...

Trik Kemasan Produk untuk Tingkatkan Branding Bisnis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
kemasan-produk-dreambox

Pentingnya Kemasan Produk dalam Strategi Pemasaran Bisnis

Kemasan produk tidak hanya sebagai wadah untuk melindungi barang dagangan, tetapi juga sebagai salah satu elemen kunci dalam strategi pemasaran suatu bisnis. Desain kemasan yang menarik dan fungsional, dapat memberikan dampak besar pada citra merek dan daya tarik konsumen. 

Bahkan beberapa bisnis besar membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk melakukan riset kemasan pada produknya. Untuk itu, artikel ini akan membahas bagaimana trik mengemas produk untuk meningkatkan branding sebuah bisnis. 

Strategi Branding Sederhana dengan Kemasan Produk 

Branding bukan lagi sekadar tentang logo atau iklan yang mencolok. Seiring dengan perkembangan pasar yang semakin kompetitif, strategi branding harus lebih holistik dan mencakup setiap elemen bisnis, termasuk dalam pengemasan produk. 

Untuk itu, Anda dapat melakukan branding yang sederhana dengan membuat kemasan yang baik. Pembuatan kemasan pun tidak boleh sembarang. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pengemasan produk.

Strategi Pertimbangan Kemasan Produk 

Beberapa strategi pertimbangan untuk membuat kemasan sebuah produk antara lain:

  1. Pemahaman Target Pasar: Penting untuk memahami siapa tar    get pasar Anda. Hal ini untuk memahami kemasan yang sesuai dengan target pasar
  2. Diferensiasi dari Pesaing: Lihatlah kemasan pesaing Anda. Pastikan kemasan yang Anda buat berbeda dan memiliki kekuatan lebih ketimbang pesaing
  3. Fungsionalitas: Kemasan harus melindungi produk secara efektif selama pengangkutan dan penyimpanan 

3 Alasan Utama Mengapa Kemasan Produk itu Penting untuk Brand

Ada tiga alasan mengapa pengemasan produk itu sangat penting untuk brand perusahaan. Apa saja penjelasannya? Simak uraiannya berikut ini.

1. Kemasan Produk Membantu Audience Mengenali Merek

Kemasan menjadi salah satu identitas dari sebuah brand. Bisa dibilang merupakan kartu nama visual yang dapat membantu audience mengenali merek dengan cepat dan efektif. Desain kemasan yang baik tidak hanya menciptakan daya tarik visual, tetapi juga memainkan peran krusial dalam membentuk citra merek dan meningkatkan kesadaran konsumen. 

Ada beberapa hal yang dikenali oleh konsumen dalam sebuah kemasan. Antara lain identitas visual seperti warna, logo dan elemen visual desain. Hal inilah yang selalu diingat oleh konsumen apabila Anda konsisten dalam membuat kemasan dari produk.

2. Kemasan Produk Meningkatkan User Experience

Desain dan pengemasan produk memiliki peran penting dalam menciptakan pengalaman pengguna yang positif dan memuaskan. User experience atau pengalaman pengguna melibatkan segala aspek interaksi seseorang dengan produk, termasuk pertama kali melihat produk di rak toko hingga penggunaan dan pemakaian produk tersebut.

Bagaimana kemasan dapat meningkatkan pengalaman pengguna? Antara lain karena adanya daya tarik visual dari pengemasan. Kemudian kemudahan dalam penggunaan. Misalnya saja adanya zipper lock dalam sebuah kemasan snack, atau penutup yang bisa mudah dipasangkan kembali.

3. Untuk Penjualan Online, Kemasan Produk Sangat Penting

Dalam penjualan online, desain dan pengemasan produk memiliki peranan yang sangat krusial dalam mempengaruhi keberhasilan penjualan dan pengalaman pelanggan. Berbeda dengan penjualan konvensional di toko fisik. Di mana konsumen dapat langsung melihat, merasakan, dan memeriksa produk.

Alasan mengapa kemasan menjadi sangat penting dalam penjualan online adalah tampilan visual yang ada dalam layar supaya mudah diingat dan juga melekat dalam pelanggan.Selain itu, kemasan juga menjadi sarana untuk menginformasikan produk secara jelas. Detail produk yang lengkap membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang lebih baik.

5 Fungsi Kemasan Produk untuk Bisnis Anda

Ada beberapa fungsi kemasan pada produk untuk bisnis Anda. Tidak hanya dari visual, namun memengaruhi banyak hal termasuk penjualan dan citra merek.

Berikut ini fungsi kemasan dalam produk untuk bisnis Anda:

1. Melindungi Produk Anda Tetap Berkualitas

Fungsi utama kemasan adalah memberikan perlindungan fisik terhadap produk. Kemasan yang kokoh dan tahan terhadap guncangan, tekanan, atau cuaca membantu memastikan bahwa produk sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang baik. 

Perlindungan ini mencakup pencegahan terhadap kerusakan, kontaminasi, atau perubahan fisik yang dapat mempengaruhi kualitas produk. Apalagi jika Anda merupakan penjual online. Kemasan yang baik, sangat penting hingga produk sampai ke tangan konsumen.

2. Menjadi Nilai Pembeda Brand Anda

Kemasan memberikan identitas visual pada produk dan membantu membedakan merek Anda dari pesaing. Desain kemasan yang unik, logo yang mudah dikenali, dan pemilihan warna yang konsisten menciptakan citra merek yang dapat diidentifikasi oleh konsumen.

Ini sangat penting dalam membangun kesetiaan konsumen dan membuat produk Anda menonjol di rak toko atau platform penjualan online. Untuk itu, kemasan Anda harus menarik dan unik. 

Apabila Anda berganti kemasan pun, sebaiknya upayakan untuk melakukan promosi besar. Supaya kemasan baru ini dapat diingat oleh calon pelanggan atau bahkan pelanggan setia.

3. Meningkatkan USP Bisnis Anda

Unique Selling Proposition (USP) merupakan keunikan dan keunggulan dari sebuah bisnis atau produk yang membedakan dengan pesaing. Apa saja pembedanya?

Misalnya saja desain yang lebih inovatif dan memikat. Sehingga pelanggan bisa menarik perhatian konsumen dan membedakan produk serupa di pasaran.

Selain itu, kemasan juga disesuaikan dengan target pasar. Maka dari itu, USP juga akan meningkat. Sebab, pelanggan merasa menemukan kebutuhannya dari kemasan tersebut.

2. Sarana Publikasi Informasi dan Keunggulan Produk

Fungsi berikutnya untuk sarana publikasi informasi hingga keunggulan produk. Anda pasti mengetahui jika dalam kemasan terdapat beberapa informasi. Seperti bahan-bahan pembuatan produk, cara penggunaan hingga beberapa izin dari produk.

Selain itu, kemasan juga menjadi sarana untuk memasang keunggulan produk. Hal ini juga memudahkan konsumen untuk mengetahui keunggulan produk tanpa mencari dari tempat lain.

3. Meningkatkan Brand Recognition

Kemasan suatu produk memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan Brand Recognition atau pengenalan merek. Ini mencakup seberapa mudah dan cepat konsumen dapat mengidentifikasi dan mengingat merek Anda. 

Mulai dari desain yang konsisten dengan elemen visual merek, logo yang menonjol hingga penggunaan warna yang mudah dikenali. Desain kemasan yang kuat dan konsisten, dapat menjadi salah satu aset berharga dalam membangun citra merek yang sukses.

Optimalkan Kemasan Produk Anda Menjadi Cuan Bersama Dreambox

Dengan menerapkan trik kemasan ini, Anda dapat meningkatkan daya tarik merek dan memenangkan hati konsumen. Ingatlah bahwa kemasan bukan hanya sekadar wadah, tetapi juga alat penting dalam strategi pemasaran yang dapat membantu Anda membedakan diri di pasar yang kompetitif.

Dreambox dapat membantu Anda untuk meningkatkan branding strategi bisnis melalui desain kemasan produk. Selain indah dalam visual, melalui Dreambox, kemasan juga dapat menjadi marketing tools bagi usaha Anda. Hubungi kami untuk penawaran dan informasi yang lebih lanjut!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms