahami apa kebutuhan pengguna internet, apa saja tren yang sedang berlangsung. Ingat, Anda bersaing dengan jutaan situs web lainnya yang juga menghadirkan beragam konten informatif.

Untuk membuat pengunjung tetap setia datang ke situs Anda, lakukan website maintenance dengan mengupdate konten secara rutin. Ini akan meningkatkan performa SEO. Ingat, pengunjung hanya mencari informasi yang mereka inginkan, bukan situs Anda.

  • Periksa Page Load Speed

Page load speed adalah kecepatan yang dibutuhkan sebuah website untuk menampilkan konten pada halaman-halamannya. Faktanya, lebih dari 50% orang meninggalkan halaman yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk loading.

Page loading speed yang lambat akan membuat peringkat situs terjun karena dianggap memberikan user experience buruk. Akibatnya, performa SEO juga menurun jauh. Untuk menghindari page load lambat, lakukan pengujian menggunakan plugin yang mendukung.

Baca Juga: Ketahui 7 Tips Ampuh dalam Meningkatkan Traffic Organik Website Anda

3. Maintenance Per Kuartal

Website maintenance juga perlu dilakukan setiap periode satu kuartal alias per 3 bulan. Pemeliharaan ini bertujuan untuk memudahkan maintenance secara keseluruhan dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

  • Periksa Info Kontak

Pengelola website biasanya mencantumkan informasi kontak dengan harapan agar calon konsumen atau klien menghubungi jika membutuhkan produk maupun jasanya. Namun apa jadinya jika kontak yang Anda cantumkan tidak bisa dihubungi?

Ini akan membuat calon konsumen kecewa dan tidak lagi tertarik dengan layanan Anda. Karenanya, pastikan memeriksa info kontak dan menggantinya jika ada perubahan.

  • Perbaiki Struktur Desain

Website maintenance berikutnya dilakukan dengan memperbaiki struktur desain. Karena ini dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di halaman situs. Untuk memberikan user experience terbaik, pelajari bagaimana tren perubahan keinginan pengguna internet.

  • Periksa Masa Aktif Domain

Domain adalah alamat yang memudahkan pengunjung untuk menemukan situs web Anda. Jangan sampai website yang dibangun dengan susah payah tidak bisa diakses lagi akibat expired. Karenanya, periksa masa aktif domain agar tidak terlambat memperpanjangnya.

Baca Juga:Apa Itu Front dan Back End dalam Website Development?

Mengapa Website Perlu Maintenance

Apapun tujuan pembuatannya baik itu untuk kebutuhan bisnis, portofolio, mendapatkan penghasilan sebagai publisher, hingga hobi, pastikan selalu memelihara situs Anda. Berikut adalah alasan mengapa situs web harus di maintenance:

1. Hosting Memerlukan Pemeliharaan

Salah satu alasan penting perlunya website maintenance adalah memastikan performa hosting berjalan secara optimal sesuai fungsinya. Jumlah pengunjung setiap hari bisa menyebabkan page loading lambat akibat tingginya penggunaan CPU.

Oleh sebab itu, Anda perlu menyempatkan diri memeriksa dengan teliti. Dengan pemeriksaan rutin, Anda bisa segera mengatasi masalah yang muncul.

2. Backup Data Berkala

Keamanan data di dalam situs web bisa terancam apabila Anda ceroboh dan membiarkan website begitu saja tanpa perawatan. Dengan maintenance, semua data dapat ter-back up sebaik mungkin.

Penyedia hosting biasanya memberikan layanan backup data otomatis. Meski begitu, tidak ada salahnya melakukan back up secara manual untuk memastikan keamanan data-data.

3. Mencegah Hacker dan Malware

Website maintenance juga dilakukan untuk mencegah serangan hacker atau malware yang siap meretas situs Anda. Peretasan ini dapat mengakibatkan dampak fatal. Mulai dari pencurian data, hilangnya semua data, atau dampak buruk lainnya.

Maka dari itu, penting sekali melakukan perawatan, pemeliharaan, serta perbaikan untuk mencegah serangan malware ataupun hacker. Sehingga keamanan data tetap terjaga dan website Anda bisa berjalan secara optimal.

4. Pengunjung Menyukai Situs yang Up-to-date

Tampilan website yang monoton dan tidak berubah dapat membuat pengunjung merasa bosan. Itulah mengapa maintenance perlu dilakukan, yaitu untuk mempertahankan pengunjung lama dan mendapatkan traffik dari pengunjung baru.

Usahakan mengikuti selera pengguna agar mereka nyaman berselancar di halaman Anda. Berikan navigasi sederhana dan memudahkan pengunjung untuk memberikan pengalaman terbaik.

Selain itu, website maintenance dengan menyajikan informasi baru yang hangat diperbincangkan melalui konten-konten fresh selalui disukai. Hindari menggunakan click baik, sebaliknya berikan informasi bermanfaat dan berkualitas yang disukai pengunjung.

5. Memenangkan Persaingan

Terdapat jutaan situs di search engine khususnya Google yang menampilkan jutaan konten setiap hari. Anda berada di tengah-tengah persaingan jutaan situs tersebut. Banyaknya jumlah situs membuat perubahan peringkat terjadi begitu cepat.

Jika ingin memenangkan persaingan di antara kompetitor yang sepadan, Anda harus melakukan pemeliharaan berkala secara menyeluruh. Dengan begitu, pengunjung terus membanjiri halaman-halaman situs.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Memilih Alamat Website

Membangun website tidak selesai ketika Anda membuatnya dan menerbitkan puluhan atau ratusan konten. Agar performa situs web selalu memuaskan, pastikan melakukan website maintenance dengan teratur. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms