5 Manfaat UI Design Terhadap Kekuatan Branding Perusahaan

Branding Strategi

UI design merupakan salah satu aspek yang sangat penting khususnya untuk pengembangan website atau aplikasi.

Tampilan UI design atau user interface akan sangat berpengaruh pada pengalaman pengguna. Tampilan user interface yang buruk akan membuat pengguna tidak betah berlama-lama di dalam sebuah website atau aplikasi. Pada akhirnya mereka akan beralih pada website atau produk lain. Dengan tampilan user interface yang baik, Anda bisa menjaga para pengguna tetap menggunakan produk Anda. Bahkan tampilan user interface dipercaya memiliki hubungan yang erat dengan brand image perusahaan. User interface dapat dianalogikan seperti wajah perusahaan yang berhadapan langsung dengan para pelanggan. Para pelanggan akan melihat “wajah” perusahaan Anda melalui tampilan user interface yang mereka lihat.

Baca Juga: 4 Kiat Membuat Product Branding yang Memikat

UI Design yang Baik Akan Meningkatkan Kekuatan Branding Perusahaan

Para pelanggan tidak akan banyak menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan perusahaan Anda melalui pesan singkat atau telepon. Mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama produk yang Anda buat. Jika perusahaan Anda berkembang dalam pengembangan aplikasi, maka mereka akan lebih sering menghabiskan waktu dengan menggunakan aplikasi tersebut. Sehingga mereka akan lebih sering berinteraksi dengan UI di dalam aplikasi. Untuk Anda yang memiliki perusahaan berbasis website atau menggunakan website sebagai media informasi juga berlaku hal yang sama. Para pelanggan cenderung lebih sering menghabiskan waktu di dalam website perusahaan Anda. UI design yang baik pada aplikasi atau website akan mampu memperkuat brand image perusahaan Anda di benak pelanggan. Berikut adalah 5 manfaat dari tampilan user interface terhadap kekuatan branding.

1. Mempermudah Interaksi dengan Pelanggan

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa pelanggan Anda tidak akan sering menggunakan pesan singkat atau telepon untuk berinteraksi dengan Anda. Oleh karena itu Anda harus memanfaatkan sebaik mungkin website ataupun aplikasi. Semakin mudah proses interaksi antara pelanggan dengan perusahaan Anda, semakin mudah juga brand image perusahaan dipahami oleh mereka. Branding perusahaan akan lebih kuat berada di dalam benak pelanggan.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Di zaman modern seperti sekarang, Anda harus berhadapan dengan puluhan atau ratusan kompetitor. Oleh karena itu loyalitas pelanggan sangatlah diperlukan untuk menjaga basis pengguna dari produk Anda. User interface yang buruk hanya akan membuat pengalaman pelanggan menjadi tidak menyenangkan. Mereka bisa dengan mudah beralih pada pilihan kompetitor lain dengan mudah.

3. Memperkuat Identitas Perusahaan

Kami memahami bahwa setiap perusahaan memiliki identitas mereka tersendiri. Identitas tersebut tentu harus bisa tergambar pada seluruh elemen perusahaan mulai dari budaya perusahaan hingga tampilan produk. UI design adalah cara Anda dalam mewujudkan identitas perusahaan pada tampilan aplikasi atau website. Dengan tampilan user interface, para pelanggan dapat memahami identitas yang ada pada perusahaan Anda.

4. Mudah Dikenali Pelanggan

Sebagai bagian yang sering dilihat oleh pelanggan, tampilan user interface akan menancap pada ingatan pelanggan. Mereka akan bisa mengenali perusahaan Anda dengan mudah pada media lainnya. Sebagai contoh jika user interface menampilkan ciri khas logo Anda yang begitu ikonik. Ketika logo tersebut Anda tampilkan dalam media campaign tertentu, para pelanggan Anda akan dengan mudah mengenalinya.

5. Menyampaikan Nilai Perusahaan

Selain identitas, hal yang juga harus dipahami oleh pelanggan Anda adalah nilai atau value perusahaan. Tampilan user interface akan membantu Anda dalam menyampaikan nilai tersebut agar mudah dipahami. Sebab, tampilan desain yang baik bukan hanya bisa memberi kesan indah dan enak dipandang. Namun design tersebut juga mampu memberikan kesan tertentu sesuai dengan pesan yang hendak disampaikan. Memahami pentingnya tampilan user interface pada kekuatan branding, tentu Anda tidak ingin sembarangan dalam membuatnya. Silahkan gunakan jasa profesional yang memang telah mendedikasikan diri untuk melakukannya.

Baca Juga: Ciri-ciri Branding Agency Indonesia yang Punya Track Record Bagus

Tampilan user interface pada website atau aplikasi bisa dibuat dengan baik. Dengan begitu, value perusahaan yang Anda bangun melalui branding bisa tersampaikan dengan baik melalui UI design. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.