13 July 2021

Product branding merupakan pemakaian nama, istilah, simbol atau desain untuk memberikan identitas pada suatu produk.

Dengan adanya product branding, sebuah merek mempunyai identitas berbeda dengan milik pesaing. Merek perusahaan tidak hanya meliputi nama, logo dan slogan. Sedangkan branding berguna mengkomunikasikan merek kepada masyarakat luas. Dalam kegiatan tersebut tercipta komunikasi positif antara perusahaan dengan konsumen. Komunikasi tersebut kemudian menciptakan kehendak konsumen untuk membeli bahkan berlangganan. Agar semua tujuan dapat tercapai, perlu diterapkan strategi tepat. Tanpa memakai strategi, tentu produk tidak dikenal oleh masyarakat dengan baik.

Baca Juga: Social Media Branding Ternyata Sangat Berguna, Berikut Penjelasannya

Mengenal Product Branding dan Manfaatnya

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa branding memberikan identitas unik. Dalam strategi tersebut, setiap produk mempunyai identitas tersendiri yang tidak harus dilekatkan dengan identitas perusahaan. Setiap merek dapat berdiri sendiri tanpa perlu sokongan identitas perusahaan. Perusahaan yang mempunyai banyak brand dapat menilai kinerja masing-masing produk. Karena adanya identitas masing-masing, umumnya identitas perusahaan tidak terpengaruh. Apabila salah satu produk mengalami kegagalan, perusahaan tidak akan turut mengalami kegagalan. Apabila mengalami kesuksesan tidak setiap konsumen mengetahui perusahaan induk dari brand yang mereka gunakan. Kekurangan dari kegiatan ini adalah pada penggunaan dana. Umumnya diperlukan dana cukup besar untuk melaksanakan strategi product branding.

Selain itu, tanggung jawab setiap produk juga besar karena tidak bisa mengandalkan identitas perusahaan. Selain mempunyai kelemahan, banyak manfaat bisa didapatkan. Manfaat pertama adalah dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Salah satu contoh branding yang melekat adalah ketika membeli pompa air, langsung menyebut merek Sanyo. Manfaat berikutnya adalah meningkatkan peluang konsumen untuk menjadi pelanggan setia. Apabila suatu produk memberikan kepuasan terhadap konsumen. Besar kemungkinan mereka akan kembali membeli merek yang sama. Sehingga menjadi pelanggan. Setelah mempunyai banyak sekali pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan harga produk. Hal ini karena telah ada basis pelanggan yang kuat. Selain itu, kualitas sudah diakui oleh pelanggan.

Strategi Membangun Product Branding untuk Memikat Konsumen

Untuk bisa mengenalkan produk dengan tepat ke konsumen, diperlukan strategi yang tepat. Sehingga, konsumen dapat mengenal seluk beluk produk. Mulai dari identitas umum sampai keunggulan.

1. Kualitas

Strategi pertama yang bisa diterapkan adalah mengenai kualitas. Produk ternama yang telah dikenal oleh masyarakat luas umumnya mempunyai kualitas unggul. Sehingga pelanggan tidak mudah berpaling pada kompetitor. Apabila sebuah produk dari perusahaan baru hendak masuk ke pasaran, maka pastikan kualitasnya cukup baik. Apabila berkualitas buruk, konsumen tidak akan mudah tertarik apalagi membelinya.

2. Kemasan Menarik dan Unik

Strategi kedua adalah kemasan menarik dan unik. Tidak hanya kualitas yang menjadi acuan masyarakat untuk melakukan pembelian. Banyak dari konsumen yang memperhatikan kemasan. Kemasan yang dibuat secara profesional biasanya menjadi penanda bagi konsumen untuk menilai kualitas. Jika kemasan dibuat secara asal-asalan, sudah pasti masyarakat enggan meliriknya.

3. Membuat Iklan

Strategi ketiga adalah membuat iklan. Iklan dapat dilakukan melalui berbagai cara. Mulai dari konvensional hingga digital. Produk dari perusahaan besar biasanya membuat iklan dalam berbagai cara karena tersedia banyak dana.

4. Mengikuti Pameran

Sedangkan perusahaan kecil bisa membuat iklan dengan biaya terjangkau melalui media online. Media online dapat menjangkau banyak konsumen tanpa harus mengeluarkan banyak dana. Strategi keempat adalah mengikuti pameran. Pameran adalah sebuah kegiatan yang mengundang banyak orang untuk datang. Cukup menyesuaikan produk dengan jenis pameran yang sedang berlangsung. Agar banyak orang melirik produk, harus dibuat stand yang menarik.

Kegiatan branding produk dapat diserahkan pada branding agency yang ada di tanah air. Melalui branding agency, sebuah perusahaan tidak perlu memikirkan strategi branding. Cukup menyerahkannya pada sang ahli. Kegiatan pengenalan produk bisa dilakukan dengan strategi yang tepat. Tidak hanya bisa dilakukan oleh perusahaan terkait. Namun juga dapat memanfaatkan jasa branding agency untuk melakukan Product branding.

Baca Juga: Selangkah Lebih Dekat dengan Digital Branding; Berikut 10 Manfaatnya

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!